ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) SISWA PADA PRAKTIKUM IPA DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP KABUPATEN SERANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan proses sains siswa pada proses praktikum mandiri di salah satu sekolah SMP di wilayah kabupaten serang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan mengguanakan metode survei, sampel yang digunakan adalah siswa kelas 8 MTs Negeri 1 Serang. Populasi 228 siswa dengan jumlah sampel 36 peserta didik. Hasil keterampilan proses sains siswa diperoleh dari pengamatan terhadap RPP dan LKPD yang ada di sekolah serta dengan mengamati langsung proses praktikum secara mandiri yang dilakukan oleh peserta didik. Pada penelitian ini ada 6 aspek keterampilan proses sains yang diamati dalam proses praktikum yang dilakukan secara mandiri oleh peserta didik yakni: pengamatan, klasifikasi, pengukuran, pengkomunikasian dan menarik kesimpulan. Presentase yang didapat pada proses praktikum mandiri pada aspek pengamatan 64,8% masuk ke dalam kategori baik, klasifikasi 64,4% dengan kategori baik, pengukuran 59% kategori cukup, pengkomunikasian 52% kategori cukup dan menarik kesimpulan 48% kategori kurang. Hasil dengan kategori kurang disebabkan oleh beberapa aspek seperti susahnya akses media pembelajaran, kurangnya motivasi belajar dan tidak mendukungnya lingkungan sekitar.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Agustina, S., Muslim, M., & Taufik. (2015). ANALISIS KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA PADA PRAKTIKUM BESARAN DAN PENGUKURAN KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. JURNAL INOVASI DAN PEMBELAJARAN FISIKA. http://fkip.unsri.ac.id/index.php/menu/104
Baety, D. N., & Munandar, D. R. (2021). Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring Dalam Menghadapi Wabah Pandemi Covid-19. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(3), 880–989. https:// doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.476
Baidar Aldilla, S., Marianingsih, P., Nulhakim, L., Pendidikan Biologi, J., & Sultan Ageng Tirtayasa, U. (2016). PROFIL KECAKAPAN AKADEMIK SISWA MELALUI PRAKTIKUM BERBASIS GUIDED INQUIRY PADA KONSEP SISTEM PERNAPASAN. JPPI, 2(1), 1–17.
Berlian, L., Taufik, A. N., Mulyani, S. M., Nulhakim, L., & Juansah, D. E. (2023). Validity of Research-Oriented General Physiology Learning Tools to Support Science Process Skills. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 9(1), 124. https:// doi.org/10.30870/jppi.v9i1.18238
Carmila, M. (2022). Analisis Muatan Keterampilan Proses Sains Pada Lembar Kerja Peserta Didik SDS Bruder Kanisius Pontianak. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 2(2), 2809–476. https://doi.org/10.47709/jpsk.v2i2.1812
Darmaji, Kurniawan, D. A., Parasdila, H., & Irdianti. (2018). Deskripsi Keterampilan Proses Sains Mahasiswa pada Materi Termodinamika. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(3), 345. https://doi.org/10.20527/bipf.v6i3.5290
DR. NURSAPIA HARAHAP, M. H. (2020). BUKU METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF (Dr. Hasan Sazali M.A, Ed.). Wal ashri Publishing.
Elvanisi, A., Hidayat, S., & Fadillah, E. N. (2018). Analisis keterampilan proses sains siswa sekolah menengah atas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 245–252. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i2.21426
Fajrina, S., Nulhakim, L., & Taufik, A. N. (2021). Pengembangan Instrumen Performance Assessment Praktikum untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa SMP Kelas VIII pada Tema Makananku Kesehatanku. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 105–112. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.105-112
Harahap, S. H. (2018). Strategi Membangun Penelitian Terapan yang Bersinergi dengan Dunia Industri, Pertanian dan Pendidikan dalam Meningkatkan Daya Saing Global. https://about.draw.io/about-us/
Janah, M. C., Widodo, A. T., & Kasmui. (2018). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(1), 2097–2107. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jipk.v12i1.13301
Jumadi, J., Sunarno, W., & Aminah, N. S. (2018). PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP PADA MATERI KALOR. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 7(2), 262. https://doi.org/10.20961/ inkuiri.v7i2.22986
Juraedah, Muh. Nasir, & Fahruddin. (2023). Implementasi Pratikum Biologi Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Negeri 3 Kota Bima Tahun Pelajaran 2022/2023 (Vol. 2, Issue 3).
Jusmiana, A., & Herianto. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP DI ERA PANDEMI COVID-19. Pedagogy, 5(2), 1–11.
Lepiyanto, A. (2014). ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM. BIOEDUKASI Jurnal Pendidikan Biologi, 5(2), 156–161. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/bioedukasi.v5i2.795
Masruri, A., Kuntoro, S. A., & Arikunto, S. (2016). PENGEMBANGAN KOMPETENSI DAN PENDIDIKAN BERKELANJUTAN PUSTAKAWAN PTAIN: STUDI KASUS DI PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 4(1), 1–14. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jppfa.v4i1.9818
MuhAmin, A. (2022). Pelatihan Penerapan Model Pembelajaran Inovatif dan Praktikum Sains Biologi Pasca Pandemi Covid-19. NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 142–149. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/nusantara.v2i4.1023
Oktaviani, I., Agus Rini, I., Maria Ulfah, M., & Dodi Andriana, A. (2021). PENGENALAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING BERBASIS STEM UNTUK GURU IPA DI SMAN 9 BANDAR LAMPUNG. Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah, 1(1), 77–88. https://doi.org/10.46306/jub.v1i1
Prasasti, P. A. T. (2017). EFEKTIVITAS SCIENTIFIC APPROACH WITH GUIDED EXPERIMENT PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MEMBERDAYAKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SEKOLAH DASAR. Profesi Pendidikan Dasar, 4(1), 19–26.
Puspita, A. R., Paidi, & Nurcahyo, H. (2017). ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS LKPD SEL DI SMA NEGERI KOTA BEKASI. Jurnal Prodi Pendidikan Biologi, 6(3), 164–170. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/edubio.v6i3.7972
RIANA SUSANTI. (2023). PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN SOAL HOTS MATA PELAJARAN IPA. Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 74–82.
Sumargiyani, S., & Shafwa Maitsa Adzra Tsani. (2024). Pengembangan LKPD Elektronik Materi Bentuk Aljabar Berbasis Model Discovery Learning Menggunakan LiveWorksheets. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 14(2), 317–323. https://doi.org/ 10.37630/jpm.v14i2.1533
Ubaidillah, M. (2016). PENGEMBANGAN LKPD FISIKA BERBASIS PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KETERAMPILANBERPIKIR TINGKAT TINGGI. Jurnal EduFisika, 1(2), 9–20.
Widya Ulfa. (2016). PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM: UPAYA MENGEMBANGKAN SIKAP ILMIAH SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI: Vol. VI (Issue 1).
Zannurain Muslimin, Adnan, & Muhammad Junda. (2022). UJI VALIDITAS PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) ELEKTRONIK BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN KELAS XI SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 85–90.