PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE BERMUATAN ETNOSAINS PADA MATERI SUHU, KALOR DAN PEMUAIAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SMP

Eltina Ravida Aziza
Arif Sholahuddin
Syubhan Annur


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i2.6403

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menganalisis validitas, kepraktisan serta keefektifan multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline bermuatan etnosains pada materi suhu, kalor dan pemuaian untuk meningkatkan literasi sains siswa SMP. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap (Analysis, Design, Development, Implementation & Evaluation). Hasil pengembangan multimedia interaktif ini diuji cobakan kepada kelompok kecil sebanyak 10 siswa dan uji coba kelas sebanyak 30 siswa kelas VII SMPN 13 Banjarmasin. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis deskriptif kuantitaif yang meliputi analisis validitas Aiken’s V, analisis kepraktisan menggunakan persentase dan analisis keefektifan menggunakan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia yang dikembangkan mendapat skor validitas sebesar 0,80, skor kepraktisan 86% dan skor keefektifan sebesar 0,61. Berdasarkan perolehan skor tersebut maka dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan sangat valid, sangat praktis dan efektif jika digunakan pada pembelajaran IPA dan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa.


Keywords


articulate storyline; etnosains; literasi sains; multimedia interaktif

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Astri, N. K. D., Wiarta, I. W., & Wulandari, I. G. A. A. (2022). Pengembangan multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual pada mata pelajaran matematika pokok bahasan bangun datar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 575-585.

Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran IPA untuk siswa SD kelas V. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 8(2), 33–48.

Fadli, R., & Hakiki, M. (2020). Validitas media pembelajaran interaktif berbasis android pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 1(1), 9–15.

Fitriani, D. K., Supeno, Wahyuni, D., & Rahayuningsih. (2022). Pengembangan media interaktif berbasis Articulate Storyline pada pembelajaran IPA materi sistem tata surya untuk meningkatkan literasi sains. Jurnal Eduscience (JES), 9(2), 294-304.

Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, & Zufri, A. W. (2020). Analisis faktor penyebab rendahnya kemampuan literasi sains peserta didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108-116.

Hanun, S. F., Rahman, Y., & Husnita. (2023). Penerapan metode Project Based Learning untuk meningkatkan minat belajar PAI siswa. EDUCATIVO: Jurnal Pendidikan, 2(1), 97-106.

Indasah, S., Sulistina, D., & Sholihah, M. (2021). Pengembangan media articulate storyline pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 12(10, 70-83.

Indriani, M. S., Artika, I. W., & Ningtias, D. W. (2021). Penggunaan aplikasi articulate storyline dalam pembelajaran mandiri teks negosiasi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(1), 25-36.

Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau permasalahan rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia dan solusi. AoEJ: Academy of Education Journal, 13(1), 1-13.

Kurniawati, R., Listiani, I., & Kusumawati, N. (2023). Pengaruh model pembelajaran Take and Give terhadap literasi sains siswa kelas V sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5584-595.

Mardianti, I., Kasmantoni, & Walid. A. (2020). Pengembangan modul pembelajaran IPA berbasis etnosains materi pencemaran lingkungan untuk melatih literasi sains siswa kelas VII di SMP. BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi, 5(2), 97-106.

Maydiantoro, A. (2021), Research model development: brief literature review. Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia (JPPP), 1(2), 29-35.

Naila, I., & Khasna, F. T. (2021). Pengaruh pembelajaran daring terhadap kemampuan literasi sains calon guru sekolah dasar: sebuah studi pendahuluan. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 7(1), 42-47.

Narut, Y. F., & Supardi, K. (2019). Literasi sains peserta didik dalam pembelajaran IPA di Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 61-69.

Novita, M., Rusilowati, A., Susilo, S., & Marwoto, P. (2021). Meta-analisis literasi sains di Indonesia. Unnes Physics Education Journal, 10(3), 209-215.

Pakpahan, A. F., Ardiana, D. P. Y., Mawati, A. T., Wagiu, E. B., Simarmata, J., Mansyur, M. Z., Purba, L. I. B., Chamidah, D., Jamaludin, F. J. K., & Iskandar, A. (2020). Pengembangan media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Pertiwi, U. D., & Firdausi, U. Y. R. (2019). Upaya meningkatkan literasi sains melalui pembelajaran berbasis etnosains. Indonesian Journal of Natural Science Education, 2(1), 120-124.

Raflesiana, V., Herlina, K., & Wahyudi, I. (2019). Pengaruh penggunaan tracker pada pembelajaran gerak harmonik sederhana berbasis inkuiri terbimbing terhadap keterampilan interpretasi grafik siswa. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 5(1), 1-12.

Septiana, I. G. Y., Wibawa, I. M. C., & Trisna, G. A. P. S. (2022). Interactive multimedia based on Articulate Storyline in the topic of plant anatomy and physiology. International Journal of Elementary Education, 6(2), 182-194.

Suhailah, F., Muttaqin, M., Suhada, I., Jamaluddin, D., & Paujiah, E. (2021). Articulate storyline: sebuah pengembangan media pembelajaran pada materi sel. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 19-25.

Suharnita, E., Armis, & Anggraini, R. D. (2021). Pengembangan media pembelajaran digital berbantuan worksheet materi bangun ruang sisi datar. Journal of Mathematics Education.

Yudhistira, R. H., Sari, D. A. P., & Widodo, W. (2022). Pembelajaran menggunakan multimedia interaktif berorientasi pada materi aliran energi untuk meningkatkan literasi sains siswa. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 10(3), 434-442.