PENERAPAN DINAMIKA KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN SOSIAL
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Arifin, Bambang Syamsul. 2015. Dinamika Kelompok. Bandung: CV Pustaka Setia.
Arikunto, & Suharsimi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.
Caldarella, P. & Merrell, K. 1997. Common Dimensions of Social Skills of Children and Adolescents: A Taxonomy of Positive Behaviors. School Psychology Review, vol. 26 (2), 264-278.
Hamalik. 2006. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Maryani, Enok. 2011. Pengembangan Program pembelajaran IPS untuk Peningkatan Keterampilan Sosial. Bandung: Alfabeta.
Merrell, K. 2003. Behavioral Social and Emotional Assesment of Children and Adolescents. New Jersey: Lawrene Erlbaum Associates, Inc., Publishers.
Minarni, A. 2014. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis dan Keterampilan Sosial Siswa SMP di Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA, Vol.6, No.2. (Online), (http://digilib.unimed.ac.id/public/UNIMED-Article-29444-Jurnal%20162-174.pdf diakses 20 Juni 2015).
Naijan.2014. Pengaruh Metode Pembelajaran dan Sikap Sosial Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMAN 12 Tangerang Selatan, Journal Pendidikan Sejarah Vol: 3(1).
Ngalim, Purwanto. 2006. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurhayati, Sri Indah Rahayu. 2020. Pengaruh Metode Pembelajaran Listening Team dengan Strategi Dinamika Kelompok terhadap Keterampilan Sosial Siswa Kelas X Mipa 2 pada Pembelajaran Sejarah di Sma Negeri 1 Ngimbang Lamongan, Jurnal Pendidikan Sejarah AVATARA, Vol.9(2).
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (19th ed.). Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Syarifah, Ade. 2020. Peningkatan Keterampilan Sosial Melalui Metode Experiential Learning pada Siswa Kelas Viii A SMP Negeri 1 Plumbon, Cirebon, Jawa Barat. (Skripsi Sarjana, Universitas Negeri Yogyakarta) https://epints.uny.ac.id/view/73855/1/fulltext-Adesyarifah.pdf)
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pelajar (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara
Ulum, Chafidatul. 2018. Keterampilan Sosial Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik di Kelas V MI Muhammadiyah Selo Kulon Progo. AL-BIDAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, Vol. 10 (2).