PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E BERBANTUAN QUIZWHIZZER TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan menggunakan Quizwhizzer dapat mempengaruhi hasil belajar kognitif siswa pada konteks sistem ekskresi. Jenis penelitian ini quasi eksperimental dengan desain non-equivalent control group design, di mana sampel penelitian pilih secara cluster random sampling. Uji t menggunakan taraf signifikansi 5% dan uji Gain Ternormalisasi (N-Gain) adalah metode analisis data yang digunakan. Data dianalisis dengan uji Independent Sample t Test memperoleh nilai signifikansinya 0,00 < 0,05, sehingga Ha dapat diterima. Dari hasil tersebut, ditarik kesimpulan penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan Quizwhizzer berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem ekskresi di SMP 27 Samarinda. Nilai efektivitas pretest dan posttest N-Gain dari model Learning Cycle 5E dengan bantuan Quizwhizzer terhadap hasil belajar siswa menunjukkan angka di kelas eksperimen 0,53 dikategorikan sedang, sementara kelas kontrol 0,16 dikategorikan rendah.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Agustiningsih, W., Muhammad, S., & Indhra, M. (2022). Implementasi Aplikasi Quizwhizzer Pada Mata Pelajaran PAI di SMP Islam Ma’arif 02 Malang. VICRATINA: Jurnal Pendidikan Islam, 7(6), 228. http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/index
Fatimah, S., & Syamsudin. (2021). Model Pembelajaran Numbered Head Together (Nht) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Awwaliyah: Jurnal PGMI, 4(1), 1977. https://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/awaliyah/article/view/684
Liana, D. (2020). Penerapan Pembelajaran Siklus Belajar (Learning Cycle 5e) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SDN 007 Kotabaru Kecamatan Keritang. MITRA PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 6(2), 93. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i1.127
Manurung, P. (2020). Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 14(1), 3. https://doi.org/10.51672/alfikru.v14i1.33
Mirnawati, Sulfasyah, & Rahmawati. (2022). Validitas Buku Saku Digital Muatan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Lima Sekolah Dasar berbantuan Aplikasi Android. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 6(2), 258. https://jurnal.uns.ac.id/jdc/article/view/62650
Nur’aini, & Yuni, F. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Pada Materi Laju Reaksi Berbantuan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Natural Science Learning, 01(01), 76. https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/JNSL
Oktavian, A. W., Dita, W., & Farida, Istiani. (2023). Penerapan Aplikasi Quizwhizzer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Materi Keragaman Budaya di Indonesia Kelas V di SD Negeri Lajuk Sidoarjo. ENTINAS: Jurnal Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran, 1(1), 113. https://app.quizwhizzer.com/play
Ramdhani, E. P., Khoirunnisa, F., & Siregar, N. A. N. (2020). Efektifitas Modul Elektronik Terintegrasi Multiple Representation pada Materi Ikatan Kimia. Journal of Research and Technology, 6(1), 164. https://journal.unusida.ac.id/index.php/jrt/article/view/152
Septian, D. (2019). Pengaruh Multimedia Interaktif Berbasis Learning Cycle Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS), 2(1), 14. http://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs/article/view/64
Wahyuningsih, F., Rr. Dyah, W. P., Lutfi, S., & Suwarno, I. S. (2021). Utilization of QuizWhizzer Educational Game Applications as Learning Evaluation Media. International Joint Conference on Science and Engineering, 209(Advances in Engineering Research), 150. https://www.atlantis-press.com/article/125966480.pdf