PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SDN 86 SINGKAWANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan 1) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar kelas yang menggunakan pemanfaatan lingkungan sekitar dengan kelas menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas IV; 2) Seberapa besar pengaruh pemanfaatan lingkungan sekitar terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV. Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif, metode eksperimen dan desainnya adalah nonequivalent control group design dalam bentuk pre-test dan post-test control design. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas IV SDN 86 Singkawang berjumlah 50 siswa kelas IVA dan kelas IVB. Sampel menggunakan sampling purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Uji prasyarat dilakukan uji normalitas menggunakan chi kuadrat dan uji homogenitas varian. Pengujian hipotesis digunakan uji t-test dua sampel dan Effect Size Teknik analisis data menggunakan Uji T dua sampel dan uji Effect Size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar IPAS siswa menggunakan pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional kelas IV SDN 85 Singkawang. Hal ini ditunjukkan hasil > yaitu 9,7435 > 2,0106, maka diterima ditolak. 2) Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SDN 86 Singkawang. Hal ini ditunjukkan dari perhitungan nilai Effect Size yaitu sebesar 1,777 yang termasuk kriteria Tinggi.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Adeliawati, Dean Niandy, Sinta Maria Dewi, and Haerudin. 2020. “Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Sekolah Dasar.” Indonesian Journal of Primary School Education 1(1): 14–23. http://journal.ubpkarawang.ac.id/mahasiswa/index.php/IJPSE/article/view/46.
Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. 2020. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dewi, Susilo, . Tukidi, and Aisyah Nur Sayidatun Nisa. 2019. “Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar Ips Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 29 Semarang.” Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS 1(1): 94–104.
Fitri, Sahli Yeli. 2021. “Pemanfaatan Sumber Belajar Oleh Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Di SMPN Kota Bengkulu).” diss. IAIN Bengkulu 19.
Hadid, Thaariq, Syah Mohd, and Chairul Fuadi. 2020. “Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Alam Sekitar Sekolah Sebagai Sumber Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Siswa.” Biotural VII No 1(1): 24–35.
Hartono. 2019. Metodologi Penelitian. Riau: Zanafia Buplishing.
Hendarwati, Endah. 2013. “Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Melalui Metode Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa SDN I Sribit Delanggu Pada Pelajaran IPS.” Pedagogia : Jurnal Pendidikan 2(1): 59–70.
Indriani, Irma. 2022. “Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Mata Pelajaran Ips Di Sdn Nomor 110 Inpres Mattompodalle Di Kabupaten Takalar.” Fashluna 3(2): 106–16.
Irmeilyana, Irmeilyana et al. 2020. “Pemanfaatan Lingkungan Alam Sekitar Sebagai Sumber Belajar Dan Media Pembelajaran Matematika, Ipa, Dan Seni Bagi Pendidikan Dan Pengembangan Kreatifitas Anak Di Kecamatan Pemulutan Barat Kabupaten Ogan Ilir.” Jurnal Vokasi 4(1): 16.
Istiqomah, K W. 2019. “Pemanfaatan Lingkungan Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Braja Fajar Tahun Pelajaran 2018/2019.” https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/485/1/skripsi_Kurnia_Wati_Istiqomah_-_PGMI_-_1501050080.pdf.
Kemendikbud. 2022. “Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial (IPAS) SD-SMA.” Merdeka Mengajar. https://guru.kemdikbud.go.id/kurikulum/referensi-penerapan/capaian-pembelajaran/sd-sma/ilmu-pengetahuan-alam-dan-sosial-ipas/.
Khovia, K. 2023. “Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Lingkungan Pada Pembelajaran Ipa Di Madrasah Ibtidaiyah Nur Muhammad Klakah ….” Journal of Basic Education 02(01).
Kusani, Oktania Nelly, Tukidi Tukidi, and Aisyah Nur Sayidatun Nisa. 2019. “Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar IPS Oleh Guru-Guru SMP Negeri Kecamatan Sragen.” Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS 1(2): 122–27.
Lamasai, Muzria M, Mestawaty, and Ritman Ishak Puadi. 2017. “Pemanfaatan Lingkungan Alam Sekitar Sebagai Sumber Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SDN 10 Gadung.” Jurnal Kreatif Online 5(3): 132–44.
Lubis, Baihaqi Siddik, and Eko Febri Syahputra Siregar. 2020. “Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash.” SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 4(1): 396.
Malik, Maliana, M. Basri, and Tarman Tarman. 2023. “Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Murid Kelas V SD Gugus 1 Wilayah 1 Kecamatan Pujananting Kabupaten Barru.” Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran 7(2): 1718–30.
Mutiara, Mutiara. 2021. “Pemanfaatan Penggunaan Lingkungan Alam Sekitar Sebagai Media Pendukung Pembelajaran IPA Di MI/SD.” MADROSATUNA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 4(2): 104–19.
Nafiati, Dewi Amaliah. 2021. “Revisi Taksonomi Bloom: Kognitif, Afektif, Dan Psikomotorik.” Humanika 21(2): 151–72.
Ngestining, Driyan. 2014. “Pemanfaatan Lingkungan Dalam Pembelajaran Ips Di Sdn 1 Pasar Baru Pagatan Tanah Bumbu.” Jurnal Socius 3(1).
Nofrita, Nofrita. 2023. “Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di MI Darus Sa’adah Jekulo Kudus.” ILUMINASI: Journal of Research in Education 1(2): 85–98.
Nurhasanah, Leo Sutrisno, Haratua Tiur Maria Silitonga. 2015. “Pengaruh Problem Based Learning Pada Hasil Belajar Fisika: Sebuah Meta Analisis Artikel.” Jurnal Online Indonesia 3(1): 1–10.
Pelajaran, Tahun. 2008. “Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas Xi-Is Sma Negeri 12 Semarang Tahun Pelajaran 2008/2009.”
Pendidikan, Prodi, Guru Madrasah, and Fakultas Tarbiyah. 2021. “Oleh : Rosela.”
Pepatudzu, Jurnal Pendidikan, Media Pendidikan, and Sosial Kemasyarakatan. 2019. “Vol. 15, No. 1, Mei 2019.” 15(1): 1–7.
Rohayati, Hahat. 2018. “Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Media Pendukung Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Sdn 263 Rancaloa.” Jurnal Elementaria Edukasia 1(1): 94–100.
S, Uus Yusmantara. 2016. “Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar IPS Terhadap Pemahaman Konsep Dan Pengembangan Sikap Kepedulian Sosial Siswa Sekolah Dasar.” EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru 3(2): 1–13.
Saada, Khozinatus. 2014. “Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas Iv Madrasah Ibtidaiyah Yakti Kebonagung, Tegalrejo, Magelang.”
Sadiah, S, and A M Oktaviani. 2023. “Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Media Pembelajaran Ips Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Iii Sd.” Jurnal Pelita Calistung 4(2): 93–100. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jpc/article/view/539%0Ahttps://jurnal.upg.ac.id/index.php/jpc/article/download/539/355.
Sofillah, Dani. 2012. “Keterampilan Proses Sains Sub Pokok Bahasan Kementerian Agama Republik Indonesia Institut Agama Islam Negeri ( Iain ) Syekh Nurjati Cirebon 2012 M / 1433 H.” : 10.
Sonia, Gita. 2021. “Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Kabupaten Empat Lawang.” https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/25846/12236.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhelayanti, Syamsiah Z, and Ima Rahmawati. 2023. Penerbit Yayasan Kita Menulis Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sosial (IPAS).
Widiastuti, Eko Heri. 2017. “Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Pembelajaran Mata Pelajaran Ips.” Satya Widya 33(1): 29.