HUBUNGAN KEDISIPLINAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V DI SDN 88 SINGKAWANG
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan disiplin belajar IPAS siswa kelas V dan pembelajaran IPAS di SDN 88 Singkawang; 2) Mendeskripsikan hasil belajar siswa pada kelas IPAS Kelas V SDN 88 Shinkawang. 3) Untuk mengetahui adakah hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar kelas V IPAS di SDN 88 Singkawang. Penelitian ini dilakukan di SDN 88 Singkawang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ini yaitu asosiatif kasual (sebab akibat). SDN 88 Singkawang Kelas V yang dilakukan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan sampel purposive sampling, kelas V dijadikan sebagai sampel. Terdiri dari satu kelas yaitu Kelas VB dengan jumlah siswa 25 orang. Dapat disimpulkan bahwa: 1) Disiplin belajar siswa kelas V Pembelajaran IPAS SDN 88 Singkawang dengan rata-rata keseluruhan untuk kategori tinggi adalah 84,27. 2) Hasil belajar siswa pada Pembelajaran IPAS Kelas V SDN 88 Singkawang berada pada kategori baik dengan rata-rata keseluruhan sebesar 70,22. 3) Terdapat korelasi disiplin belajar dengan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 88 Singkawan dengan koefisien determinasi (KD) sebesar 77,44%, sebesar 8,89, dan koefisien korelasi (rs) sebesar 0,88 .
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Akmaluddin, A., & Haqqi, B. (2019). Kedisiplinan belajar siswa di sekolah dasar (sd) negeri cot keu eung kabupaten aceh besar (studi kasus). Journal Of Education Science. Vol. 5. No. 2. 1-12.
Amalia Fitri Ghaniem, dkk. (2021). Buku Panduan Guru Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial. Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Komplek Kemdikbudristek Jalan RS. Fatmawati, Cipete, Jakarta Selatan.
Anggraini, A. J. (2014). Kedisplinan Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 1 Parangtritis: Srudi Kasus. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.
Aslianda, Z., & Nurhaidah, N. (2017). Hubungan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 18 Banda Aceh. Elementary Education Research. Vol. 2. No. 4. 236-243.
Cindika, P. A., Sartika, A. D., Bela, B. S., dkk. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Ipas Sd/Mi. Journal Development and Research in Education. Vol. 3. No. 2. 51-65.
Darmawan, Deni. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Devi, S. F. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPAS di Kelas IV SD N 2 Pasuruan Kecamatan Penengahan Lampung Selatan (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Dewanti, B., Wulandari, F., & Anitra, R. (2024). Analisis Peran Guru IPS Dalam Meningkatkan Sikap Disiplin Siswa di Kelas III SDN 01 Singkawang. Jejak Pembelajaran: Jurnal Pengembangan Pendidikan. Vol. 8. No. 5.
Firdaus, M., Sulistri, E., & Anitra, R. (2023). Hubungan Efikasi Diri Dengan Hasil Belajar Ranah Kognitif Ipa Siswa Kelas Iv Sd Negeri 88 Singkawang. ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika. Vol. 9. No. 1. 103-111
Gusnidar, Nana Sutrisna. (2022). Pengembangan Buku Siswa Berbasis Inkuiri pada Materi IPA untuk Siswa Kelas VII SMP. Juianrnal Inovasi Penelitian. Vol. 8. No. 8. 2859-2868.
Indrawan, R., dan Poppy Yaniawati. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan (Revisi). Bandung: Refika Aditama.
Jumitasari, D. (2023). Hubungan Kedisiplinan Belajar Dengan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas V Di SDN 32 Singkawang. Skripsi. STKIP Singkawang.
Mulyawati, Y., Sumardi, S., & Elvira, S. (2019). Pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol. 3. No. 1. 01-14.
Kusumawati, O. D. T., Wahyudin, A,. & Subagyo, S. (2017). Pengaruh pola asuh, lingkungan masyarakat dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar siswa SD Kecamatan Bandungan. Educational Management. Vol. 6. No. 2. 87-94.
Putri, E. A., Sari, P. M., Anitra, R., & Sulistri, E. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Gallery Wal Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 84 Singkawang. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. 8. No. 2.
Rahmawati, A., Masfuah, S., & Khamdun, K. (2021). Hubungan Disiplin dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Selama Pembelajaran Daring Kelas VI B SD 1 MIJEN. Jurnal Prakarsa Paedagogia. Vol. 4. No. 2.
Salam, M., & Anggraini, I. (2018). Kedisiplinan belajar siswa kelas V di SDN 55/I Sridadi. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar. Vol. 3. No. 1. 127-144.
Sisnasza, R., & Bisri, M. (2024). Hubungan Antara Kedisiplinan Belajar Sisiwa Dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPA Kelas Tinggi MIM PK BLIMBING GATAK SUKOHARJO Tahun Ajaran 2023/2024. (Doctoral dissertation, UIN Surakarta).
Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Prenadamedia Group.
Suardi, M. (2018). Belajar & Pembelajaran. Deepublish.
Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Yogyakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono, D (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.