PENGEMBANGAN SOAL HOTS BERBASIS FOUR TIER MULTIPLE CHOICE (4TMC) MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA UNTUK SISWA KELAS VIII SMP
Abstract
Penelitian ini ditujukan guna menganalisis tingkat kevalidan dan respon siswa pada soal HOTS berbasis 4TMC materi sistem pencernaan pada.manusia. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian dan pengembangan dengan model 4D. Pada penelitiaan ini menggunakan instrumen berupa instrumen wawancara, instrumen angket validasi dan angket respon siswa. Subjek dalam penelitian terdiri dari 2 ahli materi, 2 ahli evaluasi, dan 2 guru IPA serta 30 siswa SMP kelasVIII. Hasil validasi soal HOTS secara keseluruhan mendapatkan presentase kevalidan dari ketiga ahli (ahli materi, ahli evaluasi, ahli guru IPA) yaitu 94.95% dengan kategori.“Sangat Valid” dan hasil respon siswa didapatkan nilai persentase 86.33% dengan kategori “Sangat Baik, sehingga instrumen tes atau soal HOTS berbasis Four Tier multiple Choice materi sistem pencernaan pada manusia ini, dapat menjadi referensi sebagai intrumen tes berpikir tingkat tinggi materi sistem pencernan pada manusia.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Anderson, L.W., D.R. Krathwohl., P.W. Airasian., K.A. Cruikshank., R.E. Mayer., P.R. Pintrich., J. Raths., & M.C. Wittrock. 2001. A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives (Complete edition). New York: Longman.
Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Parkatek. Jakarta: Rineka Cipta.
Faisal, Ahmad. (2022). Kompetensi Guru dalam Menyusun Perencanaan Evaluasi Pembelajaran, Jurnal Daussalam, Vol, 23, No.2.
Fajrina, S., Nulhakim, L., & Taufik, A., N. (2022). Pengembangan Instrumen Performance Assessment Praktikum untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa SMP Kelas VIII pada Tema Makananku Kesehatanku, Journal of Science Education, Vol. 6, No.1.
Haryani, Indri. (2019). Analisis Langkah-Langkah Penyelesaian Soal Matematika Tipe High Order Thingking Skill (HOTS) Bentuk Pilihan Ganda. Bina Manfaat Ilmu : Jurnal Pendidikan, Vol, 8. No.2.
Hasanah, Umrotul & Nulhakim, Lukman. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FILM ANIMASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KONSEP FOTOSINTESIS, Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, Vol. 1, No.1.
Ilmi, A. R. M., & Puspita, E. (2023). Mengajakan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi di Kelas, Jurnal Rekayasa, Teknologi, dan Sains, Vol. 7, No.1.
Khaerudin. (2017). Adiminitasri, Analisis Butir, dan Kaidah Penulisan Tes. Jurnal Madaniah, Vol. 1, No.12.
Kiswandi, Y., Tahir, M & Hasnawati. (2024). Analisis Kompetensi Guru dalam Menyusun Soal HOTS pada Muatan IPAS kelas IV dan VI. Journal of Classroom Action Research, Vol, 6, No.1.
Kristianto, P. D., & Setiawan, P. G. F. (2020). Pengembangan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) Terkait Dengan Konteks Pedesaan, In PRISMA Prosiding Seminar Nasional Matematik, Vol. 3, pp. 370-376.
Kusuma, M. D., U. Rosisdin., A. Abdurrahman., & A. Suyatna. 2017. The Development of Higher Order Thinking Skill (Hots) Instrument Assessment in Physics Study. IOSR Journal of Research & Method in Education, Vol.7, No.1.
Lestari, D., Nulhakim, L., & Berlian, L. (2022). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Bepikir Kritis Siswa Kelas VIII Pada Tema Makananku Kesehatanku. Jurnal Ilmiah pendidikan Biologi, Vol. 8, No.2.
Lestari, E., Nulhakim, L., & Suryani, D., I. (2022). Pengembangan E-modul Berbasis Flip Pdf Professional“Tema Global Warming Sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa Kelas VII”. Journal of Science Education, Vol. 6, No.1.
Miterianifa, M., Ashadi, A., Saputro, S., & Suciati, S. (2021). Higher order thinking skills in the 21st century: Critical thinking. Proceedings of the 1st International Conference on Social Science, Humanities, Education and Society Development, ICONS 2020, 30 November, Tegal, Indonesia. https://doi.org/10.4108/eai.30-11-2020.2303766
Mufidah, S & Wijaya, A. (2017). Pengembangan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Yokyakarta. ISBN. 978-602-73403-2-9
Nurulwati, & Rahmadani, A. (2019). Perbandingan Hasil Diagnostik Miskonsepsi Menggunakan Three-tier Dan Four-tier Diagnostic Test pada Materi Gerak Lurus. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), Vol. 7, No.2.
OECD. (2019). PISA 2018: PISA 2018 Result Combined Executive Summaries. PISA OECD Publishing
Putri, D., M., Nulhakim, L., & Resti, D., A. (2023). DEVELOPMENT OF MACROMEDIA FLASH 8 ON THE THEME OF GREEN GROWTH TO GROW STUDENTS' CREATIVE THINKING. Cakrawala Pedagogic, Vol.7, No.1.
Putri, H., dkk. (2022). Instrumen Penilaian Hasil Pembelajaran Kognitif pada Tes Uraian dan Tes Objektif, Papeda, Vol, 4. No. 2.
Sagala. (2023). Mampu Menggunakan Bahasa Yang Komunikatif. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, Vol 2, No.4.
Siswanto (2018), Guru dan Pembelajaran yang Optimal, Diakses pada 4 Juni 2024. http://pena.belajar.kemdikbud.go.id/2018/08/guru-dan-pembelajaran-yangoptimal.
Sudijono. Anas. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajgrafindo Persada.
Tamrin & Munawwarah, F. (2019). Tekhnik Dan Instrumen Assessmen Ranah Kognitif Peserta Didik Dalam Pembelajaran PAI. Al-Liqo, Vol, 4. No. 1.
Taufik, A., N., Berlian, L., Suryani, I., Nulhakim, L., dkk. (2021). Validity of a Kahoot!-Based Cognitive Test Instrument on Corona Pandemic Theme. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, Vol. 7, No.1.
Thiagarajan, S. Semmel, DS & Semmel, MI. 1974. Instructional development for training teacher of exceptional children. Bloomington Indiana: Indiana University
Triyani, I., Nulhakim, L., & Berlian, L. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe Tema Pertumbuhan si Hijau yang Berorientasi pada Literasi Sains Siswa SMP Kelas VII. Journal of Science Education, Vol. 6, No.1.
Utami, T., P., Sjaifuddin & Berlian, L. (2022). Pengembangan Soal Uraian Berbasis Indikator Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Konsep Sistem Pencernaan pada Manusia untuk Siswa Kelas VIII SMP/Mts. Journal of Science Education, Vol. 6, No. 1.
Widana, I Wayan. (2020). Pengaruh Pemahaman Konsep Asesmen HOTS Terhadap Kemmpauan Guru Matematika SMA/SMK Menyusun Soal HOTS. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, Vol. 9, No.1.
Winarti & Istiyono, Edi. 2020. Taksonomi Higher Order Thinking Skill (HOTS). Salatiga: Widya Sari Press.
Yuzrizal. (2016). Pengukuran & Evaluasi Hasil dan Proses Belajar. Yogyakarta: Pale Media Prima.