IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SAVI TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI GERAK HARMONIK SEDERHANA

Safira Nur'ilma
Stepanus Sahala S.
Hamdani Hamdani


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i1.5992

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dan motivasi belajar pada materi gerak harmonik sederhana setelah implementasi model pembelajaran somatis, auditori, visualisasi, dan intelektual (SAVI) di MAN 1 Pontianak. Penelitian dilaksanakan dengan metode eksperimen dengan dua perlakuan yaitu penerapan model pembelajaran SAVI (eksperimen 1) dan model pembelajaran ekspositori (eksperimen 2). Variabel yang diukur yaitu hasil belajar dan motivasi belajar. Ada 10 soal pilihan ganda untuk hasil belajar dan 40 butir pertanyaan di lembar angket motivasi belajar yang diberikan kepada setiap peserta didik yang dijadikan sampel dari masing-masing kelas. Data dianalisis dengan independent sample t-test yang dibantu dengan program IBM SPSS Statistic 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran SAVI secara signifikan mempengaruhi hasil belajar dengan efektivitas sedang. Selain itu, diketahui model pembelajaran SAVI lebih berpengaruh secara positif terhadap hasil belajar peserta didik pada materi yang memiliki tingkat kesulitan tinggi.  Motivasi belajar peserta didik pada model pembelajaran SAVI secara signifikan lebih besar dibanding pada model pembelajaran ekspositori


Keywords


Gerak harmonik sederhana; hasil belajar; model pembelajaran SAVI; motivasi belajar

Article Metrics :

References


Agustianti, S. (2020). Penerapan model SAVI untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas XI. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1596-1608.

Alfiani, D. A. (2016). Penerapan model pembelajaran SAVI (somatis, auditori, visual, intelektual) terhad-ap hasil belajar anak usia dini, Jurnal Pendidikan Anak.

Arbayah. (2013). Model pembelajaran humanistik. Dinamika Ilmu, 13 (2), 205.

Armawati, Samad, A., & Azis, A. (2015). Penerapan model pembelajaran SAVI (somatic, auditori, visual, dan intelektual) dapat meningkatk-an hasil belajar fisika pada peserta didik kelas VII.A SMP Aisyiyah Sungguminasa. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2), ISSN: 2302-8939.

Ashri, A. A. (2020). Pengaruh model pembelajaran SAVI (somatic, audi-tory, visual, intellectual) terhadap hasil belajar IPS di kelas v SDN 112312 simpang empat [Skripsi]. Diperoleh dari http://repository.uinsu.ac.id/10691/1/SKRIPSI%20AAN%20oke.pdf.

Astawan, I G., Sudana, D. N. (2014). Penerapan model pembelajaran SAVI bermuatan peta pikiran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD. Jurnal Sekolah Dasar, 23(2), 170-176.

Becker, K., & Park, K. (2011). Effects of integrative approaches among science, technology, engineering and mathematics (STEM) subjects on students' learning : a preliminary meta-analysis. Journal of STEM Education, 12(5&6), 23-37.

Budi, K. (2008). Berbagai strategi untuk melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran fisika di SMU, efektifitasnya, dan siap mereka pada strategi tersebut. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma. Dalam Damiano, Agustinus Cristian. (2017). Pengetahuan guru tentang tujuan pembelajaran fisika dan pengaruhnya terhadap proses pembelajaran (studi kasus mengenai 2 guru fisika). [Skripsi]. Diperoleh dari https://repository.usd.ac.id/15651/

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Pembelajaran pada Pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Jakarta: Depdikbud. Diunduh dari https://buku.yunandracenter.com/produk/permendikbud-2014-103-pembelajaran-di-dikdas-dan-dikmen/.

Fitriyaningsih, Jamzuri, & Rahardjo, D. T. (2014). Penenerapan pendekatan somatic, auditory, visual, intellect-ualy (SAVI) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika siswa kelas XI di SMA Negeri 3 Boyolali tahun pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(2), 30, ISSN 2338-0691. Diunduh di https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pfisika/article/ view/4674.

Hartata. (2019). Model pembelajaran prob-lem based learning (pbl) sebagai upaya meningkatkan motivasi dan prestasi belajar sejarah (peminatan). Jurnal Pendidikan.

Izzah, N., Asrizal, & Festiyed. (2021). Meta analisis effect size pengaruh bahan ajar IPA dan fisika berbasis stem terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1), 114-132.DOI: http://dx.doi.org/10. 24127/jpf.v9il.3495.

Kanginan, M. (2016). Fisika untuk SMA/MA kelas X. Jakarta: Erlangga.

Kerlinger, F. N. (2006). Asas-asas penelitian behavioral. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Listiana, L. (2023). Pengaruh model pembelajaran SAVI (somatik, audio, visual, dan intelektual) terhadap motivasi dan hasil belajar matematika pada materi pecahan di MI Al-hidayah Kota Batu [Tesis]. Diperoleh dari http://etheses.uin-malang.ac.id/47105/.

Listiyani, L. (2012). Peningkatan motivasi belajar IPA pada materi cahaya melalui model pembelajaran kooperatif tipe teams games-tournament siswa kelas V SDN Godean 2 tahun ajaran 2011/2012 [Skripsi]. Diperoleh dari https://eprints.uny.ac.id/7840/5/LAMPIRAN%20-%20%20081082410 43.pdf.

Mahdalena, R. (2019). Analisis motivasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran SAVI pada kelas 4 SDN 2 Jirak. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar dan Pendidikan Dasar, 2(1), 90-170.

Meier, D. (2004). The accelerated learning handbook. Bandung: Kaifa.

Ruseffendi, E.T. (2006). Pengantar kepada membantu guru mengemb-angkan kompetensinya dalam pengajaran matematika untuk meningkatkan CBSA. Bandung : Tarsito.

Saputri, K. Y., Sudiyanto, & Ivada, E. (2015). Penggunaan metode peer lessons dilengkapi media powerpo-int untuk meningkatkan motivasi belajar akuntansi, Jurnal Tata Arta UNS, 1(2), 179-187. Diunduh di https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/tataarta/article/download/6520/4447.

Sardiman. (2020). Interaksi & motivasi belajar mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2011). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suherman, Erman dkk. 2003. Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.