PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS NEARPOD PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MEMFASILITASI KOMPETENSI MENJELASKAN FENOMENA SECARA ILMIAH PADA LITERASI SAINS SISWA SMP

Shenny Rahmah Indriansu
Sauqina Sauqina
Yudha Irhasyuarna


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i2.6480

Abstract


Rendahnya keterampilan literasi sains siswa disebabkan oleh beberapa bahan ajar yang belum mampu memfasilitasi kompetensi-kompetensi yang ada pada aspek literasi sains. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini dilakukan agar menghasilkan bahan ajar interaktif berbasis Nearpod dalam pembelajaran IPA materi pemanasan global yang valid, praktis, dan efektif. Peneliti mengembangkan penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE. Teknik perolehan data menggunakan lembar validasi ahli media dan materi, angket respon peserta didik, dan hasil tes belajar melalui pretest dan postest. Hasil penelitian pengembangan ini memperoleh validitas E-modul dengan skor 0,81 dalam kategori sangat valid melalui uji validitas Aiken’s V. Aspek kepraktisan memperoleh skor 87,44% dalam kategori sangat praktis melalui angket respon peserta didik, serta aspek keefektifan memperoleh skor 0,61 yang termasuk dalam kategori sedang.


Keywords


E-Modul; Nearpod; Literasi Sains

Article Metrics :

References


Angraena, A., & Arini, W. (2021). Kevalidan dan Respon E-Modul Interaktif Berbasis Aplikasi Android pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Musi Rawas. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 3(2), 158-171.

Faradisa, A. R., Fianti, S. I., Cristyanty, V., Yusuf, S. M., & Cahyani, V. P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Nearpod pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Peserta Didik Kelas VII SMP/MTs. In PISCES: Proceeding of Integrative Science Education Seminar (Vol. 1, No. 1, pp. 106-116).

Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis faktor penyebab rendahnya kemampuan literasi sains peserta didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108-116.

Mijaya, N. P. A. P. (2021). Pengembangan E-Modul Pembelajaran IPA SMP Kelas VII Berbasis Model Pembelajaran Levels Of Inquiry Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa

Minalti, M. P., & Erita, Y. (2021). Penggunaan aplikasi nearpod untuk bahan ajar pembelajaran tematik terpadu tema 8 subtema 1 pembelajaran 3 kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 2231-2246.

Nazilah, N., Muharrami, L. K., Rosidi, I., & Wulandari, A. Y. R. (2019). Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Socio-Scientific Issues Pada Materi Pemanasan Global untuk Melatih Kemampuan Literasi Sains Siswa. Natural Science Education Research, 2(1), 8-16.

Nurjannati, N., Rahmad, M., & Irianti, M. (2017). Pengembangan E-Modul berbasis literasi sains pada materi radiasi elektromagnetik. Jurnal Online Mahasiswa(JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 4(2), 1-11.

Qistina, M., Alpusari, M., Noviana, E., & Hermita, N. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran IPA Kelas IVC SD Negeri 034 Taraibangun Kabupaten Kampar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 160-172.

Raharjo, M. W. C., Suryati, S., & Khery, Y. (2017). Pengembangan E-Modul Interaktif Menggunakan Adobe Flash Pada Materi Ikatan Kimia Untuk Mendorong Literasi Sains Siswa. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 5(1), 8-13.

Rusilowati, A., Astuti, B., & Rahman, N. A. (2019). How to improve student’s scientific literacy. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1170, No. 1, p. 012028). IOP Publishing.

Sugianto, S. D., Ahied, M., Hadi, W. P., & Wulandari, A. Y. R. (2018). Pengembangan modul IPA berbasis proyek terintegrasi STEM pada materi tekanan. Natural Science Education Research, 1(1), 28-39.

Susanti, E. D., & Sholihah, U. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Pdf Corporate Pada Materi Luas Dan Volume Bola. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 37-46

Yaumi, Y. (2017). Penerapan Perangkat Model Discovery Learning pada Materi Pemanasan Global untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP Kelas VII (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).