ANALISIS POTENSI EKOSISTEM SAVANA DI RANCA UPAS CIWIDEY SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN KEANEKARAGAMAN HAYATI
Abstract
Ranca Upas merupakan salah satu destinasi ekowisata populer di Kabupaten Bandung dengan keanekaragaman flora dan fauna yang tinggi. Kawasan Ranca Upas berpotensi menjadi sumber belajar biologi khususnya pada materi keanekaragaman hayati karena dapat membantu siswa dalam memahami nilai lingkungan, budaya dan pengelolaan sumber daya alam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi salah satu ekosistem yang ada di Ranca Upas, yaitu ekosistem savana, sebagai sarana pembelajaran keanekaragaman hayati. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekosistem savana di Ranca Upas memiliki potensi besar sebagai sumber belajar keanekaragaman hayati dengan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Dengan turun langsung ke lingkungan asli, pembelajaran diharapkan menjadi lebih bermakna bagi siswa dan dapat membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan prosesnya. Selain itu, terdapat relevansi antara ekosistem Ranca Upas sebagai sumber belajar dengan capaian pembelajaran pada kurikulum merdeka yang harus dikuasai oleh siswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Abrahams, I., & Millar, R. (2008). Does practical work really work? A study of the effectiveness of practical work as a teaching and learning method in school science. International Journal of Science Education, 30(14), 1945–1969. https://doi.org/10.1080/09500690701749305
Adiyanto, D., Anggraeni, S., & Supriatno, B. (2020). Analisis dan Rekontruksi Lembar Kerja Peserta Didik Pada Konsep Sistem Pencernaan Makanan di SMA: (Analysis and Reconstruction of Student Worksheets On Concept Digestive System Food In Senior High School). Biodik, 7(2), 11–22. https://app.dimensions.ai/details/publication/pub.1142407514
Aswita, D. (2017). Identifikasi Masalah Yang Dihadapi Guru Biologi Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Pada Materi Ekosistem. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 3(1), 63. https://doi.org/10.22373/biotik.v3i1.993
Bintang, J., Karsiwi, R. R. M., & Octaviany, V. (2019). Dampak Aktivitas Pariwisata Terhadap Ekonomi, Sosial Dan Budaya. 2019. 5, No 3(3), 2753–2758.
Capah, J., & Fuadiyah, S. (2021). Analisis Kualitas Lembar Kerja Praktikum pada Materi Sel Menggunakan Diagram Vee. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 238–245. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.38271
Eliyarti, Rahayu, C., & Zakirman. (2020). Deskripsi Pengetahuan Awal Alat Praktikum Materi Koloid Dalam Perkuliahan Kimia Dasar Mahasiswa Teknik. Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia Dan Ilmu Kimia, 3(1), 14–25. https://doi.org/10.31602/dl.v3i1.3104
Handayani, V. T. (2015). Pengaruh Pengetahuan Awal, Kedisiplinan Belajar, Dan Iklim Komunikasi Kelas Terhadap Hasil Belajar Produktif Akuntansi Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi SMK Negeri 3 Bangkalan. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 3(1), 91–102. https://www.researchgate.net/
Handayanie, Y., Anggraeni, S., & Supriatno, B. (2020). Analisis Lembar Kerja Siswa Praktikum Struktur Darah berbasis Diagram Vee (Analysis of Blood Structure Student’s Practical Worksheet based on Diagram Vee). BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi , 6(03), 361–371. https://online-journal.unja.ac.id/biodik
Hawari, M. A. (2023). Rasio Seks Katak Terbang Jawa (Rhacophorus reinwardtii) di Ranca Upas, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. 53–54. repository.upi.edu
Irwandi, I., & Fajeriadi, H. (2020). Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa SMA di Kawasan Pesisir, Kalimantan Selatan. BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 1(2), 66. https://doi.org/10.20527/binov.v1i2.7859
Istawa, R., Supriatno, B., & Anggraeni, S. (2020). Analisis Kualitas Struktur Lembar Kerja Peserta Didik pada Materi Struktur Tulang Berbasis Diagram Vee. Biodik, 6(4), 434–441. https://doi.org/10.22437/bio.v6i4.9500
Kastolani, W., Setiawan, I., & Kusnadi, K. (2014). Desain Zonasi Biopori untuk Mendukung Program Eco Campus UPI. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
Komariah, A., & Satori, D. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Millar, R. (2004). The Role of Practical Work in The Teaching and Learning of Science. Washington: The University of York.
