PENERAPAN DINAMIKA KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN SOSIAL

Danda Eka Santika
Dewi Ratna Sari
Siti Nurul Hidayati


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i1.5988

Abstract


Rendahnya hasil belajar dan keterampilan sosial siswa menjadi latar belakang dilakukannya penelitian tindakan kelas ini. Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan sosial siswa melalui dinamika kelompok. Metode penelitian ini menggunakan desain Kemiis dan Mc.Taggart yang dilakukan sebanyak 2 (dua) siklus dengan instrument penelitian berupa lembar observasi keterampilan sosial dengan 4 (empat) aspek dan lembar soal pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil rata-rata empat aspek keterampilan sosial dimana pra-siklus memperoleh hasil sebesar 51% dan tergolong kategori sangat kurang hingga setelah tindakan keterampilan sosial siswa pada siklus 1 meningkat menjadi 67% dengan katagori cukup hingga kategori baik pada siklus 2 dengan jumlah sebesar 85%. Hasil belajar mengalami peningkatan dari 39% menjadi 79% pada siklus pertama dan dari 28% menjadi 86% pada siklus kedua.

Keywords


Dinamika Kelompok; Keterampilan Sosial; Hasil Belajar

Article Metrics :

References


Arifin, Bambang Syamsul. 2015. Dinamika Kelompok. Bandung: CV Pustaka Setia.

Arikunto, & Suharsimi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Caldarella, P. & Merrell, K. 1997. Common Dimensions of Social Skills of Children and Adolescents: A Taxonomy of Positive Behaviors. School Psychology Review, vol. 26 (2), 264-278.

Hamalik. 2006. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Maryani, Enok. 2011. Pengembangan Program pembelajaran IPS untuk Peningkatan Keterampilan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Merrell, K. 2003. Behavioral Social and Emotional Assesment of Children and Adolescents. New Jersey: Lawrene Erlbaum Associates, Inc., Publishers.

Minarni, A. 2014. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis dan Keterampilan Sosial Siswa SMP di Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA, Vol.6, No.2. (Online), (http://digilib.unimed.ac.id/public/UNIMED-Article-29444-Jurnal%20162-174.pdf diakses 20 Juni 2015).

Naijan.2014. Pengaruh Metode Pembelajaran dan Sikap Sosial Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMAN 12 Tangerang Selatan, Journal Pendidikan Sejarah Vol: 3(1).

Ngalim, Purwanto. 2006. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurhayati, Sri Indah Rahayu. 2020. Pengaruh Metode Pembelajaran Listening Team dengan Strategi Dinamika Kelompok terhadap Keterampilan Sosial Siswa Kelas X Mipa 2 pada Pembelajaran Sejarah di Sma Negeri 1 Ngimbang Lamongan, Jurnal Pendidikan Sejarah AVATARA, Vol.9(2).

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (19th ed.). Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Syarifah, Ade. 2020. Peningkatan Keterampilan Sosial Melalui Metode Experiential Learning pada Siswa Kelas Viii A SMP Negeri 1 Plumbon, Cirebon, Jawa Barat. (Skripsi Sarjana, Universitas Negeri Yogyakarta) https://epints.uny.ac.id/view/73855/1/fulltext-Adesyarifah.pdf)

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pelajar (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara

Ulum, Chafidatul. 2018. Keterampilan Sosial Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik di Kelas V MI Muhammadiyah Selo Kulon Progo. AL-BIDAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, Vol. 10 (2).