PENGEMBANGAN E-MODUL IPA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI BUMI DAN TATA SURYA KELAS VII SMP

Yovita Yovita
Nurwidia Ningsih
Subhan Subhan
Rian Vebrianto


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i2.5963

Abstract


Salah satu paradigma yang dapat diterapkan untuk pembelajaran berbasis proyek dan pengajaran yang memungkinkan siswa untuk bekerja pada proyek adalah belajar berbasis projek. (PJBL). Tujuan dari proyek ini adalah untuk mengembangkan IPA E-Modul yang akan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah menengah pada topik Bumi dan tata surya. Para peneliti menggunakan pengembang R&D (Research and Development) sebagai teknik penelitian mereka. Empat fase utama dari model pengembangan 4D adalah definisi atau definisi, desain atau desain tahap, mengembangkan atau adalah tahap pengembangan, dan menyebarkan atau tahap penyebaran. Ini adalah model yang digunakan. Media, ahli material, dan temuan validator ahli membuktikan validitas materi. Validasi ahli media dan materi menerima skor rata-rata 88%, yang dianggap sangat valid. Selama pengembangan media, modul E menghasilkan skor Alpha Cronbach untuk pengujian keandalan yang lebih dari 0,6. untuk setiap indikasi, nilai Alpha Cronbach lebih besar dari 0.06.


Keywords


E-Modul; PjBL; Berpikir Kritis; Bumi dan Tata Surya

Article Metrics :

References


Agnes Rofika Dewi. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Sains Peserta Didik Kelas Vii Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di Smp Negeri 6 Jember. In Skripsi (Vol. 5).

Amalia, Zahrina, Yulianti, Dwi, Rohman, Fatkhur, & Nurhanurawati, Nurhanurawati. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(4), 1875. https:// doi.org/10.35931/am.v7i4.2739

Ananda, Septivana Tia, & Sylvia, Ike. (2022). Pengembangan LKPD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sosiologi Kelas XI IPS SMAN 1 Payung Sekaki Kabupaten Solok. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 1(2), 143–158. https:// doi.org/10.24036/nara.v1i2.15

Anggraini, Putri Dewi, & Wulandari, Siti Sri. (2020). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299. https://doi.org/ 10.26740/jpap.v9n2.p292-299

Arikunto. (2015). Metode Penelitian. 49–60.

Arkadiantika, Irnando, Ramansyah, Wanda, Effindi, Muhamad Afif, & Dellia, Prita. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Reality Pada Materi Pengenalan Termination Dan Splicing Fiber Optic. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 29. https:// doi.org/10.24269/dpp.v0i0.2298

Astriani, Maya Masitha. (2020). Upaya Mengembangkan Kreativitas Mahasiswa Melalui Pembelajaran Model Project Based Learning. Jurnal Petik, 6(1), 36–40. https://doi. org/10.31980/jpetik.v6i1.738

Ayu Ariana Rahmawati. (2020). Implementasi E-Modul Ipa Terpadu Berbasis.

Darmastuti. (2023). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI VIRUS UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF SISWA Skripsi.

Dewi, Naomi Dias Laksita, & Prasetyo, Zuhdan Kun. (2016). Pengembangan instrumen penilaian IPA untuk memetakan critical thinking dan practical skill peserta didik SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 213. https://doi.org/10.21831/ jipi.v2i2.11963

Ernawati, Iis. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 204–210. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i2.17315

Hernawan, Asep Herry, & Resmini, Novi. (2005). Konsep Dasar dan Model-model Pembelajaran Terpadu. Pembelajaran Terpadu, 1–35. Retrieved from http://repository. ut.ac.id/4039/1/PDGK4205-M1.pdf)

Kamaruddin, Andi Nurwasiawati, Azis, Andi Asmawati, & Taiyeb, A. Mushawwir. (2021). Pengembangan elektronik modul (e-modul) berbasis socio scientific issues (SSI) terintegrasi Flip PDF Corporate Edition pada materi biologi kelas XI Sekolah Menengah Atas. Universitas Negeri Makassar, 1–11. Retrieved from http://eprints.unm.ac.id/20998/

Leksono, Suroso Mukti, & Biru, Lulu Tunjung. (2023). Jurnal Pendidikan MIPA. 13, 350–356.

