PENGEMBANGAN MEDIA MODEL SISTEM PERNAPASAN MANUSIA (MOSIMPER) PADA MUATAN PELAJARAN IPAS KELAS V SDN SUKOREJO 02

Sabila Shaishatul Jannah
Desi Wulandari


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i2.6145

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menyediakan bahan ajar muatan pelajaran IPAS yang menggunakan Model Sistem Pernapasan Manusia (MOSIMPER) dan menekankan pada sistem pernapasan manusia pada siswa kelas V SD. Dengan tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi, model ADDIE merupakan metodologi R&D yang digunakan pada penelitian ini. Temuan validasi ahli materi mencapai 90,625%, sedangkan hasil validasi ahli media mencapai 91,6%. Hasil pengembangan media pembelajaran memenuhi standar penilaian validasi ahli dan dapat digunakan untuk pembelajaran dengan kriteria “sangat layak”. Hasil uji- T menghasilkan nilai t-hitung 11,342 > dari t-tabel 1,692363 memperlihatkan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dan untuk melihat peningkatan rata-rata menggunakan uji n-gain didapatkan hasil 0,42 sehingga dapat disimpulkan bahwa media Model Sistem Pernapasan Manusia (MOSIMPER) memiliki tingkat kelayakan yang tinggi dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.


Keywords


kelayakan; keefektifan; media sistem pernapasan manusia

Article Metrics :

References


Amalia, F., Anggayudha, R. A., & Aldilla,

K. (2021). Ilmu Pengetahuan Alam

dan Sosial. Ilmu Pengetahuan Alam

Dan Sosial Buku Siswa, 246.

Dahniar. (2021). SISTEM PENDIDIKAN,

PENDIDIKAN SEBAGAI SISTEM

DAN KOMPONEN SERTA

INTERPENDENSI ANTAR

KOMPONEN PENDIDIKAN.

JURNAL LITERASIOLOGI, 7(3), 1–

Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS

INDONESIA (TRENDS IN

INTERNATIONAL

MATHEMATICS AND SCIENCE

STUDY). Prosiding Seminar

Nasional & Call For Papers Program

Studi Magister Pendidikan

Matematika Universitas Siliwangi.

Hasanah Lubis, L., Febriani, B., Fitra

Yana, R., Azhar, A., & Darajat, M.

(2023). The Use of Learning Media

and its Effect on Improving the

Quality of Student Learning

Outcomes. International Journal Of

Education, Social Studies, And

Management (IJESSM), 3(2), 7–14.

https://doi.org/10.52121/ijessm.v3i2.1

Isradini, N., Maula, L. H., & Sutisnawati,

A. (2020). Peran Teknologi Informasi

Dan Komunikasi Pada Pembelajaran

Daring Di Masa Pandemi Covid-19.

Jurnal Persada, III(3), 176–181.

Kemdikbud, P. (2022). Studi Internasional

TIMSS.

https://pusmendik.kemdikbud.go.id/pr

oduk/kategori-asesmen-

terstandar/page-studi-internasional-

timss

Khodam, I. A., Mubarok, H., & Anggraini,

D. M. (2022). Merdeka Belajar

Melalui Penerapan Alat Peraga

Pernafasan Dalam Pembelajaran IPA

di Sekolah Dasar. Prosiding

Konferensi Nasional PD-PGMI Se

Indonesia Prodi PGMI FITK UIN

Sunan Kalijaga Yogyakarta,

September, 279–290.

Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran.

Bintang Sutabaya, 1–129.

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020).

Pengembangan Media Pembelajaran:

Konsep & Aplikasi Pengembangan

Media Pembelajaran bagi Pendidik

di Sekolah dan Masyarakat (1st ed.).

Kencana.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R.

(2018). Penelitian Pendidikan

Matematika. Refika Aditama.

Nuryani, L., & Surya Abadi, I. G. (2021).

Media Pembelajaran Flipbook Materi

Sistem Pernapasan Manusia pada

Muatan IPA Siswa Kelas V SD.

Jurnal Imiah Pendidikan Dan

Pembelajaran, 5(2), 247.

https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.329

Pratiwi, N., & Syofyan, H. (2023).

Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa

Kelas V Menggunakan Alat Peraga

IPA Sistem Pernapasan Manusia di

SD Islam Nurul Huda Jatipulo

Jakarta. 05(04), 11215–11226.

Sanjaya, W. (2008). Perencanaan dan

Desain Sistem Pembelajaran.

Kencana Prenada Media Group.

Sari, J., Hermansah, B., & Prasrihamni, M.

(2023). Pengaruh Media Konkret

Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah

Dasar. 7, 15–24.

Shinta, Y., Jennah, R., & Syar, N. I.

(2023). Pengembangan Media Tiruan

Materi Sistem Pernapasan pada

Manusia. 9(2).

TIMSS 2019 International Results in

Mathematics and Science. (n.d.).

TIMSS & PIRLS International Study

Center.

https://timss2019.org/reports/downloa

d-center/

Wahyu, Y., Edu, A. L., & Nardi, M.

(2020). Problematika Pemanfaatan

Media Pembelajaran IPA di Sekolah

Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan

IPA, 6(1), 107.

https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.3

Winaryati, E., Munsarif, M., Mardiana, &

Suwahono. (2021). Cercular Model

of RD&D (Model RD&D Pendidikan

dan Sosial) (S. Nahidloh (Ed.); 1st

ed.). PENERBIT KBM INDONESIA.

Windawati, R., & Koeswanti, H. D.

(2021). Pengembangan Game

Edukasi Berbasis Android untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di

Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2),

–1038.

https://doi.org/https://doi.org/10.3100

/basicedu.v5i2.835

Zulfatunnisa, S. (2022). Pentingnya Peran

Guru Dalam Proses Pembelajaran.

Jurnal Gentala Pendidikan Dasar,

(2), 199–213.

https://doi.org/10.22437/gentala.v7i2.