ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritisĀ siswa pada materi pesawat sederhana. teknik analisis data pada penelitian ini menggunkan tes essay yang telah diuji validitasnya dengan jumlah soal sebanyak 10 nomor berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tilamuta dengan total jumlah sampel sebanyak 100 responden. Hasil analisis data menunjukan bahwa hasil capaian kemampuan berpikir kritis siswa pada indikator memberikan penjelasan sederhana sebesar 49% (kategori sedang), indikator membangun keterampilan dasar 45% (kategori sedang), indikator menyimpulkan 39% (kategori rendah), indikator memberikan penjelasan lanjut 32% (kategori rendah), dan indikator mengatur strategi dan taktik 37% (kategori rendah), dengan persentase rata-rata sebesar 40% yang menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa berada pada kategori rendah.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Asri, N. A. (2022, September). Pengaruh Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Lesson Study Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Biologi (Vol. 2, No. 1, pp. 455-462).
Azmy, B. (2023). Discovery Learning Dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pendidikan (JURINOTEP), 1(3), 289-295.
Agnafia, D. N. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran biologi. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 6(1), 45-53.
Crismasanti, Y. D. (2017). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Melalui Tipe Soal Open Ended Pada Materi Pecahan (Doctoral dissertation, Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW).
Febriandi, R., Herman, T., & Turmudi, T. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematika pada Keterampilan Abad 21 Berdasarkan Konsep Diri. Journal of Elementary School (JOES), 5(2), 322-330.
Hidayati, A. R., Fadly, W., & Ekapti, R. F. (2021). Analisis keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA materi bioteknologi. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(1), 34-48.
Hassan, P., Laliyo, L. A. R., Botutihe, D. N., & Abdullah, R. (2020). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Menggunakan Five-Tie Multiple Choice pada Materi Hidrolisis Garam. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 8(2), 74-84.
Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari keterampilan proses sains dan motivasi belajar melalui model pbl. Journal of Primary Education, 6(1), 35-43.
Pulungan, D. A., & Herosian, M. Y. (2019). PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES TINGKAT LITERASI STATISTIS SISWA. SUPERMAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 1-12.
Rahayu, D. N. G., Harijanto, A.,& Lesmono, A. D. (2018). Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis siswa SMA pada materi fluida dinamis. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(2), 162-167.
Setiawan, I. Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Di Era Sdgs. Jurnal Sains Edukatika Indonesia (JSEI), 4(1).