PENGARUH MODEL CTL TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MATERI BIODIVERSITAS BERMUATAN HUTAN HUJAN TROPIS KELAS VII SMPN 2 TENGGARONG
Abstract
Pengajaran dapat diartikan sebagai proses perubahan perilaku dan etika seseorang. Penerapan pendekatan pembelajaran "Teacher Center" dalam pendidikan IPA di SMPN 2 Tenggarong telah mengakibatkan nilai KKM siswa kelas VII masih kurang memuaskan. Oleh karena itu, perlu diterapkan suatu kerangka pembelajaran yang mengutamakan siswa, khususnya model Pembelajaran Kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Pembelajaran Kontekstual terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan prestasi akademik siswa kelas VII di SMP N 2 Tenggarong. Penelitian difokuskan pada dua kelompok, yaitu VII-5 dan VII-6 yang masing-masing beranggotakan 20 siswa. Tujuannya adalah untuk menilai kemampuan berpikir kritis dan prestasi akademik siswa dengan menggunakan metodologi Pembelajaran Kontekstual. Penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif dan menggunakan desain penelitian Nonrandomized Control Group Pre-test-Post-test Design. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui angket, observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas CTL memperoleh nilai rata-rata 72,20 dalam keterampilan berpikir kritis. Kelas CTL memperoleh skor rata-rata 31,80 dalam hal hasil belajar siswa. Pada siklus II, terjadi peningkatan yang signifikan pada rata-rata hasil belajar siswa dibandingkan dengan siklus sebelumnya, yaitu mencapai skor 70,30.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Anwar, S., (2018). Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pembelajaran Inklusi. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan. 1(1): pp.57-74.
Ariani, N, dkk. 2022. Buku ajar belajar dan pembelajaran. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.
Asril, M, dkk. 2022. Keanekaragaman hayati. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Ester, K., dkk. (2023). Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di SD Gmim II Sarongsong. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(20): pp.967-973.
Fitri, Y.M. and Mayar, F., 2019. Eksistensi Guru dalam Mengembangkan Kreativitas Anak di TK. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(6): http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35282 pp.1227-1233.
Kelley, R.M., etc. (2021). Timeless Principles for Effective Teaching and Learning: A Modern Application of Historical Principles and Guidelines. World Journal of Education. 11(3): pp.1-10.
Mardicko, A., 2022. Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4):. pp.5482-5492.
Rahmawati, T., (2018). Penerapan model pembelajaran ctl untuk Meningkatkan hasil belajar siswa sekolah Dasar pada mata pelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. 2(1): pp.12-20.
Setiawan, A., (2022). Keanekaragaman hayati Indonesia: Masalah dan upaya konservasinya. Indonesian Journal of Conservation, 11(1), pp.13-21.
Wicaksono, D. and Iswan, I., 2019. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Di Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 12 Pamulang, Banten. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD. 3(2):. pp.111-126.