PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS SETS TOPIK TRANSPORTASI TENAGA SURYA UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK
Abstract
Kurikulum Merdeka menekankan kemandirian, kreativitas dan penerapan teknologi, namun berdasarkan hasil observasi dan wawancara di 2 SMP di Kota Serang menunjukkan kurangnya kemampuan berpikir kreatif peserta didik penggunaan model pembelajaran yang belum tepat dan penggunaan bahan ajar yang belum bervariatif serta belum memanfaatkan penggunaan teknologi. Penelitian ini berupaya guna mengukur tingkat validasi dan respon peserta didik terhadap e-LKPD berbasis SETS topik transportasi tenaga surya dalam melatih kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas IX. Research and Development (R&D) adalah metode yang akan digunakan dengan model 3-D Thiagarajan yang dibatasi hingga tahap develop (uji coba terbatas). Studi ini mendemonstrasikan bahwa e-LKPD berbasis SETS sangat valid dengan rata-rata 94,08%. Validasi dari ahli materi memperoleh 94%, ahli media 92%, dan ahli praktisi 96,25%, semuanya berkategori "Sangat Valid". Respon peserta didik mencapai 92,6% berkategori "Sangat Positif". Jadi, bahan ajar e-LKPD berbasis SETS tema transportasu tenaga surya sangat valid dan sangat positif dalam melatih kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas IX dalam pembelajaran IPA.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Abidin, Z. (2016). Penerapan Pemilihan Media Pembelajaran. Edcomtech, 1(1), 9-20.
Amalia, M. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis SETS Pada Materi Pembakaran Hidrokarbon. Jurnal pendidikan kimia.
Andini, S. P., Vitasari, M., & Leksono, S. M. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Open Ended Problem Tema Pemanasan Global Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII. Jurnal : Jurnal Of science education, Vol 6 (3). Hal 773 - 782. doi:https://doi.org/10.33369/pendipa.6.3.773-782
Badan Standar Kurikulum dan Asesmen (BSKAP). (2022). Pedoman Penilaian Buku Pendidikan. Jakarta: Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Kalsum, U. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal : Jurnal Fisika dan pembelajarannya, Vol 2 (1) hal 23 – 28.
Ningtyas, A. W. (2022). Penerapan Pembelajaran IPA Terpadu Tingkat SMP Kelas 8 Sebagai Landasan Ketercapaian Pembelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Kependidkan, 9(3 ), 243-253. doi:https://doi.org/10.30998/xxxx
Nugraha, o. (2023). Pergantian Kurikulum Pendidikan ke Kurikulum Merdeka Belajar dan Pengimplementasi Penguatan Profil pelajar Pancasila. ournal of Social Science Research, 3(2). doi: https://doi.org/10.31004/ innovative.v3i2
Nurbaiti, R. (2016). Pengembangan LKPD IPA Berbasis Multiple Intellegences pada tema "Chaya dan penglihatan" untuk meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Journal Student UNY, 1-10. Retrieved from https://journal. student.uny.ac.id/index.php/ipa/article/download/2578/2198
Nurhalima, S., Berlian, L., & Kurniasih, S. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis PBL pada Tema Tekanan Zat dan Penerapannya. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(4), 920-933. doi:DOI:10.37630/jpm.v13i4.1212
Ozila, A. L. (2021). Pengembangan E-LKPD Untuk Melatih Historical Empathy Peserta Didik di SMA. Jurnal : Kronologi, 3(2), 19-29. doi: https://doi.org/10.24036/jk.v3i2.146
Priyonggo, F. V. (2018). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Flash Untuk Materi Sistem Gerak Pada Manusia Kelas Vii. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/23383/21378
Ramadhani, W. P., & Mahardika, I. K. (2015). Seminar NasionaL Fisika Dan Pembelajarannya, 1(1), 85-92.
Rihanah, A., & Irma. (2022). Kelayakan Isi dan Bahasa Pada Buku teks bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Sirampong. Hasta wiiyata, 5(1), 32-42.
Rini, C. (2017). Pengaruh Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology And Society) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 56-64. doi:. http://dx.doi.org/ 10.23969/jp.v2i1.450
Rizkia, A. D., Sjaifuddin, & Rizkia, S. D. (2022). Developtment of Problem Solving Based Test Instrument to Foster The Student Creatif Thinking Skill on Environmental Conservation. Jurnal Pijar, 17(4), 447-455. doi:10.29303/jpm.v17i4.3671
Rosminah, R., Leksono, S. M., & Islami, R. Z. (2023). Pengembangan e-Modul Berbasis Inquiry Science IssuesTema Tanahku Tercemar untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas VII. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(4), 278-286. doi:https:// doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1250
Saputro, D. T. (2016). Implementasi Pendekatan Pembelajaran Sets (Science, Environment, Technology, Society) Pada Pembelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif (Pdto) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal Unnes.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. (Sutopo, Ed.) Bandung: Alfabeta Bandung.
Supartama, I. N., Pujan, N. M., & Priyanka, L. M. (2023). Analisis Motivasi Belajar IPA pada Kurikulum Merdeka. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN SAINS INDONESIA, 6(2), 196-205. Retrieved from https://ejournal.undiksha. ac.id/ index.php/JPPSI/article/view/69806
Syafitri, R. A., & Tressyalina. (2020). The Importance of the Student Worksheets of Electronic (E- LKPD) Contextual Teaching and Learning (CTL) in Learning to Write Description Text during Pandemic COVID-19. Atlantis Press, 284–287. doi: https:// doi.org/10.2991/assehr.k.201109.048
Tambunan, L. O. (2023). Pengembangan Bahan Ajar e-modul Matematika berbantuan Aplikasi Canva pada Materi Grafik. Cendekia : Jurnal Matematika, 7(2), 1030-1040.
Thiagarajan, S., Semmel, D., & Semmel, M. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/Social Education. Bloomington: Indiana University.
Torrance, E., Paul, & Pansy, T. J. (1973). Torrance Test of Creative Thinking. Bensenville: Delta Kappa Educational foundation.
Yuliani, H. (2017). Keterampilan Berpikir Kreatif pada Siswa Sekolah Menengah di Palangka Raya Menggunakan Pendekatan Saintifik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 3(1), 49-56. Retrieved from http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPFK/article/view/1134/pdf
Zulita, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Science Environment Technology And Society (SETS) Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Konsep Fluida Dinamis. Jurnal Edukasi, 2(2).