PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK BERBANTUAN MAGIC CARD DENGAN MATERI TATA SURYA SEBAGAI UPAYA MELATIH KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya
Analicia, T & Yogica, R 2021, ‘Media Pembelajaran Visual Menggunakan Canva pada Materi Sistem Gerak’, Jurnal Edutech Undiksha, vol. 9, no. 2, pp. 260-266
Ainiyah, Z, Surjowati, & Roosyati A 2022, ‘Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Komponen Ekosistem Melalui Penerapan Media Pop-up Book’, Jurnal Elementaria Edukasia, v. 5, no. 1, pp. , 77-89
Cahdiyana, RA & Richardo, R 2016, ‘Karakteristik Media Pembelajaran Berbasis Komputer Untuk Siswa SMP’, Journal of Mathematics Education, vo. 2, no. 2
Doni, TPY 2019, ‘Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif Pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik’, Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, vol. 19, no. 1
Erica & Sukmawarti 2021, ‘Pengembangan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran PKN Di SD’, Ability: Journal of Education and Social Analysis, vol. 2, no. 4, pp. 110-122
Faradayanti, KA, dkk 2020, ‘Kepraktisan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Menunjang E-Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik Di Smk’, Pendidikan Teknik Elektro , vol. 9, no. 1
Fitriani, Y 2021, ‘Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Penyajian Konten Edukasi Atau Pembelajaran Digital’, Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research. Vo. 5, no. 4, pp. 1006-1013
Hidayat, T & Asyafah, A 2019, ‘Konsep dasar evaluasi dan implikasinya dalam evaluasi pembelajaran pendidikan agama islam di sekolah’, Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, vo. 10, no. 1, pp. 159-181
Hijriati 2017, ‘Tahapan Perkembangan Kognitif Pada Masa Early Childhood’, Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, vol. 1, no. 2, pp. 33-49
Kinanthi, G & Winanto, A 2023, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VI SD’, INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, vol. 3, no. 5, pp. 6594-6606
Kristanto, A. 2016. Media Pembelajaran. Surabaya: Bintang Surabaya
Lestari, ID, Ekanara, B & Purwaningsih, DE 2021, ‘Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas XI SMAN 4 Kota Serang Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw’, Indonesian Journal of Educational Development, Indonesian Journal of Educational Development, vol. 1, no. 4, pp. 641-649
Millah, ES, Budipramana, LS & Isnawati 2012, ‘Pengembangan Buku Ajar Materi Bioteklogi di Kelas XII SMA IPIEMS Surabaya Berorientasi Sains, Teknologi, Lingkungan, dan Masyarakat (SETS)’, Jurnal Bio Edu, vol. 1, no. 1, pp. 19-24
Mutmainnah, S, Jamilah & Syahriani 2020, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Magic Card pada Materi Sistem Gerak Manusia’, Jurnal Al-Ahya, vol. 2, no. 2, pp. 75-84
Nabila, S, Adha, I & Febriandi R 2021, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, vol. 5, no. 5, pp. 3928 - 3939
Pratiwi, RA, Rasyid, MA & Raharjo 2023, ‘Studi Analisis Konsistensi dan Kecukupan Materi Dalam Bahan Ajar Bhinneka Tunggal Ika Kelas X Terhadap Capaian Pembelajaran Fase E’, PKn Progresif, vol. 18 no. 1, pp. 56-69
Sapriyah 2019, ‘Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar’, Prosiding’, Seminar Nasional Pendidikan FKIP, vo. 2, no. 1, pp. 470-477
Sari, IKW & Wulandari, R 2020, ‘Analisis Kemampuan Kognitif dalam Pembelajaran IPA SMP’, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), vol. 3, no. 2, pp. 145-152
Septantiningtyas, N 2019, ‘Pengembangan Desain Pembelajaran Pada Kelas Profesional PGMI Google classroom’, Edudeena
Simatupang, HA, Widodo E & Susilowati, S 2016, ‘Pengembangan Media Pop-Up Pada Materi Organisasi Kehidupan Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik SMP Kelas VII’, TPACK-IPA, vol. 5, no. 1
Sugiarti, L & Handayani, DE 2017, ‘Pengembangan Media Pokari Pokabu (Pop-up dan Kartu Ajaib Pengelomppokkan Tuumbuhan) Untuk Siswa Kelas III SD/MI’, Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, vol. 4, no. 1, pp. 109-118
Thiagarajan, S. Semmel, DS & Semmel, MI. 1974. Instructional development for training teacher of exceptional children. Bloomington Indiana: Indiana University
Weni, A 2017, ‘Pengembangan Leaflet sebagai Bahan Ajar Materi Teks Eksplanasi Kelas XI SMK Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018’, Universitas Negeri Medan
Winda, P., Pangestu, WT & Malaikosa, YML 2022, ‘Pengaruh Penggunaan Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar’, HOLISTIKA : Jurnal Ilmiah PGSD, vol. 6, no. 1, pp. 1-7
Zainorrahman, Azizah, LF & Kadarisman 2021, ‘Pengembangan Media Berbasis Pop Up Book Untuk Pembelajaran IPA Di MTs Raudhatut Thalibin’, ALPEN: Jurnal Pendidikan Dasar, vol. 2, no. 2, pp. 99-106