ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL GERAK PARABOLA MENGGUNAKAN LANGKAH-LANGKAH I SEE

Rizka Zuliana
Stepanus Sahala Sitompul
Erwina Oktavianty


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i1.5949

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi profil kesalahan dan penyebab kesalahan dalam menyelesaikan soal gerak parabola. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan metode survei. Instrumen penelitian menggunakan tes uraian dan pedoman wawancara. Sampel tes uraian yaitu kelas XI B dengan jumlah 26 peserta didik, sedangkan informan wawancara berjumlah 6 peserta didik. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil analisis data menunjukkan bahwa profil kesalahan peserta didik yaitu identifikasi konsep sebesar 64,23%, menyusun solusi sebesar 73,59%, melaksanakan solusi sebesar 79,42%, dan mengevaluasi jawaban sebesar 87,18%. Adapun penyebab kesalahan peserta didik yaitu peserta didik belum memahami dan bingung dengan konsep, tidak tahu cara menuliskan konsep, tidak terbiasa menuliskan konsep, kurang teliti melihat soal, tidak terbiasa dan lupa menuliskan variabel target, terburu-buru sehingga cuma bisa gambar seadanya, tidak tahu cara membuat diagram bebas, tidak sempat membuat diagram bebas karena kehabisan waktu, salah menangkap maksud soal, lupa mengubah satuan ke satuan SI, lupa menuliskan simbol fisika, tidak tahu simbol fisika, tidak tahu persamaan fisika, tidak bisa membedakan simbol fisika, lupa persamaan fisika, tidak dapat membedakan persamaan fisika, tidak tahu sudut istimewa, kurang teliti dalam operasi perhitungan dan menulis satuan, terburu-buru ketika mengoreksi, merasa yakin dengan jawaban, dan tidak terbiasa mengoreksi.

Keywords


Analisis kesalahan; gerak parabola; langkah-langkah I SEE; menyelesaikan soal

Article Metrics :

References


Ambarwati, D., Handhika, J., & Kurniadi, E. (2022, 7 Juli). Memorizing Formulas: The Phenomenon of Students’ Ability in Solving Parabolic Motion Problems. Dipresentasikan pada Seminar Nasional Pendidikan Fisika (SNPF), Madiun.

Astuti, F. (2023). Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Merepresentasikan Penyelesaian Soal Hukum Archimedes. Journal on Education, 5(4), 14329-14337. https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/2466

Erianti, I. R. (2015, 21 November). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Materi Pemuaian pada Siswa Kelas VII SMP, Makalah Dipresentasikan pada Proseding Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya, Jatinangor.

Erwintiyati. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Mengerjakan Soal-Soal Materi Bunyi Kelas VIII di SMP Negeri 2 Watumalang Tahun Ajaran 2016/2017. [Skripsi]. Semarang: Universitas Negeri Semarang. http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32485

Hardianti, R., Sitompul, S. S., & Mahmuda, D. (2018). Pemberian Koreksian Jawaban Disertai Penjelasan untuk Meremediasi Kesalahan Peserta Didik pada Hukum Newton tentang Gravitasi di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(4). DOI: 10.26418/jppk.v7i4.25370.

Humaerah, S. R. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal pada Materi Geometri dengan Prosedur Newman Kelas VIII MTs. Muhammadiyah Tanetea Kabupaten Jeneponto. [Skripsi]. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/7766

Indriani, A. (2021, 18 Desember). Analisis Kesalahan dengan Teori Newman Pada Soal Vektor. Dipresentasikan pada Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 2(1), 71-79.

Kemdikbudristek Nomor 033/H/KR/2022. (2022). Perubahan atas Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran PAUD Dikdasmen pada Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemdikbudristek. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka/rujukan/panduanpanduan-kurikulum-merdeka#filter-rujukan

Marchelia, D., Sudarti, & Rustiawan, I. (2019). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Lembar Kerja Siswa Soal Fisika Materi Momentum dan Impuls pada Siswa SMK Negeri 2 Jember. Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2019, 4(1), 258–161. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/15179

Maulani, N., Linuwih, S., & Sulhadi, S. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika dalam Asesmen Higher Order Thinking. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 3, No. 1, pp. 590-597).

Maylina, R., Sudarti, S., & Rustiawan, I. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Kelas X DPIB 1 SMKN 2 Jember dalam Memecahkan Permasalahan Fisika pada Materi Hukum Newton. FKIP E-Proceeding, 4(1), 275-279. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/15184

Mulyati, F. S., Sitompul, S. S., & Arsyid, S. B. (2018). Remediasi Kesalahan Peserta Didik Menyelesaikan Soal Hukum Newton Menggunakan Multirepresentasi di SMA Negeri 8 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(7). DOI: 10.26418/jppk.v7i7.26572.

Musdalifah. (2017). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Fisika pada Materi Kalor Berdasarkan Teori Polya di Kelas X SMAN 2 Teluk Dalam. [Skrispi]. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1920

Nadia, S. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Materi Gerak Lurus di SMA Negeri 1 Sungai Raya. [Skripsi]. Pontianak: Universitas Tanjungpura.

Novisya, D. (2017). Analisis Kemampuan Siswa dalam Penyelesaian Soal-Soal Fisika pada Materi Gerak Parabola Kelas XI IPA di SMAN 1 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman. [Skripsi]. Batu Sangkar: Institut Agama Islam Negeri Batu Sangkar. https://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/8548

Nugraha, N. A., Radiyono, Y., & Rahardjo, D. T. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Fisika Materi Pokok Impuls dan Momentum Kelas X MIA SMA Negeri 3 Boyolali. Jurnal Sains Edukatika Indonesia (JSEI), 3(1), 41–46. https://jurnal.uns.ac.id/jsei/article/view/67915/37905

Putri, S. E., Firdaus, M., & Angraeni, L. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Tekanan di Kelas VII MTs. Al-Husna Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA), 1(1), 39–46. http://www.journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPSA/article/view/913

Radjawane, M. M., Tinambunan, A., & Jono, S. (2022). Fisika untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Riwanto, D., Azis, A., & Arafah, K. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal-Soal Fisika Kelas X MIA SMA Negeri 3 Soppeng. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 15(2), 23-31. DOI: 10.35580/jspf.v15i2.11033

Rohmah, L., P, S. H. B., & Yushardi. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Memecahkan Masalah Fisika Berdasarkan Polya pada Pokok Bahasan Fluida Statis di SMAN Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(4), 328–333. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/9653

Sari, I. N., Dwi, W. S., & Nurmia, J. (2018). Deskripsi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal pada Materi Fluida Dinamis Ditinjau Berdasarkan Kemampuan Kognitif. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 55-68, DOI: 10.20527/bipf.v6i1.4397.

Suraji, S., Maimunah, M., & Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9-16. DOI: 10.24014/sjme.v4i1.5057.

Vellancia, V., Zulirfan, & Sudrajad, H. (2019). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Masalah Gerak Lurus Siswa SMA di Pekanbaru. Jurnal Geliga Sains (JGS): Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 96–103. DOI: 10.31258/jgs.7.2.96-103.

Vitaloka, W. P., Habibi, M., Putri, R., & Putra, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Prosedur Newman. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(2). DOI: 10.33387/dpi.v9i2.2294.

Young, H. D., & Freedman, R. A. (2008). Sears and Zemansky’s University Physics: with Modern Physics. San Francisco: Pearson Education.