PENGGUNAAN ADOBE FLASH CS6 SEBAGAI MEDIA KUIS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TINGKAT KOGNITIF PADA MATERI FLUIDA STATIS
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan Adobe Flash CS6 sebagai media kuis pada materi fluida statis di MAN 1 Pontianak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain The Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI IPA MAN 1 Pontianak dengan jumlah sampel yaitu 76 peserta didik kelas XI IPA 3 dan XI IPA 5. Data penelitian ini diperoleh dari instrumen tes soal berbentuk pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Adobe Flash CS6 sebagai media kuis dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran fluida statis. Hal tersebut dapat dilihat dari meningkatnya hasil belajar peserta didik yaitu 48,95 pada pretest menjadi 85,79 pada posttest sehingga diperoleh peningkatan hasil belajar peserta didik berdasarkan nilai n-gain yaitu 0,72 dengan kategori tinggi. Selain itu, berdasarkan analisis effect size pengguaan media kuis Adobe Flash CS6 menujukkan efek yang signifikan dengan kategori efek tinggi yaitu 1,035.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 93–196. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Farhan, A. A., Kartini, T., & Kantun, S. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Adobe Flash Cs6 Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Sistem Pembayaran Dan Alat Pembayaran. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(2), 236-241. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i2.8559
Fathurrahman. (2023). Analisis Proses Berpikir Siswa Smp Muhammadiyah dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 219-240. https://doi.org/https://doi.org/10.33627/sm.v7i2.1399
Gunawan, I., & Paluti, A. R. (2012). Taksonomi Bloom – Revisi Ranah Kognitif. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 2(2). https://doi.org/http://doi.org/10.25273/pe.v2i02.50
Irsalulloh, D. B., & Maunah, B. (2023). Peran Lembaga Pendidikan Dalam Sistem Pendidikan Indonesia. PENDIKDAS: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 04(02), 17–26.
Kristanti, M. O., Sahala, S., & Oktavianty, E. (2024). Penerapan Media Kartu Kata Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Tata Surya SMP. Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(2), 617–625.
Kurniawati, R., Wildaniati, Y., & Belajar, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Journal of Mathematics Education, 4(1), 35–42.
Maharani, D. A., & Rahmawati, I. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Tematik Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Team Quiz dan Media Teka Teki Silang. International Journal of Elementary Education, 3(2), 151–158.
Mardiana, S., & Sumiyatun, S. (2017). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Sejarah Di Sma Negeri 1 Metro. Jurnal Historia, 5(1), 45–54. https://doi.org/10.24127/hj.v5i1.732
Mawardi, M. (2018). Designing the Implementation of Model and Instructional Media. Scholaria:Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 26 - 40. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i1.p26-40
Muthoharoh, V., & Sakti, N. C. (2021). Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Adobe Flash CS6 Untuk Pembelajaran IPS Siswa Sekolah Menengah Atas. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 364 375. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.315
Nurdiansyah, N. M., Arief, A., Agustin, F. R., Hudriyah, Muassomah, & Mustofa, S. (2021). Rekonstruksi Pendidikan: Sebuah Kolaborasi Metode Quiz Team dan Kahoot dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, Dan Seni, 22(2), 93–106.
Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sd Negeri Kohod Iii. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 243 255. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa
Parwita, I. B. G., Dantes, N., & Natajaya, I. N. (2014). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Dengan Teknik Kuis Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Dengan Kovariabel Motivasi Belajar Pada Siswa SMA. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 4.
Rahma, R. (2020). Penggunaan Media Komik untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep IPA Pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas V di SDN Kampung Bulak 03 [Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/52062.1080/07352689.2018.1441103%0Ahttp://www.chile.bmw-motorrad.cl/sync/showroom/lam/es/
Ramadhan, N., & Khairunnisa. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Big book Subtema Indahnya Keberagaman Budaya Negeriku. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 49 60. https://journal.uinsi.ac.id/index.php/Tarbiyawat/article/view/3208
Rezeki, G. S., Ulfah, M., & Harjanti, D. T. (2023). Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Kelas Eksperimen Berbasis Media Kuis Adobe Flash CS6. 03(01), 11–20.
Rivaldi, F., Sitompul, S. S., & Mursyid, S. (2021). Model Pembelajaran ROPES Untuk Meremediasi Miskonsepsi Tekanan Zat Cair Siswa SMP Negeri 16 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 10(2), 1–11.
Sari, J. V. P. (2016). Pengaruh Intelegensi, Motivasi Belajar, dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas XI IPS di SMA Negeri Kota Mojokerto. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 4(2), 121 135. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jepk.v4n2.p121-135
Ulfah, & Arifudin, O. (2023). Analisis Teori Taksonomi Bloom pada Pendidikan di Indonesia. Jurnal Al-Amar (JAA), 4(1), 13–22.
Wulandari, D. D., Adnyana, P. B., & Santiasa, I. M. P. A. (2020). Penerapan E-Modul Interaktif Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi Kelas X. Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha, 7(2), 66–80.
Yazidah, N. I., Argarini, D. F., & Sulistyorini, Y. (2020). Pengembangan Soal HOTS pada Materi Aljabar. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2),68 78. https://doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2253
Zainudin. (2015). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 65–73.