PENGEMBANGAN MEDIA CHARTA INTERAKTIF SUB MATERI ANATOMI ORGAN PENDENGARAN MANUSIA PADA PEMBELAJARAN IPA
Abstract
Media charta interaktif merupakan media pembelajaran berupa gambar yang bisa dipahami peserta didik karena dapat memvisualisasi sesuatu yang akan dijelaskan dengan lebih konkrit dan realistis. Materi anatomi organ pendengaran manusia berkarakteristik faktual tetapi tidak tervisualisasi. Dengan begitu diperlukan media agar materi bersifat kongkret dan mudah dipahami. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menganalisis validitas, kepraktisan, serta keefektifan media pembelajaran charta interaktif sub materi anatomi organ pendengaran manusia pada pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dan model pengembangan FOUR-D yang terdiri 4 tahap (Define, Design, Develop, Disseminate), namun hanya sampai 3 tahap saja untuk diuji kelayakan. Hasil pengembangan charta interaktif ini diuji kelas sebanyak 33 orang peserta didik kelas VIII C SMPN 2 Banjarmasin. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif yang meliputi analisis validitas Aiken's V, analisis kepraktisan menggunakan persentase dan analisis keefektifan menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media charta interaktif yang dikembangkan mendapat skor validitas sebesar 86%, skor kepraktisan guru 100%, peserta didik 92%, dan keefektifan 97%. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa media pembelajaran charta interaktif sub materi anatomi organ pendengaran manusia pada pembelajaran IPA dinyatakan layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Arielf, S., R, R., A, H., & Rahardjito. (2005). Meldia Pelndidikan: Pelngelrtian, Pelngelmbangan dan Pelmanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Pelrsada.
Arindiono, R. Y., & Ramadhani, N. (2013). Pelrancangan Meldia Pelmbellajaran Intelraktif Matelmatika untuk Siswa Kellas 5 SD. JURNAL SAINS DAN SELNI POMITS, 28-32.
Delfina, D. (2018). Modell Pelnellitian dan Pelngelmbangan Matelri Ajar BIPA (Bahasa Indonelsia bagi Pelnutur Asing). Indonelsian Languagel Elduca tion and Litelraturel, 4(1), 36–51. https ://doi.org/10.24235/ilelal.v4i1.3012.
DELWI, D. M. (2021). Kelmampuan Kognitif Siswa Pada Konselp Sistelm Gelrak Manusia Mellalui Meldia Charta Kellas Viii Smp Nelgelri 1 Cikupa Kabupateln Tangelrang. TELACHELR : Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 1(2),218–223. https://doi.org/ 10.51878/telachelr.v1i2.766.
Falahudin, I. (2014). Pelmanfaatan Meldia dalam Pelmbellajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 104-117.
Haryati, S. (2012). ( R & D ) Selbagai Salah Satu Modell Pelnellitian Dalam Bidang Pelndidikan. Acadelmia, 37(1), 11–26.
Irawati, L. (2012). FISIKA MELDIK PROSELS PELNDELNGARAN. Majalah Keldoktelran Andalas, No. 2 Vol. 36.
Irliyanti, Sukmawati, R. A., & Mahardika, A. I. (2021). Pelngelmbangan Meldia Pelmbellajaran Intelraktif Belrbasis Welb pada Matelri Pelrsamaan Garis Lurus Melnggunakan Meltodel Drill and Practicel untuk SMP Kellas VIII. Computelr Scielncel ELducation Journal (CSELJ), 1(1), 1–14. https:// doi.org/10.20527/eldumat.v9i2.11785
Jelnnah, R. (2009). Meldia Pelmbellajaran. Yogyakarta: Antasari Prelss.
Kasturi, L. I., Istiningsih, S., & Tahir, M. (2022). Pelngelmbangan Meldia Pelmbellajaran Videlo Intelraktif Pada Mata Pellajaran Ilmu Pelngeltahuan Alam (IPA) Siswa Kellas V SDN 2 Batujai. Jurnal Ilmiah Profelsi Pelndidikan, 7(1), 116–122. https://doi.org/10.29303/ jipp.v7i1.432
Maulidan, M. H., Sukmawati, R. A., & Suryaningsih, Y. (2021). Meldia Belrbasis Progrelssivel Welb Application ( PWA ) pada Pelmbellajaran Pelrpangkatan dan Belntuk Akar delngan Meltodel Tutorial. Computing and ELducation Telchnology Journal (CELTJ), 1(1), 44–61.
Rihamy, S. Z. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pengajaran Langsung Dengan Media Pembelajaran Charta. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 2(1).https://doi.org/10.20527/jipf.v2i1.1011.
Rusman. (2008). Prinsip-Prinsip dan Telknik ELvaluasi Pelngajaran. Bandung: PT. Relmaja Rosdakarya.
Sadirman. (2006). Bellajar dan Faktor-Faktor yang Melmpelngaruhinya. Jakarta: Rinelka Cipta.
Senduk, M. S. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Charta Dan Media Spesimen Terhadap Hasil Belajar Ipa Pokok Bahasan Sistem Tata Surya Siswa Kelas Vi Mi Nurul Karim Bangsring Kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi Pada Semester Genap Tahun Ajaran 2015- 2016. Journal of Education Technology and Innovation, 48-57.
Selptryanelsti, N., & Lazulva. (2019). Delsain Dan Uji Coba EL- Modul Pelmbellajaran Kimia Belrbasis Blog pada Matelri Hidrokarbon. JTK: Jurnal Tadris Kimiya, 4(2), 202–215.
Sudjana, N. (2011). Pelnilaian Hasil Prosels Bellajar Melngajar. Bandung: PT. Relmaja Rosdakarya.
Wahyuningsih, E. (2021a). Penggunaan Beberan Charta Untk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa. ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 1 (1), 29-35. https://doi.org/10.51878/ action.v1i1.289.
Wahyuningsih, E. (2021b). Penggunaan Beberan Charta Untk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa. ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 1 (1), 29-35. https://doi.org/10.51878/ action.v1i1.289.
Yanti, H. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Dan Media Charta Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pai Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3 (2). https ://doi.org/10.31004/jptam.v2i4.296.