ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS GAME DALAM MATA PELAJARAN IPA DI SMP: LITERATURE REVIEW

Niken Putri Arina
Viki Hanimatussyaadah
Siti Nur Bahiroh
Rizka Elan Fadilah


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i1.5999

Abstract


Menganalisis penerapan pembelajaran berbasis game (PBGB) dalam konteks mata pelajaran IPA di SMP. Tujuan riset peneliti yakni untuk mengukur keterlibatan siswa dalam pembelajaran IPA di SMP serta mengevaluasi pencapaian pembelajaran. Riset penelitian melibatkan pengumpulan data melalui metode deskriptif kualitatif jenis studi literatur (literature study). Hasil studi menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis game dapat signifikan meningkatkan keterlibatan siswa serta prestasi belajar mereka dalam IPA. Melalui analisis berbagai sumber literatur, termasuk jurnal akademis dan buku teks, penelitian ini mengeksplorasi berbagai strategi PBGB yang telah diterapkan dan hasil evaluasi mereka terhadap pencapaian belajar siswa. Temuan menunjukkan bahwa PBGB mampu menciptakan lingkungan pembelajaran yang menarik dan interaktif, memungkinkan siswa untuk belajar dengan cara yang lebih menyenangkan dan terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu, penggunaan game dalam pembelajaran IPA dapat membantu siswa memahami konsep-konsep abstrak dengan lebih baik melalui simulasi dan eksperimen virtual yang realistis.


Keywords


Pembelajaran berbasis game; IPA; SMP; Studi literatur

Article Metrics :

References


Aditia, A & Hamka, D. (2021). Penggunaan Game Edukasi Digital Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam : Persepsi dan Pengetahuan Siswa. Jurnal Pendidik Indonesia. 2 (1) : 76-83.

Chaliq, M. A., & Toifur, M. (2024). Analisis Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (SAINS) Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Sains dan Teknologi, 6(1), 88-95.

Chasanah, L., & Dewi, N. R. (2015). Pengembangan Science Poly Game Berbasis Kontekstual sebagai Media Science-Edutainment pada Materi Kalor dan Perpindahannya untuk Siswa Kelas VII SMP. Unnes Science Education Journal, 4(2), 1167–1174.

Chusniyah, I., Dewi, N. R., & Pamelasari, S. D. (2016). Keefektifan Permainan Monopoli Berbasis Science Edutainment Tema Tata Surya Terhadap Minat Belajar Dan Karakter Ilmiah Siswa Kelas VIII. USEJ - Unnes Science Education Journal, 5(2), 1242–1252.

Darmawan, H., Nawawi, & Famula, G. (2018). Pengembangan Physics World Adventure Berbasis Game Edukasi. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 01(02), 108–113.

Djamen, A. C., P.T.D. Rompas., & M. Ratumbanua. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SMP. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan komunikasi. 2(1) : 65-76.

Fatihah, N., Khomsati, N. N., & Setiaji, B. (2023). Efektivitas Game Epic Skater 2 Sebagai Media Simulasi Bermain Skateboard Menggunakan Konsep Fisika Kinematika 2 Dimensi. JFT: Jurnal Fisika Dan Terapannya, 10(1), 47–56. https://doi.org/10.24252/ jft.v10i1.34688

Fitrianingsih, M., Widiyatmoko, A., & Pamelasari, S. D. (2022, August). Analisis Instrumen Penilaian Hots Berbasis Game Mata Pelajaran Ipa Untuk Pembelajaran Jarak Jauh. In Proceeding Seminar Nasional IPA (pp. 116-126).

Hayati, S. N., & Putro, K. Z. (2021). Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini. Generasi Emas, 4(1), 52–64. https://doi.org/10.25299/jge.2021.vol4(1).6985

Hidayatulloh, S., Praherdhiono, H., & Wedi, A. (2020). Pengaruh Game Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pemahaman Ilmu Pengetahuan Alam. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(2), 199–206. https://doi.org/10.17977/ um038v3i22020p199

Iskandar, M.L. (2017). Penerapan Metode Permainan Edukatif dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MI Ma’arif NU 1 Pageraji. Skripsi. Purwekerto: IAIN Purwokerto.

Januar, M. C. (2023). Persepsi Siswa Terhadap Gamifikasi Quizizz Dalam Pembelajaran Ppkn Di Smkn 1 Serang. Academy of Education Journal, 14(2), 348–358 . https://doi.org/10.47200/ aoej.v14i2.1664

Kartikaningtyas, D., Yulianti, D., & Pamelasari, S. D. (2014). Pengembangan Media Game Ular Tangga Bervisi Sets Tema Energi pada Pembelajaran IPA terpadu untuk Mengembangkan Karakter dan Aktivitas Siswa SMP/MTs. Unnes Science Educational Journal, 3(3), 662–668.

Khoiri, N., Ristanto, S., & Kurniawan, A. F. (2023). Project-Based Learning Via Traditional Game in Physics Learning: Its Impact on Critical Thinking, Creative Thinking, and Collaborative Skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 12(2), 286–292. https:// doi.org/10.15294/jpii.v12i2.43198

Nikmah, S., & Halidjah, S. (2020). Penggunaan Metode Permainan dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 11 Sungai Melayu Rayak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 2(3).

Qolbyatin, N. A., Septaria, K., & Wulandari, S. A. (2023). Quartet Learning Media and Student Argumentation: Development Analysis and Correlation in Science Learning in Junior High Schools. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 4(2), 138–150. https:// doi.org/10.21154/insecta.v4i2.7012

Sujalwo & Sukirman. (2017). Pengembangan Game Berbasis Komputer sebagai Media Pembelajaran IPA Terpadu Kelas VIII SMP. Jurnal Managemen Pendidikan. 12(2) : 239-247.

Winarni, D. S., Naimah, J., & Widiyawati, Y. (2019). Pengembangan Game Edukasi Science Adventure Untuk Meningkatkan Keterampilan pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(2), 91–100. https://doi.org/10.24815/ jpsi.v7i2.14462

Yanti, D. (2020). Pengaruh Alat Permainan Edukatif dan Kepercayaan Diri Terhadap Pengetahuan Ipa Awal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Vol 1, No. 1

Triowathi, N., & A. Wijayanti. (2018). Implementasi Team Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan kerjasama dan hasil belajar IPA. Jurnal Pijar MIPA. 13(2) : 110-118.