Mahdalena. (2022). Penerapan Model Project Based Learning Dengan Media Tiga Dimensi Terhadap Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas Viii Di Mtsn 3 Banda Aceh. Braz Dent J., 33(1), 1–12.

Maulita, Pinasti Putri, Hidayat, Otib Satibi, & Hasanah, Uswatun. (2023). Analisis Kebutuhan E-Modul Berbasis Project Based Learning (Pjbl) Pada Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Kompetensi, 16(1), 168–175. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i1.135

Merti Triyanti1, Sulistiyono2. (2023). Jurnal Perspektif Pendidikan PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING Jurnal Perspektif Pendidikan. Prespektif Pendidikan, 17(2), 270–280.

Mi’rojiyah, Fajar Lailatul. (2016). Pengembangan Modul Berbasis Multirepresentasi pada Pembelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA Pascasarjana UM, Vol. 1, pp. 217–226.

Mijaya, N. P. Anggi Putri, Sudiatmika, A. A. I. Agung Rai, & Suardana, I. Nyoman. (2021). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Ipa Smp Kelas Vii Berbasis Model Pembelajaran Levels of Inquiry Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12(2), 220. https://doi.org/ 10.20527/quantum.v12i2.11258

Nafisah, Inas. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) melalui Pembuatan Awetan Bioplastik terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 12 Bandar Lampung pada Materi Keanekaragaman Makhluk Hidup. Skripsi. Univeristas Islam Negeri Raden Intan, 1–86. Retrieved from http://repository.radenintan. ac.id/3139/1/SKRIPSI_FIX.pdf

Nurjannati, Nana, Rahmad, M., & Irianti, Mitri. (2022). Development of E-Module Based on Science Literacy in Electromagnetic Radiation Lesson. Physics Education, 1(1), 1–11.

Okpatrioka. (2023). Research And Development (R & D) Penelitian yang Inovatif dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100.

Pratiwi, Indah, Azizah, Azizah, M.Akbar, Siti Zulqaidah, Pratama, Ryan Andhika, & Sitepu, Melyani Sari. (2022). Pengembangan E-Modul Discon Berbasis Android (E-Modul Disroid) pada Materi Cahaya bagi Siswa Sekolah Dasar. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(3), 209–222. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i3.1943

Puspa, Aniesa. (2020). Strategi Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Kuliah Penataan Rambut Aniesa. JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN, 22(2). https:// doi.org/10.21009/jtp.v22i2.16490

Rahzianta, & Hidayat, Muhammad Luthfi. (2016). Pembelajaran Sains Model Service Learning Sebagai Upaya Pembentukan Habits of Mind Dan Penguasaan Keterampilan Berpikir Inventif. Unnes Science Education Journal, 5(1), 1128–1137. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/ sju/index.php/usej

Salfia, Elwi. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-Modul Interaktif Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Integral SMA Kelas XII. Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, 1(1), 12–18. https:// doi.org/10.56495/jrip.v1i1.62

Sanaky, Musrifah Mardiani. (2021). Analisis Faktor-Faktor Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1), 432–439. https://doi.org/10.31959/ js.v11i1.615

Sartika. (2022). Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Pada Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Miuhammadiyah Makassar. (105441104118).

Widjaja, W., & Maulidya, S. (2020). The Effectiveness of Inquiry-Based Learning on Students’ Critical Thinking Ability in Mathematics. Journal of Physics: Conference Series, 1467(1), 12–99.

Widjathi, Sri Suwartini. (2021). Penggunaan alat peraga untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VII MTs. Nw Mataram materi pokok himpunan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(1), 30–48. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i1.20