PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN JIGSAW PUZZLE BERBASIS STEM PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA TERHADAP HASIL BELAJAR DI MTS MA’ARIF AMBULU
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Admawati, H., & Mutia, N. B. (2023). Perspektif Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Dengan Model Project-Based Learning Pascapandemi Covid-19 Pada Kegiatan Penyusunan Modul Ipa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(2), 302–315. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i2.1481
Alimah, S., Lesmono, A. D., & Handayani, D. R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Disertai Media Jigsaw Puzzle Competition Pada Pembelajaran Ipa-Fisika DI SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(2), 115–122. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/23249%0Ahttps://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/download/23249/9395
Astari, N. C., Zawawi, I., & Janahi, S. R. (2024). Peningkatan Minat Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kelas VIII A SMP Negeri 2 Kencong. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 30(1), 154. https://doi.org/10.30587/didaktika.v30i1.7433
F, C., & Wibawa, S. (2024). Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Puzzle Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Sd. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/issue/view/475), 4549–4560.
Fadhilah, N., & Mukhlis, A. M. A. (2023). Pengaruh Disiplin Belajar dan Interaksi Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 473–481. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4533
Fitrianingsih, R., Sudiarti, D., Hakim, M., & Author, C. (2023). Penerapan Media Augmented Reality Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Ipa Pada Materi Sistem Ekskresi Application of Augmented Reality Media To Increase Interest and Results in Science Study in Excretion System Materials. Jurnal Biologi Dan Konservasi, 5(1).
Haqque, A., Hasbiyati, H., & Afandi, B. (2023). Pengaruh Multimedia Buku Digital Materi Pencemaran Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Siswa. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(2), 234–241. https://doi.org/10.29100/.v5i2.4097
Hayati, I. A., & Yamin, Y. (2023). Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Cerita Dongeng Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 440–444. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.3043
Izzah, N., Asrizal, A., & Festiyed, F. (2021). Meta Analisis Effect Size Pengaruh Bahan Ajar IPA dan Fisika Berbasis STEM Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1), 114. https://doi.org/10.24127/jpf.v9i1.3495
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan T. (2022). Permendibudristek No 9 Tahun 2022. 8.5.2017, 2003–2005.
Lestari, D. I., & Kurnia, H. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Inovatif Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di Era Digital. JPG : Jurnal Pendidikan Guru, 4(3), 205–222.
Lubis, L. A., Aina, T., & Wandini, R. R. (2024). Penggunaan Media Puzzle Pecahan dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III pada Pelajaran Matematika. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat , 4(3), 250–255. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v4i3.1397
Maulidah, A. N., & Aslam, A. A. (2021). Penggunaan Media Puzzle secara Daring terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD. Mimbar Ilmu, 26(2), 281. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.37488
N.W. Melyaningsih, I.M. Sugiarta, & I.M. Ardana. (2021). Efektivitas Model Problem Based Instruction Berbantuan Jigsaw Puzzle Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas Vii Smp N 2 Banjarangkan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 10(2), 61–70. https://doi.org/10.23887/jppmi.v10i2.1033
Nurpratiwiningsih, L., & Mumpuni, A. (2019). Pengaruh Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 1(01), 1–6. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v1i01.52
Pondoki, P. H., Wiesje, Z., Warouw, M., & Rungkat, J. A. (2023). Terhadap Hasil Belajar Ipa Materi Pencemaran Lingkungan Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 6 Tondano the Effect of Using Steam-Based Animation Media on Natural Science Learning Outcomes on Environmental Pollution in Class Vii Students of Smp Negeri 6 Tondano. 6(1).
Prabowo, R. A., Hita, I. P. A. D., Lubis, F. M., Patimah, S., Eskawida, E., & Siska, S. (2023). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Dribbling Permainan Bola Basket. Journal on Education, 5(4), 12648–12658. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2253
Shodiqin, A. S. (2022). Sistem Ekskresi Manusia Dan Upaya Menjaga Kesehatan. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 1–45.
Syahirah, M., Anwar, L., & Holiwarni, B. (2020). Pengembangan Modul Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering And Mathematics) Pada Pokok Bahasan Elektrokimia. Jurnal Pijar Mipa, 15(4), 317–324. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i4.1602
Yunita, S., & Supriatna, U. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Puzzle terhadap Hasil Belajar Siswa.Syntax Idea
,3(8), 1999-2006.