PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERDADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SDN 86 SINGKAWANG
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengidentifikasi perbedaan dalam hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN 86 Singkawang antara kelas yang menggunakan model TSTS dan kelas yang tanpa menggunakan model TSTS; 2) Mengetahui pengaruh model TSTS dalam meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas V; 3) Mengetahui bagaimana respon siswa terhadap model TSTS pada pelajaran IPAS. Penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen dan Nonequivalent Control Group Design. Pengumpulan data melalui tes dan non tes. Analisis data dengan uji T untuk dua sampel, perhitungan effect size dan persentase respon siswa. Hasil penelitian 1) Menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar IPAS siswa kelas V antara yang menggunakan model TSTS dan yang tanpa menggunakan model TSTS, hasil t_hitung > t_tabel yaitu 7,521 > 2,014. 2) Terdapat pengaruh model TSTS dalam meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas V yaitu effect size hasil belajar sebesar 1,158. 3) Terdapat respon siswa terhadap model pembelajaran TSTS dengan persentase 89,06% berkriteria sangat baik. Disimpulkan terdapat pengaruh model Two Stay Two stray siswa kelas V SDN 86 Singkawang.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Ardiansyah, Genjik, B., & Rosyid, R. (2020). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3, 274–282.
Arikunto, S. (2020). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Arthaningsih, N. K. J., & Diputra, K. S. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (Tsts) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(4), 128–136.
Astuti, T., Ningsih, E. F., Choirudin, C., & Sugianto, R. (2023). Eksperimentasi Model Pembelajaran Stay Two Stray (TS-TS) dan Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(1), 39–45.
Fathurrohman, M. (2016). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Ar-Ruzz Media.
Habbah, E. S. M., & Sari, L. A. D. (2023). Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar: Evaluasi Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Mata Pelajaran IPAS Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Teori Dan Hasil Pendidikan Dasar, 2(2), 193–200.
Hidayati, R., Triyanto, M., Sulastri, A., & Husni, M. (2022). Faktor Penyebab Menurunnya Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN 1 Peresak. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 1153–1160.
Purwaningsih, E., Ariyati, E. A., & Ganda Putri Panjaitan, R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Dan Sikap Ilmiah Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di Kelas X Man 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 5(2), 28–36.
Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (Suwito (ed.); pertama). Kencana.
Sagala, S. (2017). Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.