PENGEMBANGAN e-LKPD INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING DENGAN TEMA BIOTIK ABIOTIK DI SEKITARKU UNTUK MELATIH KETERAMPILAN KOMUNIKASI SAINS
Abstract
Keterampilan komunikasi sains adalah keterampilan abad 21 yang harus dimiliki dan wajib dikuasai dalam pembelajaran IPA dalam memahami materi pembelajaran dan mengkomunikasikannya, berdasarkan hasil wawancara dua sekolah di Kota Cilegon didapati permasalahan yakni rendahnya keterampilan komunikasi sains disebabkan oleh tidak dikembangkannya bahan ajar untuk melatih keterampilan komunikasi sains, bahan ajar masih tergolong kurang menarik serta tidak terintegrasi dengan sintaks model pembelajaran dengan solusi mengembangkan bahan ajar berupa E-LKPD interaktif berbasis Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kevalidan pengembangan E-LKPD interaktif berbasis Discovery Learning dengan tema biotik abiotik di sekitarku untuk melatih keterampilan komunikasi sains peserta didik. Metode penelitian berupa Research and Development (R&D) menurut Borg and Gall yang dilaksanakan sampai tahapan revisi produk. Instrumen data berupa lembar angket validasi ahli yang telah diuji oleh judgement ahli dalam menganalisis tingkat kevalidan E-LKPD interaktif yang dikembangkan. Data penelitian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian mendapatkan persentase sebesar 87,7% kategori “Sangat Valid” menunjukkan E-LKPD interaktif berbasis Discovery Learning dengan tema biotik abiotik disekitarku dapat melatih keterampilan komunikasi sains.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Afdal, A., Masruri, A., Anugrah, A. N., Wulandari, A. L., & Mukhlis, M. (2022). Analisis Kelayakan Penyajian Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas XII Kurikulum 2013 Terbitan Kemendikbud 2018. SAJAK: Jurnal Sastra, Bahasa, Dan Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(1), 130–136.
Amanah, D. B., Leksono, S. M., & Resti, V. D. A. (2023). Pengembangan E-LKPD interaktif model hands on activity tema tekanan dalam tubuh untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis siswa SMP. EKSAKTA : Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 8(1), 65–74.
Daryanto. (2013). Menyusun Modul: Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Menagajar. Gava Media.
Evanda, P. N. L., & Suryanto HS, M. (2020). Validasi Perangkat Pembelajaran Dan Media Miniatur Pondasi Floot Plate Pada Mata Pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi Di SMKN 1 Mojokerto. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan (JKPTB), 00, 1–11.
Febriandi, R., Susanta, A., & Wasidi. (2019). Validitas Lks Matematika Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Outdoor Pada Materi Bangun Datar. JP3D (Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar), 2(2), 148–158.
Ika, Y. E. (2018). Pembelajaran Berbasis Laboratorium IPA untuk Melatih Keterampilan Komunikasi Ilmiah Siswa SMP Kelas VII. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 2(2), 101–113.
Irsalina, A., & Dwiningsih, K. (2018). Analisis Kepraktisan Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (Lkpd) Berorientasi Blended Learning Pada Materi Asam Basa. Jkpk (Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia), 3(3), 171–182.
Jannah, S. W., Saptono, S., & Lisdiana. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Sistem Reproduksi Manusia Berwawasan Religi Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Siswa Ma. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi , Jurnal FKIP UNRAM, 177–185.
Makhrus, M., Harjono, A., Syukur, A., Bahri, S., & Muntari, M. (2019). Identifikasi Kesiapan LKPD Guru Terhadap Keterampilan Abad 21 Pada Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 3(2), 124–128.
Maridi, Suciati, & Permata, B. M. (2019). Peningkatan Keterampilan Komunikasi Lisan dan Tulisan melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 12(2), 182–187.
Maziyah, A., & Pangestuti, A. A. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Outdoor Education untuk Memberdayakan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA Islam NU Pujon pada Materi Ekosistem. Prosiding Semiar Nasional IKIP Budi Utomo, 430–439.
Monica, I., Nurhamidah, & Elvinawati. (2023). Pengembangan E- Lkpd Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Hukum-Hukum Dasar Kimia. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia, 7(1), 33–43.
Mufidah, E. (2019). Pembelajaran Berbasis Praktikum Ipa Untuk Melatih Ketrampilan Komunikasi Ilmiah Bagi Mahasiswa Pgmi. KARANGAN: Jurnal Kependidikan, Pembelajaran, Dan Pengembangan, 01(02), 120–140.
Prastitasari, H., Qohar, A., & Cholis, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berdasarkan Pendekatan Kontekstual pada Materi Bangun Datar untuk Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2016, 1599–1605.
Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar.
Rahman, A., Maftuh, B., & Mulihah, E. (2021). Pendidikan Resoulsi Konflik Melalui Model Pembelajaran Dicovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Buana Ilmu: Journal UBP Karawang, 5(1), 47–62.
Riyana, C. (2012). Media Pembelajaran Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama.
Sudijono, A. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. PT. Raja Grafindo Persada.
Suhada, R., Idrus, I., & Kasrina. (2019). Peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 3(1), 32–40.
Sugiono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D). Penerbit ALFABETA.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cetakan 19). Alfabeta.
Susilowibowo, J., & Rahmah, S. M. (2021). Pengembangan Bahan Ajar berupa E-Book pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Kompetensi Dasar Akuntansi Piutang Kelas XI Berbasis Pendekatan Saintifik di SMK Yapalis Krian. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi (JRPE), 6(2), 60–70.
Syamsidar.S, Maruf, & Hustim, R. (2018). Pembelajaran Fisika Berbasis Cone of Experience Edgar Dale pada Materi Elastisitas dan Fluida Statis. Jurnal Pendidikan Fisika, 6, 1–12.
Wahyuningsih, P., & Fatonah, S. (2021). Analisis Berkomunikasi Dalam Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Di Sdn 2 Negerikaton Pesawaran Lampung. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan & Pembelajaran, 8(1), 1–22.
Widyaningrum, R., & Prihastari, E. B. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Talking Chips disertai Media Fotonovela untuk Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan dan Kemampuan Menyampaikan Pendapat Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1), 22–30.
Yogica, R., Lufri, & Sumarmin, R. (2014). Efektifitas Modul Bergambar Disertai Lks Berorientasi Konstruktivistik Terhadap Proses Dan Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Sma. Jurnal Penelitian Pendidikan Volume, 5(1), 65–73.
Zulfa, A. R., & Rosyidah, Z. (2020). Analysis of Communication Skills of Junior High School Students on Classification of Living Things Topic. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 1(1), 78.