PENGEMBANGAN MEDIA MODEL SISTEM PERNAPASAN MANUSIA (MOSIMPER) PADA MUATAN PELAJARAN IPAS KELAS V SDN SUKOREJO 02
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menyediakan bahan ajar muatan pelajaran IPAS yang menggunakan Model Sistem Pernapasan Manusia (MOSIMPER) dan menekankan pada sistem pernapasan manusia pada siswa kelas V SD. Dengan tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi, model ADDIE merupakan metodologi R&D yang digunakan pada penelitian ini. Temuan validasi ahli materi mencapai 90,625%, sedangkan hasil validasi ahli media mencapai 91,6%. Hasil pengembangan media pembelajaran memenuhi standar penilaian validasi ahli dan dapat digunakan untuk pembelajaran dengan kriteria “sangat layak”. Hasil uji- T menghasilkan nilai t-hitung 11,342 > dari t-tabel 1,692363 memperlihatkan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dan untuk melihat peningkatan rata-rata menggunakan uji n-gain didapatkan hasil 0,42 sehingga dapat disimpulkan bahwa media Model Sistem Pernapasan Manusia (MOSIMPER) memiliki tingkat kelayakan yang tinggi dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Amalia, F., Anggayudha, R. A., & Aldilla,
K. (2021). Ilmu Pengetahuan Alam
dan Sosial. Ilmu Pengetahuan Alam
Dan Sosial Buku Siswa, 246.
Dahniar. (2021). SISTEM PENDIDIKAN,
PENDIDIKAN SEBAGAI SISTEM
DAN KOMPONEN SERTA
INTERPENDENSI ANTAR
KOMPONEN PENDIDIKAN.
JURNAL LITERASIOLOGI, 7(3), 1–
Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS
INDONESIA (TRENDS IN
INTERNATIONAL
MATHEMATICS AND SCIENCE
STUDY). Prosiding Seminar
Nasional & Call For Papers Program
Studi Magister Pendidikan
Matematika Universitas Siliwangi.
Hasanah Lubis, L., Febriani, B., Fitra
Yana, R., Azhar, A., & Darajat, M.
(2023). The Use of Learning Media
and its Effect on Improving the
Quality of Student Learning
Outcomes. International Journal Of
Education, Social Studies, And
Management (IJESSM), 3(2), 7–14.
https://doi.org/10.52121/ijessm.v3i2.1
Isradini, N., Maula, L. H., & Sutisnawati,
A. (2020). Peran Teknologi Informasi
Dan Komunikasi Pada Pembelajaran
Daring Di Masa Pandemi Covid-19.
Jurnal Persada, III(3), 176–181.
Kemdikbud, P. (2022). Studi Internasional
TIMSS.
https://pusmendik.kemdikbud.go.id/pr
oduk/kategori-asesmen-
terstandar/page-studi-internasional-
timss
Khodam, I. A., Mubarok, H., & Anggraini,
D. M. (2022). Merdeka Belajar
Melalui Penerapan Alat Peraga
Pernafasan Dalam Pembelajaran IPA
di Sekolah Dasar. Prosiding
Konferensi Nasional PD-PGMI Se
Indonesia Prodi PGMI FITK UIN
Sunan Kalijaga Yogyakarta,
September, 279–290.
Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran.
Bintang Sutabaya, 1–129.
Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020).
Pengembangan Media Pembelajaran:
Konsep & Aplikasi Pengembangan
Media Pembelajaran bagi Pendidik
di Sekolah dan Masyarakat (1st ed.).
Kencana.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R.
(2018). Penelitian Pendidikan
Matematika. Refika Aditama.
Nuryani, L., & Surya Abadi, I. G. (2021).
Media Pembelajaran Flipbook Materi
Sistem Pernapasan Manusia pada
Muatan IPA Siswa Kelas V SD.
Jurnal Imiah Pendidikan Dan
Pembelajaran, 5(2), 247.
https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.329
Pratiwi, N., & Syofyan, H. (2023).
Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa
Kelas V Menggunakan Alat Peraga
IPA Sistem Pernapasan Manusia di
SD Islam Nurul Huda Jatipulo
Jakarta. 05(04), 11215–11226.
Sanjaya, W. (2008). Perencanaan dan
Desain Sistem Pembelajaran.
Kencana Prenada Media Group.
Sari, J., Hermansah, B., & Prasrihamni, M.
(2023). Pengaruh Media Konkret
Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah
Dasar. 7, 15–24.
Shinta, Y., Jennah, R., & Syar, N. I.
(2023). Pengembangan Media Tiruan
Materi Sistem Pernapasan pada
Manusia. 9(2).
TIMSS 2019 International Results in
Mathematics and Science. (n.d.).
TIMSS & PIRLS International Study
Center.
https://timss2019.org/reports/downloa
d-center/
Wahyu, Y., Edu, A. L., & Nardi, M.
(2020). Problematika Pemanfaatan
Media Pembelajaran IPA di Sekolah
Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan
IPA, 6(1), 107.
https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.3
Winaryati, E., Munsarif, M., Mardiana, &
Suwahono. (2021). Cercular Model
of RD&D (Model RD&D Pendidikan
dan Sosial) (S. Nahidloh (Ed.); 1st
ed.). PENERBIT KBM INDONESIA.
Windawati, R., & Koeswanti, H. D.
(2021). Pengembangan Game
Edukasi Berbasis Android untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di
Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2),
–1038.
https://doi.org/https://doi.org/10.3100
/basicedu.v5i2.835
Zulfatunnisa, S. (2022). Pentingnya Peran
Guru Dalam Proses Pembelajaran.
Jurnal Gentala Pendidikan Dasar,
(2), 199–213.
https://doi.org/10.22437/gentala.v7i2.