PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL DIGITAL SCRAP BOOK MATERI BUMI DAN TATA SURYA SISWA SMP/MTS KELAS VII
Abstract
Penelitian dan pengembangan (R&D) bertujuan untuk menghasilkan produk tertentu. Pengembangan dilaksanakan dengan berdasar pada hasil wawancara guru biologi SMP/MTs Kelas VII di Tangerang Selatan terkait penggunaan bahan ajar pada kegiatan ajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan kualitas bahan ajar modul digital scrap book. Prosedur yang digunakan dalam penelitian adalah Borg and Gall, di batasi hingga lima tahap yakni (1) studi pendahuluan, (2) pengumpulan informasi atau data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisian desain. Bahan ajar divalidasi oleh ahli 2 materi, 2 ahli media, 2 Pengguna Guru IPA SMP/MTs. Berdasarkan hasil validasi dari para ahli dan pengguna. Skor yang diperoleh dari hasil validasi kelayakan dan kepraktisan bahan ajar modul digital scrap book adalah 27,41 dengan rata-rata 4,57 nilai tersebut dengan kategori “sangat baik”. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan bahan ajar modul digital scrap book pada materi bumi dan tata surya yang dikembangkan layak dan praktis untuk diujicobakan dengan perbaikan sesuai dengan komentar dan saran validator.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Diniah Mukhlis. (2021). Kesulitan Siswa dalam Memahami Materi Dinamika Planet Bumi sebagai Ruang Kehidupan pada Siswa Kelas X IIS SMAN 1 Padang, Skripsi thesis [Padang]: Universitas Negeri Padang.
Emzir. (2013). Metodologi PenelitianPendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo.
Heiden & Litster. (2019). Using case-study based modules to promote a better understanding of evolution in an undergraduate anatomy and physiology course. Journal of Biological Education, 477–491. doi: https://doi.org/10.1080/00219266
Muslim & Bellen. (2018). Orientasi Program Manajemen Berbasis Sekolah. Unesco,-Unicef-Depdiknas.
Nurdiansyah & Widodo. (2018). Manajemen Sekolah Berbasis ICT. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Nurdyansyah & Fahyun. (2018). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Pratama et al. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Model Vak Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V Di Sdn 2 Banjar Bali. Jurnal Edutech Undiksha, 132–141. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/20635/12617
Prawita, W., Prayitno, B.A., & Sugiyarto. (2019). Effectiveness of a generative learning-based. International Journal of Instruction, 12(1):1459–1476. Retrieved from https://doi.org/10.29333/iji.2019.12193a.
Sugiani et al. (2019). The effects of electronic modules in constructivist blended learning approaches to improve learning independence. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 82-93.
Suhartini & Lewar. (2020). Pengembangan Modul Berbentuk Scrapbook pada Materi. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 96-112. doi:doi.org/10.24815/jpsi.v10i4.26980
Suyanto. (2023). Analisis Pengaruh Tingkat Kecemasan dan Konsistensi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Islam Sinar Cendekia Kota Tangerang Selatan. Journal on Education, 5(4), 17823–17834. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/4976
Zarista, R. H., Asmar, A., & Yerizon, Y. (2020). The validity of mathematic learning device based on learning cycle to improve reasoning abilities of junior high school’s students. Journal of Physics: Conference Series, 1554(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1554/1/012031
Zarista, R. H. et. all. (2020). The Effectiveness of Online Learning for Mathematics Students during the Covid-19 Pandemic. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1273–1282. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.372