Mu’tashim, M. R., & Indahsari, K. (2021). Pengembangan Ekowisata di Indonesia. Jurnal Usahid Solo, 1(1), 295–308. https://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/SENRIABDI/article/view/863/652
Münkel-Jiménez, M., Bonilla-Araya, M., Grey-Pérez, A. D., & Herrera-Sancho, O. A. (2020). Awaking Interest in Science Learning: Hands-On Photosynthesis Demonstrations Using Elodea canadensis and Spinacia oleracea. Journal of Chemical Education, 97(2), 457–461. https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.9b00216
Nadia, N., Supriatno, B., & Anggraeni, S. (2020). Analisis dan Rekonstruksi Komponen Penyusun Lembar Kerja Peserta Didik Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. Biodik, 6(2), 187–199. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9439
Novak, J. D., & Gowin, D. B. (1984). Learning How To Learn. Cambridge University Press. www.cambridge.org/9780521265072
Novita, K., Bare, Y., & S, M. (2022). Pengembangan LKPD Materi Keanekaragaman Hayati Berbasis Model Problem Based Learning Kelas X SMA. Biogenerasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 190–200. https://e-journal.my.id/biogenerasi
Pamungkas, A. S., Setiani, Y., & Pujiastuti, H. (2017). Peranan Pengetahuan Awal dan Self Esteem Matematis Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Mahasiswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 61–68. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i1.7866
Purnawanto, A. T. (2022). Perencanakan Pembelajaran Bermakna dan Asesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 20(1), 75–94.
Purwati, S. (2017). Pengaruh Kemampuan Awal terhadap Pemahaman Konsep Usaha dan Energi. In Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya) (Vol. 1, p. 100). https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v1i0.4522
Ramadhani, Surtikanti, H. K., & Riandi. (2024). Kajian Literatur: Potensi Citizen Science Project untuk Meningkatkan Kesadaran Lingkungan pada Materi Keanekaragaman Hayati Literature Review: The Potential of Citizen Science Project to Increase Environmental Awareness on Biodiversity Materials. Jeumpa, 11(1), 1. https://doi.org/10.33059/jj.v11i1.9134
Samsinar, S. (2019). Urgensi Learning Resources ( Sumber Belajar ). Jurnal Kependidikan, 13, 194–205.
Sari, D. N., & Fuadiyah, S. (2022). Lembar Kerja Praktikum Materi Sistem Pencernaan Menggunakan Diagram Vee. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 26–33. https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.40368
Sarip, M., Amintarti, S., & Utami, N. H. (2022). Validitas Dan Keterbacaan Media Ajar E-Booklet Untuk Siswa SMA/MA Materi Keanekaragaman Hayati. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 43–59. https://doi.org/10.57218/jupeis.vol1.iss1.30
Setyaningsih, M., Dharma, A. P., Murwitaningsih, S., Suciati, R., & Setyawati, R. F. (2024). Pelatihan Pengenalan Tumbuhan Melalui Media Pembelajaran Digital Bagi Guru Biologi Sekolah Muhammadiyah Cipanas. 8(1), 144–148.
Shifauka, A. (2017). Keanekaragaman jenis dan persebaran burung di bumi perkemahan ranca upas kabupaten jawa barat. repository.upi.edu, 4–17.
Supriadi, S. (2017). Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran. Lantanida Journal, 3(2), 127. https://doi.org/10.22373/lj.v3i2.1654
Supriatno, B. (2018). Praktikum untuk Membangun Kompetensi. Proceeding Biology Education Conference, 15(1), 1–18.
Sutomo. (2016). Asal Usul Formasi Savana : Tinjauan dari Nusa Tenggara Timur dan Hasil Penelitian di Baluran Jawa Timur. ECU Publications, 1(1), 246–265. https://ro.ecu.edu.au/ecuworkspost2013/3558
Taufikun, Susanto, H., & Wiyanto. (2005). Pengembangan Keterampilan Proses Sains Bagi Mahasiswa Calon Guru Melalui Praktikum Fisika Dasar Pada Pokok Bahasan Mekanika. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 3(3), 67-172.
Urias, D., & Russo, A. (2009). Ecotourism as Educational Experience. 1, 12–42.
Wahidah, N. S., Supriatno, B., & Kusumastuti, M. N. (2018). Analisis Struktur dan Kemunculan Tingkat Kognitif pada Desain Kegiatan Laboratorium Materi Fotosintesis. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 1(2), 70–76. https://doi.org/10.17509/aijbe.v1i2.13050