PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK BERBANTUAN MAGIC CARD DENGAN MATERI TATA SURYA SEBAGAI UPAYA MELATIH KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA

Harninda Ristantri
Septi Kurniasih
Dwi Indah Suryani


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i1.5896

Abstract


Beberapa sekolah yang ada di Kota Serang masih memiliki hasil belajar siswa dalam ranah kognitif yang tergolong rendah, karena banyak siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM. Di dalam proses pembelajaran IPA, siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi tata surya, salah satu penyebab dari permasalahan tersebut adalah tidak adanya media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas media pop-up book berbantuan magic card dengan materi tata surya, dan untuk mengetahui respon siswa terhadap media pop-up book berbantuan magic card dengan materi tata surya untuk melatih kemampuan kognitif siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau disebut dengan model Research & Defelopment (R&D). Penelitian yang akan dilakukan merupakan penelitian dengan jenis pengembangan, dengan menggunakan model 4D (Four D), instrument yang digunakan berupa instrument wawancara, instrument angket validasi dan instrument angket respon siswa. Subjek penelitian ini terdiri dari ahli media, materi dan praktisi. Sedangkan sampelnya menggunakan 54 siswa. Tingkat validitas dari media pop-up book berbantuan magic card mencapai nilai presentase sebesar 92,62% dalam kategori “Sangat Valid”, sedangkan hasil dari respon siswa menunjukkan nilai persentase sebesar 89,05% yang termasuk dalam kategori “Sangat Baik”.  Media pop-up book yang dikembangkan secara teoritis mampu membantu peningkatan kemampuan kognitif siswa, dan layak untuk diterapkaan.

Keywords


pop-up book; magic card; tata surya; kemampuan kognitif

Article Metrics :

References


Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya

Analicia, T & Yogica, R 2021, ‘Media Pembelajaran Visual Menggunakan Canva pada Materi Sistem Gerak’, Jurnal Edutech Undiksha, vol. 9, no. 2, pp. 260-266

Ainiyah, Z, Surjowati, & Roosyati A 2022, ‘Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Komponen Ekosistem Melalui Penerapan Media Pop-up Book’, Jurnal Elementaria Edukasia, v. 5, no. 1, pp. , 77-89

Cahdiyana, RA & Richardo, R 2016, ‘Karakteristik Media Pembelajaran Berbasis Komputer Untuk Siswa SMP’, Journal of Mathematics Education, vo. 2, no. 2

Doni, TPY 2019, ‘Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif Pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik’, Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, vol. 19, no. 1

Erica & Sukmawarti 2021, ‘Pengembangan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran PKN Di SD’, Ability: Journal of Education and Social Analysis, vol. 2, no. 4, pp. 110-122

Faradayanti, KA, dkk 2020, ‘Kepraktisan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Menunjang E-Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik Di Smk’, Pendidikan Teknik Elektro , vol. 9, no. 1

Fitriani, Y 2021, ‘Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Penyajian Konten Edukasi Atau Pembelajaran Digital’, Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research. Vo. 5, no. 4, pp. 1006-1013

Hidayat, T & Asyafah, A 2019, ‘Konsep dasar evaluasi dan implikasinya dalam evaluasi pembelajaran pendidikan agama islam di sekolah’, Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, vo. 10, no. 1, pp. 159-181

Hijriati 2017, ‘Tahapan Perkembangan Kognitif Pada Masa Early Childhood’, Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, vol. 1, no. 2, pp. 33-49

Kinanthi, G & Winanto, A 2023, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VI SD’, INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, vol. 3, no. 5, pp. 6594-6606

Kristanto, A. 2016. Media Pembelajaran. Surabaya: Bintang Surabaya

Lestari, ID, Ekanara, B & Purwaningsih, DE 2021, ‘Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas XI SMAN 4 Kota Serang Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw’, Indonesian Journal of Educational Development, Indonesian Journal of Educational Development, vol. 1, no. 4, pp. 641-649

Millah, ES, Budipramana, LS & Isnawati 2012, ‘Pengembangan Buku Ajar Materi Bioteklogi di Kelas XII SMA IPIEMS Surabaya Berorientasi Sains, Teknologi, Lingkungan, dan Masyarakat (SETS)’, Jurnal Bio Edu, vol. 1, no. 1, pp. 19-24

Mutmainnah, S, Jamilah & Syahriani 2020, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Magic Card pada Materi Sistem Gerak Manusia’, Jurnal Al-Ahya, vol. 2, no. 2, pp. 75-84

Nabila, S, Adha, I & Febriandi R 2021, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, vol. 5, no. 5, pp. 3928 - 3939

Pratiwi, RA, Rasyid, MA & Raharjo 2023, ‘Studi Analisis Konsistensi dan Kecukupan Materi Dalam Bahan Ajar Bhinneka Tunggal Ika Kelas X Terhadap Capaian Pembelajaran Fase E’, PKn Progresif, vol. 18 no. 1, pp. 56-69

Sapriyah 2019, ‘Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar’, Prosiding’, Seminar Nasional Pendidikan FKIP, vo. 2, no. 1, pp. 470-477

Sari, IKW & Wulandari, R 2020, ‘Analisis Kemampuan Kognitif dalam Pembelajaran IPA SMP’, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), vol. 3, no. 2, pp. 145-152

Septantiningtyas, N 2019, ‘Pengembangan Desain Pembelajaran Pada Kelas Profesional PGMI Google classroom’, Edudeena

Simatupang, HA, Widodo E & Susilowati, S 2016, ‘Pengembangan Media Pop-Up Pada Materi Organisasi Kehidupan Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik SMP Kelas VII’, TPACK-IPA, vol. 5, no. 1

Sugiarti, L & Handayani, DE 2017, ‘Pengembangan Media Pokari Pokabu (Pop-up dan Kartu Ajaib Pengelomppokkan Tuumbuhan) Untuk Siswa Kelas III SD/MI’, Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, vol. 4, no. 1, pp. 109-118

Thiagarajan, S. Semmel, DS & Semmel, MI. 1974. Instructional development for training teacher of exceptional children. Bloomington Indiana: Indiana University

Weni, A 2017, ‘Pengembangan Leaflet sebagai Bahan Ajar Materi Teks Eksplanasi Kelas XI SMK Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018’, Universitas Negeri Medan

Winda, P., Pangestu, WT & Malaikosa, YML 2022, ‘Pengaruh Penggunaan Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar’, HOLISTIKA : Jurnal Ilmiah PGSD, vol. 6, no. 1, pp. 1-7

Zainorrahman, Azizah, LF & Kadarisman 2021, ‘Pengembangan Media Berbasis Pop Up Book Untuk Pembelajaran IPA Di MTs Raudhatut Thalibin’, ALPEN: Jurnal Pendidikan Dasar, vol. 2, no. 2, pp. 99-106