PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL BERBASIS CANVA PADA TEMA HIPERTENSI UNTUK SMP KELAS VIII
Abstract
Pendidikan adalah salah satu bidang yang terkena dampak besar dari perubahan revolusioner yang disebabkan oleh menjamurnya platform media sosial yang didasarkan pada pengetahuan ilmiah dan kemajuan teknologi. Melalui integrasi teknologi ke dalam pendidikan, banyak manfaat yang dapat diwujudkan. Penelitian ini memiliki tujuan mengembangkan media pembelajaran audiovisual dengan basis canva pada tema hipertensi untuk SMP kelas VIII dan mengetahui kelayakan media tersebut menurut penilaian ahli. Model pengembangan yang dipakai didalam penelitian ini berpacu dari Borg & Gall (1983). Penelitian ini hanya dilaksanakan tahap satu hingga tiga dengan modifikasi. Hasil tingkat kevalidan atau kelayakan yang didapatkan untuk media pembelajaran audiovisual berbasis canva ini memiliki tingkat kevalidan rata-rata 88,4% maka media pembelajaran audiovisual berbasis canva yang dikembangkan masuk dalam katergori sangat valid. Hal tersebut menunjukan bahwa peneliti telah menghasilkan media pembelajaran audiovisual berbasis canva pada tema hipertensi untuk SMP pada kelas VIII dan dapat dikatakan sangat layak melalui kriteria dari yang sudah ditentukan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Akrim, M. (2018). Media Learning in Digital Era, 458–460. https://doi.org/10.2991/amca-18.2018.127
Alazam, dkk (2012). "Teachers’ ICT Skills and ICT Integration in the Classroom: The Case of Vocational, Technical Teachers in Malaysia". Creative Education, 03(09), 70–76.
Alvionita, H. (2014). Penggunaan Media Pembelajaran Sejarah Sma Di Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2014/ 2015. Indonesia Journal of Education, 3(4), 31–35. ISSN: 2252-6641
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Atalay, R. (2015). The Education and the Human Capital Get Rid of the Middleincome Trap and to Provide the Economic Development. Social and Behavioral Sciences, 174, 968–976. ISSN: 18770428. https://doi.org/ 10.1016/j.sbspro.2015.01.720
Boholano, H. (2017). "Smart social networking: 21st teaching and learning skills". Research in Pedagogy, 7(3), 21–29.
Borg, W.R & Gall, M.D 1983. Educational Research an Introduction, Edition. Longman : New York.
BSNP. 2010. Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI. Tersedia: http://www.bsnp-indonesia.org/id/wpcontent/uploads/2012/04/Laporan-BSNP-2010.pdf diakses pada tanggal 17 Desember 2020 pukul 17.00 WIB.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.
Daryanto. (2010). Media pembelajaran: perannya sangat penting untuk mencapai tujuan pembelajaran. Gava Medi : Yogyakarta.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar Jakarta: Rineka Cipta.
Farmawati, dkk (2018). "Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Guru Ekonomi Pada Sma Negeri Di Kota Makassar". Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(2), 23.
Ibrahim, dkk. 2000. Media Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.
Latuheru, Jhon D. 1988. Media Pembelajaran dalam Prose Belajar Mengajar. Jakarta: Depdiknas.
Maryanti, S., & Kurniawan, D. T. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Stop Motion Untuk Pembelajaran Biologi Dengan Aplikasi PICPAC. Jurnal Bioduin Program Studi Pendidikan Biologi, 8(2), 26–33. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/bioeduin/article/view/2922/1869
Munadi, Y. (2008). Media Pembelajaran: adalah Sebuah Pendekatan Baru. Ciputat: Gaung Persada Press.
Nasrulloh, I., & Ismail, A. (2018). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Berbasis Ict. Jurnal Petik, 3(1), 28. doi: 10.32980/jpetik.v3i1.355.
Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Sebuah Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(2), 24–45.
Rahmawati, F; & Atmojo, R.I.W. (2021). Analisis Media Digital Video Pembelajaran Pada Abad 21 Menggunakan Aplikasi Canva pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu 5 (3): 6271-6279 https://doi.org/ 10.31004/ basicedu.v 5i6.1717
Salam, M. Y., & Mudinillah, A. (2021). Canva Application Development For Distance Learning On Arabic Language Learning In Mts Thawalib Tanjung Limau Tanah Datar. 23(2), 101–101. Jurnal Teknologi Pendidikan. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/ jtp/article/view/20650
Sholeh, dkk, E. (2020). Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk Ukm. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 430. https ://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.2 983
Sugiyono, Prof. DR. (2018). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tanjung, dkk. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika, 7(2), 79–85. ISSN: 2302-3295.
Tiurma, L., & Retnawati, H. (2014). Analisa Keefektifan Pembelajaran Multimedia Materi Dimensi Tiga Ditinjau Dari Prestasi Dan Minat Belajar Matematika Di Sma. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 44(2), 104845. https ://doi.org/10.21831/jk.v44i2.5230.
Triningsih, D. E., Karangploso, S. M. P. N., & Malang, K. (2021). Penerapan Aplikasi Canva Guna Meningkatkan Kemampuan Menyajikan Teks Tanggapan Kritis. 15(2), 128–143. Cendekia : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 15(1), 128-144 https://cendekia.soloclcs.org/index.p hp/cendekia/citationstylelanguage/g et/apa?submissionId=667
Seels, B dan RC Richey. 1994. Teknologi Pembelajaran, Definisi dan Kawasannya. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Sugiyono.2014. Metode Penelitian Pengembangan & Pengembangan. Bandung : Alfabeta.
Wahyuni, E., & Thohiriyah, T. (2018). Infographic: Avoiding Monotony in Presenting Teaching Materials. 280–283.http://103.97.100.145/index.php/ELLIC/article/view/3548%0Ahttps://jurnal.unimus.ac.id/index.php/ELLIC/article/download/3548/3368.