IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA SMP MENGGUNAKAN FOUR- TIER DIAGNOSTIC TEST PADA MATERI FOTOSINTESIS
Abstract
Penelitian ini tujuannya guna mendeteksi dan mengidentifikasi miskonsepsi di SMP atas materi Fotosintesis. Metode yang dipakai atas penelitian ini deskriptif dengan jenis penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan secara acak (simple random sampling) terhadap 162 peserta didik kelas VIII atas satu diantara SMP pada Kabupaten Pasuruan dan memakai instrument Four-Tier Diagnostic Test sebanyak 15 soal serta wawancara mendalam dengan beberapa peserta didik. Hasil penelitian yang telah dilakukan memperlihatkan bahwasanya rata-rata miskonsepsi yang didapat oleh peserta didik atas materi fotosintesis dikelompokkan atas kategori sedang dikarenakan hasil presentase yang dieproleh yakni 34,33% memahami konsep, 58,93% miskonsespi, dan 6,53% tidak memahami konsep.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Ciptasari, Anggun Novita, Eny Hartadiyati Wasikin H, Risno Setiyono, dan Prodi Pendidikan Biologi. 2024. “Analisis Butir Soal Tes Objektif Penilaian Tengah Semester Mata Pelajaran Evolusi dan Bioteknologi.” Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 393–402. https://doi.org/https://doi.org/10.29100/.v6i2.4488.
Ergantara, Dimas, dan Eka Yuliana Sari. 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi 3D Berbasis Aplikasi Z-Cut dan CapCut pada Pembelajaran IPAS Kelas IV Materi Fotosintesis di SDN 1 wajakkidul boyolangu tulungaung” 7: 14882–94. https://doi.org/https:// doi.org/10.31004/jptam.v7i2.8751.
Fariyani, Qisthi, Ani Rusilowati, dan Sugianto. 2015. “pengembangan four-tier diagnostic test untuk mengungkap miskonsepsi fisika siswa sma kelas X.” Journal of Innovative Science Education 4 (2): 41–49. https://journal.unnes. ac.id/sju/jise/article/view/9903.
Haerunnisa, Prasetyaningsih, dan Lulu Tunjung Biru. 2022. “Analisis Miskonsepsi Siswa SMP pada Konsep Getaran dan Gelombang.” pendIPA journa of sceince education 6 (2): 428–33. https://doi.org/https://doi.org/ 10.33369/pendipa.6.2.428-433.
Irianti, Erika. 2021. “Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Cahaya Menggunakan Four Tier Diagnostics Test.” Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha 11 (2): 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpf.v11i2.33247.
Khairunisa. 2023. “miskonsepsi dan pemahaman materi fotosintesis pada sekoah menengah atas di kabupaten pamekasan.” Biopedagogia 5 (1): 13–25. https://doi.org/https://doi.org/10.35334/biopedagogia.v5i1.3393.
Laily, Istighfirin. 2015. “Profil Miskonsepsi Siswa Pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan.” BioEdu 4 (3): 21–30.
Listya, Devina. 2018. “pengembangan dan implementasi four-tier diagnostic test untuk mengungkap miskonsepsi pada materi fotosintesis kelas VII di ms al-hikmah tayan hilir.” Skripsi.
Machshunah, Ayu Ayatul. 2019. “Profil Miskonsepsi Pada Materi Fotosintesis dan Respirasi Tumbuhan Menggunakan Three-Tier Multiple Choice Diagnostic Test.” BioEdu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi 8 (2): 201–7.
Maryam, Eka. 2020. “Identifikasi miskonsepsi menggunakan Three-tier diagnistic test berbasis google form pada pokok bahasan potensial listrik.” Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika 2 (2): 149–62. https://doi.org/https://doi.org/10.31540/sjpif.v2i2.1083.
May, Purwanti winda, dan Sunu Kuntjoro. 2020. “profil miskonsepsi materi ekologi menggunakan four-tier test pada peserta didik kelas X sma.” BioEdu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi 9 (3): 414–21. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/bioedu.v9n3.p414-421.
Missa, Laurensia, Ruth N K Mellu, dan Demeryati Langtang. 2020. “Pengembangan Alat Evaluasi Fisika Untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas VIII SMP Negeri Oenino,” 164–69. https://doi.org/10.22146/ jfi.v24i3.57639.
Nadhiful, Walidayah Nining Hidayatun, Tri Jalmo, dan Yolida Berti. 2017. “Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Fotosintesis dan Respirasi Tumbuhan.” Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah.
Nasution, Rizki Halimah, Tommy Tanu Wijaya, M. Jaya Adi Putra, dan Neni Hermita. 2021. “Analisis Miskonsepsi Siswa SD pada Materi Gaya dan Gerak.” Journal of Natural Science and Integration 4 (1): 11. https://doi.org/ 10.24014/jnsi.v4i1.10851.
Pradina, Laily Eka, dan Yuliani Yuliani. 2020. “Profil Miskonsepsi Siswa pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan Menggunakan Three-Tier Multiple Choice Test.” Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 9 (2): 310–18. https://doi.org/10.26740/ bioedu.v9n2.p310-318.
Puspitasari, Pipit, Tri Jalmo, dan Berti Yolida. 2017. “Identifikasi miskonsepsi siswa pada materi Fotosintesis dan respirasi Tumbuhan,” no. 1: 1–10.
Sugiyono. 2015. Metode penelitian pendidikan.
Tri, Samiha yulia, Agusta Erie, dan Rolahnoviza Gestri. 2017. “Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di SMPN 4 Penukal Utara Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Pendopo.” Bioilmi 3 (1): 38–46. https://doi.org/https ://doi.org/10.19109/bioilmi.v3i1.1338.
Widiarti, Ayu, Widowati Budijastuti, dan Raharjo. 2020. “Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Konsep Sistem Reproduksi Dengan Menggunakan Three Tier Test pada Kelas IX SMP YPM 1 Sidoarjo,” 86–90.
Wilantika, Nurul, Nur Khoiri, dan Saifullah Hidayat. 2018. “pengembangan penyusunan instrumen four-tier diagnostic test untuk mengungkap miskonsepsi materi sistem ekskresi di sma negri 1 mayong jepara.” Jurnal phenomenon 08 (2): 200–214. https://doi.org/https://doi.org/10.21580/phen.2018.8.2.2699.
Yeni, Puspitasarii, Salsabiela Praha Reza Karima, Bachtiar Yusuf, dan Prayitno Baskoro Adi. 2019. “Identifikasi miskonsepsi materi jaringan tumbuhan pada mahasiswa pendidikan biologi di salah satu universitas di surakarta.” BIOEDUKASI Jurnal Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Metro 10 (2): 171–78. https://doi.org/https:// doi.org/10.24127/bioedukasi.v10i2.2494.
Yona, Fitri, dan Aldeva Ilhami. 2022. “Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VIISMP Negeri 1 Tebing Tinggi Timur Kabupaten Kepulauan Meranti.” Journal of natural science learning 01 (01): 19–26. https://jom.uin-suska.ac.id/ index.php/JNSL/article/view/12.
Yuliana, Ina. 2023. “miskonsepsi dan metode identifikasinya.” Jurnal pendidikan undiksha 13 (1): 267–75.
Zakiah, Nurfadilah, dan Rochintaniawati Diana. 2021. “Analisis Miskonsepsi Materi Ekosistem Pada Siswa Kelas X.” ISEJ: Indonesian Science Education Journal 2 (3): 151–57. https://www.sid ucat.org/index.php/isej/article/view/326.