PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TEMA BAHAYA MEROKOK

Chandra Eka Nuryanti
Sjaifuddin Sjaifuddin
Dwi Indah Suryani


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i2.5786

Abstract


Penelitian ini didasari oleh minimnya pengembangan bahan ajar berbasis pendekatan saintifik. Penelitian ini untuk mengetahui tingkat kevalidan e-book berbasis pedekatan saintifik untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis. Memakai metode RnD model 4D yang dialterasi oleh Thiagaradjan. Penelitian dilaksanakan dengan bagian define, design dan develop. Instrumen yang dipakai yaitu lembar validasi oleh dosen asli materi, dosen ahli media dan guru IPA SMP di tiga sekolah berbeda yaitu SMPN 5 Rangkasbitung, SMPN 10 Kota Serang dan SMPN 6 Pasarkemis. Hasil memperlihatkan bahwa proses pengembangan e-book dikerjakan menggunakan tiga tahapan seperti identifikasi masalah (define), menghasilkan produk (design) dan mendapatkan kelayakan produk (develop). Tingkat kelayakan e-book berbasis pendekatan saintifik untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis tema bahaya merokok memperoleh tolak ukur sangat valid dari ahli materi (85,19%), ahli media (91,66%) dan guru IPA SMP (83,48%). Sehingga nilai keseluruhan mendapatkan 86,78% yang termasuk kategori sangat valid, sehingga produk e-book dinyatakan sangat valid untuk proses pembelajaran.


Keywords


e-book; Pendekatan Saintifik; Kemampuan Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Ahadi, N. (2010). Pengantar Manajemen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Akbar, S. et al. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Anggraini, M., Yacob, F., & Hidayat, M. (2019). Desain Media Audio-Visual Pada Pembelajaran IPA Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Tingkat SMP Di Kecamatan Sukamakmur Dan Kuta Malaka. Prosiding Biotik, 6(1).

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Departemen Pendidikan Nasional. (1988). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Depdiknas.

DePorter, Bobbi. (2013). Quantum Learning, Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Facione, F. A. (2015). Critical Thingking: What It Is and Why It Counts. Measured Reasons LLC.

Faizah, U. (2009). Keefektifan Cerita Bergambar untuk Pendidikan Nilai dan Keterampilan Berbahasa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3).

Fuad Bin Abdul Aziz Al-Syahab. (2002). Quantum Teaching. Jakarta: Zikrul Hakim.

Holida, O., Munaris, dan Mustofa, A. (2019). Pengembangan Skenario Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning dan Discovery Learning dalam Menganalisis Novel. Lampung: Universitas Lampung.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Jensen, E. (2011). Pembelajaran Berbasis-Otak Paradigma Pengajaran Baru. Jakarta: PT Indeks.

Kalonji, G. (2005). Capturing the Imagination, High Priority Reforms for Engineering Educators In National Academy of Engineering (Ed), Educating the Engineer of 2020 Adapting Engineering Education to The New Century (146-150). Washington DC: National Academies Press.

Lestari, I. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata.

Maulidina, M., Susilaningsih, S., dan Abidin, Z. (2018). Pengembangan Game Based Learning Berbasis Pendekatan Saintifik pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran) Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembellajaran, 4(2), 113-118. https:// doi.org/10.17977/um031v4i22018p113

Nurdin,E S. (2015). The Policies on Civic Education In Developing National Character in Indonesia. International Education Studies. Vol.8 (8) pp.119-209.ISSN 1913-9020.https://doi.org/ 10.5539/ies.v8n8p199

Padmono. (2015). Pembelajaran Terpadu. Surakarta: Yuma Puustaka.

Piskurich, G. M. (2015). Rapid Instructional Design: Learning ID Fast and Right (3 ed). Hoboken, NJ: John Wiley and Son.https://doi.org/ 10.1002/ 9781119207528

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Rando, A. R. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dalam Implementasi Strategi Contextual Teaching Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pokok Bahasan Perkembangan Teknologi pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Vol. 1 No. 1.https://doi.org/10.37478/ jpe.v1i2. 90

Riduwan. (2012). Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sulistyorini, S. (2007). Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Semarang: Tiara Wacana.

Suratni dan Paat, J. (2013). Penelaah Buku Teks Pelajaran Kurikulum 2013 di Tinjau dari Aspek Kelayakan Isi, Penyajian, Bahasa dan kegrafikan. Vol. 2, 15-30.https://doi.org/10. 46961/jip. v2i1.122

Susilo, B. E., Darhim dan Prabawanto, S. (2018). Supporting Activities for Critical Thinking Skills Development Based on Students Perspective. Yogyakarta: ICSTI.https://doi.org/10.4108/eai.19-10-2018.2281320

Zucker, T. A., Moddy, A. K., dan McKenna, M. C. (2009). The Effects of Electronic Books on Prekindargatento-grade 5 Students Literacy and Language outcomes: A Research Synthesis. Journal of Education Computing Research, 40(1): 47-87. https://doi.org/10.2190/ EC.40.1.c