PENGEMBANGAN E-BOOKLET BERBASIS POTENSI LOKAL EKOSISTEM MANGROVE DI PANTAI PENDOPO BALIKAPAPAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan produk e-booklet berbasis potensi lokal ekosistem mangrove di pantai pendopo Balikpapan sebagai media pembelajaran biologi. Model pengembangan yang digunakan dalah model ADDIE yang teridi dari tahap: Analyze (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap pengembangan. Data penelitian diperoleh menggunakan angket validasi, angket respon guru dan siswa. E-booklet yang dikembangkan divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Uji coba dilakukan kepada 2 guru biologi dan 33 siswa kelas X-G di SMA Negeri 7 Balikpapan. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran e-booklet berbasis potensi lokal ekosistem mangrove memenuhi aspek kevalidan dengan kategori (sangat valid) pada aspek media sebesar 87% dan aspek materi sebesar 85%. Media pembelajaran e-booklet berbasis potensi lokal ekosistem mangrove memenuhi aspek kepraktisan dengan respon siswa dan guru. Pada uji coba lapangan diperoleh respon guru 80% dan respon siswa 83% dengan kategori (Positif) dan e-booklet layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Abidin, Z., & Purbawanto, S. (2015). Pemahaman Siswa Terhadap Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Livewire Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Kelas X Jurusan Audio Video Di Smk Negeri 4 Semarang. Edu Elektrika Journal, 4(1), 38–49.
Aghni, R. I. (2018). Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Xvi(1).
Bintiningtyas, N., & Lutfi, A. (2016). Pengembangan Permainan Varmintz Chemistry Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Sistem Periodik Unsur. Unesa Journal Of Chemical Education, 5(2), 302–308.
Fitria, A. D., Mustami, M. K., & Tautiq, A. U. (2017). Pengembangan Media Gambar Berbasis Potensi Lokal Pada Pembelajaran Materi Keanekaragaman Development Of Picture Media Based On Local Potency For Learning Materials Biodiversity In. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 14–28. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24252/Auladuna.V4i2a2.2017
Kahar, A. P. (2018). Penerapan Bahan Ajar Ekosistem Mangrove Berbasis Potensi Application Of Mangrove Ecosystem Material Based On Local Potential To Improve Students Environmental Awareness Attitude. Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2(1), 1–8.
Mumpuni, K. E. (2013). Potensi Pendidikan Keunggulan Lokal Berbasis Karakter Dalam Pembelajaran Biologi Di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional X Pendidikan Biologi Fkip Uns, 0, 1–7.
Nasution, R. (2016). Analisis Kemampuan Literasi Lingkungan Siswa Sma Kelas X Di Samboja Dalam Pembelajaran Biologi. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 352–358.
Ni’mah, D. (2016). Pengembangan Modul Fisika Sma Berbasis Multirepresentasi Pada Pokok Bahasan Termodinamika Durrotun. Seminar Nasional Pendidikan 2016 Seminar Nasional Pendidikan 2016, 1, 794–800.
Sarah, S., & Maryono. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Potensi Lokal Untuk Meningkatkan Living Values Peserta Didik Sma Di Kabupaten Wonosobo. Jurnal Teknologi Technoscientia, 6(2), 185–194.
Sary, A. L. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Berbasis Edible Mushroom Pada Materi Fungi Untuk Meningkatkan Minat Berwirausaha Siswa Biologi KELAS X SMA. Bioedu, 12(1), 218–228.
Sitompul, B. (2022). Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Di Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 13953–13960.
Ufida, A. R., Yasser, M., & Kusumaningrum, W. (2022). Analisis Kesesuaian Ekowisata Mangrove Di Pantai Pendopo Suitability Analysis of Mangrove Ecotourism on the Beach Pendopo Teritip Village Balikpapan City. Tropical Aquatic Sciences, 1(1), 1–9.
Violla, R., & Fernandes, R. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran E-Booklet Dalam Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Jurnal Sikola, 3(1), 13–23.