PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI RANTAI MAKANAN SISWA SD
Abstract
Penelitian bertujuan guna menguraikan keterlaksanaan pengaruh model problem based learning berbantuan diorama tentang hasil belajar rantai makanan pada siswa sekolah dasar. Metode kuantitatif jenis quasi experimental, desain nonequivalent control group. Populasi seluruh murid kelas V SDN 21 Palembang. Sampel kelas Va dan Vb sebesar 23 murid setiap kelas. Teknik pengumpulan data yakni tes, observasi dan dokumentasi. Hasil instrumen tes 20 soal valid semua serta kegiatan guru rata-rata 93,6% dan kegiatan siswa 93,7%. Hasil uji one sample-test memperlihatkan nilai t-hitung > t-tabel yakni 54.349 > 1,680 dengan nilai Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model problem based learning berbantuan media diorama terhadap hasil belajar materi rantai makanan pada siswa sekolah dasar.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Amanda, O. F., & Istianah, F. (2022). Pengembangan Media Rasi (Diorama Siklus Air) Pada Mata Pelajaran IPA Materi Siklus Air Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal PGSD, Vol.10(7): 1629-1639.
Aris, I. E., & Afina, F. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Diorama terhadap Hasil Belajar Kognitif Ipa Materi Siklus Air Pada Siwa Kelas V Sd Negeri Kebanyakan Kota Serang. Jurnal Primagraha, Vol. 3(1): 1-14.
Asri, Y.N., Rahmi, M. A., Vini. R., Ely, R., & Ni, P. G. (2022). Model-Model Pembelajaran. Sukabumi: Haura Utama.
Fitria, S. Z., & Suryanti. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Diorama Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD. Jurnal PGSD(V) Vol. 11(5): 1100-1113.
Hanik, Elya Umi. (2020) Self Direct Learning Berbasis Literasi Digital Pada MasaPandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal ELEMENTARY: Islamic Teacher, Vol 8 (1) : 184.
Lestari, N., Akhbar, M. T., & Dedy, A. (2022). Pengaruh Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar PKN Kelas III. Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol.3(1): 468-474.
Maulana , A., Israwati, & Syafrina, A. (2022). Pengaruh Media Diorama Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Siklus Air di Kelas V SDN 52 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa : Elementary Education Research, Vol. (4): 136-142.
Partika, J. D., Widianto, J., & Suwarni. (2023). Implementation of PBL Learning Model Assisted As Media Diorama to Improve Thematic Learning Achievement of Class III Students at SDN Alastuwo 1 Magetan. Jurnal Pendidikan IPS, Vol.13(1): 44-49.
Prabowo, Dady Mukti. (2019) Pengembangan Media Diorama 3 Dimensi dalam Pembelajaran IPA Materi Ekosistem Kelas V. Journal Joyful Learning, Vol. 6(4): 234-242.
Pransisca, M.A. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Sikap Sosial Dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Gugus 2 Selong Lombok Timur. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, Vol. 4(5): 143
Putra, I. K., & Suniasih, N. W. (2021). Mesia Diorama Materi Siklus Air pada Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 5(2): 238-246.
Rusman 2019. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta