PENINGKATAN KETERAMPILAN STEM SISWA MELALUI PEMBELAJARAN IPA INTERAKTIF DENGAN APLIKASI PhET

Hamidatul Muyasaroh
Cindy Dewi Anggraeni
Nova Nabila Ayu Sanaya
Intan Dwi Yuswanti
Roufatul Mucharromah
Firdha Yusmar


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i1.5916

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki efektivitas penggunaan aplikasi PhET dalam pembelajaran interaktif IPA untuk meningkatkan keterampilan STEM siswa melalui metode studi literatur berjenis Narrative Review . Pembelajaran Sains, Teknologi, Rekayasa, dan Matematika (STEM) menjadi fokus utama dalam pengembangan kurikulum pendidikan, dan penggunaan teknologi dalam pendidikan telah menjadi aspek penting dalam meningkatkan keterampilan siswa di bidang ini. Aplikasi PhET, yang menawarkan simulasi interaktif untuk memahami konsep-konsep ilmiah yang kompleks, semakin populer dalam pembelajaran IPA. Dengan meninjau literatur yang relevan, penelitian ini menganalisis dampak aplikasi PhET dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam konsep sains, serta kontribusinya terhadap peningkatan keterampilan STEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi PhET memainkan peran penting dalam memperkuat keterampilan STEM siswa dengan menyediakan lingkungan pembelajaran yang interaktif dan mendalam. Temuan ini menekankan pentingnya integrasi teknologi dalam pembelajaran STEM untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa.


Keywords


keterampilan STEM; pembelajaran IPA; aplikasi PhET

Article Metrics :

References


Aldila, C., Abdurrahman, A., & Sesunan, F. (2017). Pengembangan LKPD berbasis STEM untuk menumbuhkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, 5(4), 138491.

Arifin, M. M., Prastowo, S. B., & Harijanto, A. (2022). Efektivitas penggunaan simulasi phet dalam pembelajaran online terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika, 11(1), 16-27.

Haryanti, A., & Suwarma, I. R. (2018). Profil keterampilan komunikasi siswa SMP dalam pembelajaran IPA berbasis STEM. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(1), 49-54.

Hermansyah, H. (2020). Pembelajaran IPA berbasis STEM berbantuan ICT dalam meningkatkan keterampilan abad 21. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 129-132.

Muzana, S. R., Lubis, S. P. W., & Wirda, W. (2021). Penggunaan simulasi phet terhadap efektifitas belajar IPA. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 5(1), 227-236.

Novita, K., Muharram, M., & Nuraeni, N. (2022). Aplikasi PhET Simulation Online sebagai Alternatif Kegiatan Praktikum dalam Pembelajaran IPA Kelas IX di SMP Kristen Terang Bangsa Semarang selama masa pandemi. Global Journal Science IPA, 1(4), 351-357.

Oktavia, R. (2019). Bahan ajar berbasis science, technology, engineering, mathematics (stem) untuk mendukung pembelajaran ipa terpadu. Semesta: Journal of Science Education and Teaching, 2(1), 32-36.

Putri, S. K., Rukmana, E. N., & Encang, S. (2022). Narrative Literature Review Penelitian Perpustakaan Digital Sebagai Sumber Pembelajaran Saat Covid-19 dalam Database Google Scholar. Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga: Media Informasi Dan Komunikasi Kepustakawanan, 12, 90-101.

Riku, M. (2021). Meningkatkan hasil belajar siswa kelas x ipa pada materi bentuk molekul melalui model pembelajaran discovery learning berbantuan phet simulations. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 1(2), 79-87.

Ritonga, S., & Zulkarnaini, Z. (2021). Penerapan pendekatan STEM untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(1), 75-81.

Rizaldi, D. R., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). PhET: Simulasi interaktif dalam proses pembelajaran fisika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 10-14.

Sulistiawati, A., & Prastowo, A. (2021). Penggunaan Phet Sebagai Media Interaktif Pembelajaran Ipa Pada Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 2(2), 82-91.

Verdian, F., Jadid, M. A., & Rahmani, M. N. (2021). Studi penggunaan media simulasi phet dalam pembelajaran fisika. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 1(2), 39-44.

Widia, I Wayan. (2020). Penerapan Model Discovery Learning berbantuan Media PhET Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa. Indonesian. Journal of Educational Development, 1(2), 262-273.

Wisma. 2022. Aplikasi PhET, Pilihan Simulasi Pembelajaran IPA. Nusa Tenggara Barat : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.