PENGGUNAAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU VIRTUAL TOUR TERHADAP BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI ENDEMIK KALIMANTAN TIMUR
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di bawah bimbingan Ibu Dr. Elsje Theodora Maasawet, M.Pd., dan bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan model pembelajaran berbasis masalah yang didukung oleh media virtual tour berdampak pada keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa tentang materi keanekaragaman hayati endemik di Kalimantan Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan desain pretest-posttest control group. Dengan kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol, teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Uji independent sample t-test dengan taraf signifikasi 5% digunakan untuk analisis data. Hasilnya menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu Virtual Tour terhadap keterampilan berpikir kritis siswa (0,000 < 0,005) dan hasil belajar siswa (0,001 < 0,005).
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Affandy, Aminah, N. S., & Supriyanto, A. (2019). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Fluida Dinamis di SMA Batik 2 Surakarta. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 25–33. https://doi.org/10.37081/ed. v10i3.3849.
Agustinova, D. E., Sariyatun, Leo, A. S., & Hieronymus, P. (2022). Urgensi Keterampilan 4C Abad ke-21 dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Ilmu-ilmu Sosial, 19(1), 49-60. http:// dx.doi.org/10.21831/soci a.v19i1.49478.
Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2022). Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. Diffraction, 3(1), 27–35. https://do i.org/10.37058/ diffraction.v3i1.4416
Asril, M., Simamarta, M., Sari, S. P., Indarwati, Arsi, R. B., Afriansyah, & Junuriah. (2022). Keanerkaragaman Hayati. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.
Damayanti, A. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 2 Tulang Bawang Tengah. 8(1), 99–108. https://prosiding.ummetro.ac.i d/index.php/snpe/article/view/28/12.
Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Parepare: CV Kaaffah Learning Center.
Fridayani, J. A., Riastuti, A., & Jehamu, M. A. (2022). Analisis Faktor yang Memengaruhi Kemampuan Berpikir Kritis pada Mahasiswa. Journal of Business Management Education , 7(3), 1–8. https://doi.or g/10.17509/ jbme.v7i3.51324.
Handoyo, A. (2018). Hubungan Kreativitas dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di MI Ma’had Islamy Pelembang. Jurnal Ilmiah PGMI, 4(1), 41–55. https://doi.org/ 10.19109/ jip.v4i1.2265.
Hermansyah. (2020). Problem Based Learning in Indonesian Learning. Social, Humanities, and Educational Studies (SHE’s): Conference Series, 3(3), 2257–2262. https://doi.org/ 10.20961/she s.v3i3.57121.
Kawulur, M. U., Rindengan, Y. D. Y., & Najoan, X. B. N. (2018). Virtual Tour e-Tourism Objek Wisata Alam di Kabupaten Biak Numfor. Jurnal Teknik Informatika, 13(3), 1–6. https://doi.org/10.35793/jti.1.3 .2018.28073.
Maulidah, E. (2021). Keterampilan 4C dalam Pembelajaran untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 52-68. https://doi. org/ 10.53515/CJI.2021.2.1.52-68.
Muhammad, R., Mutiarin, D., & Damanik, J. (2021). Virtual Tourism Sebagai Alternatif Wisata Saat Pandemi. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 4(1), 53–60. https://doi.org/10.17509/jit hor.v4i1.31250.
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika “Sesiomadika 2019” (pp. 659-663). Karawang: Unsika Press.
Noor, I. Y. (2016). Pesut mahakam , Profil , Peluang Kepunahan dan Upaya Konservasinya. Balikpapan: Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Kalimantan.
Nufus, H., & Al Kusaeri. (2020). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Memecahkan Masalah Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 5(2), 49-55. https://dx.doi.org/10 .26737/jpmi.v5i2.1812.
Rahardhian, A. (2022). Kajian Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking Skill) dari Sudut Pandang Filsafat. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(2), 87–94. https://doi. org/10.23887/ jfi.v5i2.42092.
Rahmawati, E., Prasastono, N., Susanto, A., & Sudiro, D. (2022). Virtual Tour Sebagai Alternatif Berwisata di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Pelaku Wisata di Yogyakarta). Pringgitan, 03(01), 38–45. http://dx.doi. org/10.47256/p rg.v3i1.146.
Rahmawati, I., Arif, H., & Sri, R. (2016). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP Pada Materi Gaya dan Penerapannya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Pascasarjana UM. (pp. 1112-1119). Malang: UM Press.
Satrio, D., & Muhardono, A. (2023). Virtual Tour Berbasis Website Sebagai Pendukung Media Pemasaran Kampus. Jurnal Minfo Polgan, 12(1), 289–296. https://doi .org/10.33395/ jmp.v12i1.12372.
Setiawan, A. (2022). Keanekaragaman Hayati Indonesia: Masalah dan Upaya Konservasinya. Indonesian Journal of Conservation, 11(1), 13–21. https:// doi.org/10.15294/ijc. v11i1.34532.
Syamsidah, & Suryani, H. (2018). Buku Model Peoblem Based Learning (PBL). Sleman: Deepublish.
Tumulo, T. I. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Inkuiri Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas XII SMA Negeri 4 Gorontalo. Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 02(23), 539– 552. http://dx.doi.org/10.37905/dik mas.2.2.437-446.2022.
Umafagur, F., Sentinuwo, S. R., & Sugiarso, B. A. (2016). Implementasi Virtual Tour Sebagai Media Informasi Daerah (Studi Kasus : Kota Manado). Jurnal Teknik Informatika, 9(1), 1-8. https ://doi.org/10.35793/j ti.9.1. 2016.13456.
Wicaksono, D., & Iswan. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah di Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 12 Pamulang, Banten. Jurnal Ilmiah PGSD, 3(2), 111–126. https://doi.org/10.24853/ holistika.3.2.111-126.
Wirda, Y., Ikhya, U., Ferdi, W., Nur, L., & Sisca, F. (2020). Faktor-faktor Determinan Hasil Belajar Siswa. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.