ETHNO-EDUGAMES: IMPLEMENTASI APLIKASI SANGKURIANG UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM KOORDINASI KELAS XI SMAN 14 BANDUNG
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Abdullah, Ramli. 2016. Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran, dalam jurnal Lantanida, Vol 4 (1).
Abdur R., Aden A. G., dan Widi U. 2020. Efektivitas Aplikasi Mobile Learning Role Play Games (RPG) Maker MV Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis, dalam jurnal Mangifera Edu , Vol 4 (2).
Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Kefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran ,08(02).
Ennis, R. H. (2011). The Nature Of Critical Thinking: An Outline Of Critical Thinking Disposition And Abilities. University of Illinios.
Hamdayana, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Helmawati. (2014). Pendidikan Keluarga. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Irwanto, I. 2021 .Perancangan Media Game Edukasi Untuk Mata Pelajaran Fisika Dengan Menggunakan Model Waterfall Di Smk Negeri 2 Kota Serang .J. Inov. Penelit. 1(11) 2311–2322.
Kadek T.S., Ni M.P., & Putri S. (2018). Implementasi Pendekatan Student Centered Learning Dalam Pembelajaran IPA Dan Relevansinya Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Singaraja, dalam jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia, Vol 1 (1).
Kristin, Firosalia. 2016. Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD, dalam Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, Vol 2 (1).
Meltzer. The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: a possible, hidden variable. In diagnostic pretest scores, Department of physics and Astronomy, Iowa State University, Ames, Iowa 50011 2002, Jurnal Am. J. Physic. hal. 3.
Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu,5(5), 3928/3939.https://jbasic.org/index.php/basiced u/article/view/1475.
Nurlita, A. (2020). Analisis penerapan model Pembelajaran berbasis etnosains dalam pembelajaran tematik SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1), 1–8.
Parlindungan, D. P., Mahardika, G. P., & Yulinar, D. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di SD Islam An-Nuriyah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1(1).
Prahesti, S. I., & Fauziah, S. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Kearifan Lokal Kabupaten Semarang. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 505-512.
Rahardian, Adhitya. 2022. Kajian Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking Skill) dari Sudut Pandang Filsafat, dalam Jurnal Filsafat Indonesia, Vol 5 (2).
Rahmawati, I., Hidayat, A., & Rahayu, S. (2016). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Materi Gaya dan Penerapannya. In Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM (pp. 1112–1119).
Ridwan dan Sunarto. (2013). Pengantar Statistika untuk Penelitian : Pendidikan Sosial, Komunikasi, Ekonomi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Riyanti Rika & Rusdi Hikmah.(2018) "Efektivitas Penggunaan Game Edukasi Smartphone Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi STKIP Yapim Maros" . Jurnal Ilmiah Pena.1(2), 21-28.
Rozi F dan Kristari A. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Fisika Untuk Siswa Kelas XI di SMAN 1 Tulungagung. JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Informatika).
Saputra, M., & Kuswanto, H. (2019). The Effectiveness of Physics Mobile Learning (PML) with HomboBatu Theme to Improve the Ability of Diagram Representation and Critical Thinking of Senior High School Students. International Journal of Instruction, 12(2), 471–490.
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta.
Sundayana, R. (2020). Statistik Penelitian Pendidikan (Edisi ke-2). Bandung: Alfabeta.
Widiyatmoko, A., Utaminingsih, S., & Santoso. (2021). Android-Based Math Learning to Improve Critical Thinking. Journal of Physics: Conference Series, 1823(1).
Yuni, R., S. Murhayati., & A. Murniati. 2021. Implementasi pembelajaran Integrated Interkonektif agama dan sains untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri se- Kecamatan Sukajadi Kota Pekanbaru. Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan. 21(1):65-81.