PENGARUH PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS IV PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD ZAT
Abstract
Penelitian ini dipicu oleh kurangnya kemampuan siswa sekolah dasar untuk memahami konsep.. Serta penggunaan model pembelajaran yang tidak berkembang dan fokus dengan guru. Pada penelitian ini, jenis eksperimen yang menggunakan penelitian quasi eksperimental, desain penelitian eksperimen ini memakai dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kontrol. pada penelitian ini populasi yang dipilih adalah seluruh siswa kelas IV se Kecamatan Matraman. Sedangkan jenis sampel yang digunakan yaitu purposive sampling, yaitu siswa kelas IV di SDN Utan Kayu Selatan 05, yang berada di kecamatan Matraman. Uji normalitas, homogenitas, uji sample t independen, dan uji N-Gain digunakan untuk menganalisis data.Dari nilai pretest pada kedua kelas memiliki kemampuan yang sama. Dan hasil posttest pemahaman konsep pada kelas eksperimen dan kontrol memiliki kemampuan yang berbeda. Dan dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning di kelas IV materi perubahan wujud zat memberikan pengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. Hal ini dikarenakan pembelajaran yang dilakukan membuat siswa mempunyai peran aktif dan pembelajaran yang inovatif.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Ahdar, A., & Wardana, W. (2019). Belajar dan pembelajaran: 4 pilar peningkatan kompetensi pedagogis.
Eliyana, E. (2020). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Belajar IPA Materi Tumbuhan Hijau Pada Siswa Kelas V SDN 3 Panjerejo di Masa Pandemi Covid-19. EDUPROXIMA (Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA), 2(2), 87-100.
Karamah, S. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pai Pada Peserta Didik Kelas Xi Ipa. 5 Sma Negeri 1 Ogan Komering Ulu. Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan, 5(2), 1-10.
Lestari, K., Sulissusiawan, A., & Wartiningsih, A. (2019). PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PENGEMBANGAN HIKAYAT MENJADI CERPEN. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) , 8 (2).
Puspitasari, Y., & Nurhayati, S. (2019). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 7(1), 93-108.
Supriyatni, M. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Flipped Classroom Terintegrasi Portal Rumah Belajar untuk Siswa SD. JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 2(8), 1322-1330.
Wati, E., Harahap, R. D., & Safitri, I. (2022). Analisis Karakter Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 6(4), 5994-6004.