PENERAPAN BLENDED LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS KHUSUS OLAHRAGA (KKO)
Abstract
Keywords
Article Metrics :
References
Amelia, N. C., Zulhelmi, Z., Syaflita, D., & Siswanti, Y. (2021). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran POE Berbantuan Game Edukasi Berbasis Aplikasi Educandy di SMPN 25 Pekanbaru, 3(2), 56–61. https://doi.org/10.37058/diffraction.v3i2.4145
Ardian, A., Purwanto, S., & Alfarisi, D. S. 2019. Hubungan Prestasi Belajar Siswa Kelas Khusus Olahraga Dengan Kecerdasan Emosional. Jurnal Keolahragaan, 7(2). Https://Doi.Org/10.21831/Jk.V7i2.28103
Ardinnata, M. Y., & Mashud, M. 2023. Integrasi Model Pembelajaran Project-Based Learning Dengan Gaya Mengajar Inklusi Dalam Pembelajaran Keterampilan Bola Voli. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 22(4), 128. Https://Doi.Org/10.20527/Multilateral.V22i4.16399
Asrobanni, N., Lestari, H., Rukiyah, S., & Rohmadhawati, D. A. 2024. Penerapan Pembelajaran Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan Teaching At The Right Level Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Teks Tanggapan Siswa Di Kelas Vii.3 Smp Negeri 10 Palembang.
Datu, A. R., Tumurang, H. J., & Sumilat, J. M. 2022. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(2), 1959–1965. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i2.2285
Dewi, K. H. S., Jayaningsi, A. A. R., Sudiatmika, I. P. G. A., Fernando, A., & Raspati, Y. A. B. P. 2023. Diagnostik Kesulitan Belajar Mahasiswa Berdasarkan Sistem Metakognif Pada Taksonomi Marzano. 6, 2.
Fap, A. M., & Hardini, A. T. A. (2021). Blended learning untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar di masa pandemI Covid-19. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.21831/jitp.v8i1.39680
Haka, N. B., Anggita, L., Anggoro, B. S., & Hamid, A. 2020. Pengaruh Blended Learning Berbantukan Google Classroom Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(1), 1–12. Https://Doi.Org/10.23971/Eds.V8i1.1806
Jamil, M. M. 2019. Optimalisasi Model ARCS Dalam Pembelajaran Saintifik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Peminatan Mata Pelajaran Geografi Di Kelas Matematika Ilmu Alam. IJIS Edu : Indonesian Journal Of Integrated Science Education, 1(1), 7. Https://Doi.Org/10.29300/Ijisedu.V1i1.1401
Janah, B. U., & Ristianah, N. 2024. Penerapan Metode Blended Learning dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Vol 2, No 2, Februari 2024, Hal. 121-128
Juniarti, N. D., & Renda, N. T. 2018. Penerapan Model Problem Solvinguntuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. 2018, 1.
Lubis, M., & Widiawati, N. 2020. Integrasi Dominan Taksonomi Bloom Dengan Pendidikan Spiritual Al-Ghazali (Telaah Kitab Ayyuhal Walad). 5, 1.
Magnani, E. M. 2022. Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning (Dl) Terintegrasi Think Pair Share (Tps) Kelas Vii-H Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Smp Negeri 01 Batu. Jurnal Cerdik: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(2), 33–35. https://Doi.Org/10.21776/Ub.Jcerdik.2022.001.02.04
Mandang, T., & Tulandi, D. A. (2020). Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Blended Learning Materi Listrik Dinamis. 1.
Miksan Ansori. (2018). Desain Dan Evaluasi Pembelajaran Blended Learning Berbasis Whatsapp Group (Wag). Dirasah : Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 120–134. Https://Doi.Org/10.29062/Dirasah.V1i1.56
Meir, D. 2002. The Accelerated Learning Hand Book, Panduan Kreatif Merancang Program Pendidikan. Bandung: Kaifa.
Mukhid. 2023. Disain Teknologi Dan Inovasi Pembelajaran Dalam Budaya Organisasi Di Lembaga Pendidikan. 147 hlm . Pustaka Egaliter.Com, Yogyakarta. ISBN 978-623-185-111-6
Nazifah, N., Izzah, N., Suryanti, E., & Hanum, S. A. 2022. Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Pada Materi Gelombang Dan Alat Optik Dengan Model Discovery Learning. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 11–18. Https://Doi.Org/10.36706/Jipf.V9i1.15564
Nengsi, N. 2022. Pengaruh Sarana Prasarana Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Fiqih Siswa Kelas Vii 9 Mts Negeri 1 Enrekang. 1.
Nugroho, I. R., & Ruwanto, B. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Disika Berbasis Media Sosial Instagram Sebagai Sumber Belajar Mandiri Untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi BElajar Fisika Siswa Kelas XI SMA. 319–326.
Nurhamida, B. 2022. Implementasi Pembelajaran Kalor Melalui Pendekatan Saintifik Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Mata Pelajaran Ipa Siswa Mts. STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 2(1), 101–107. Https://Doi.Org/10.51878/Strategi.V2i1.946
Nurmaida Fitria, S., & Rohmah, S. A. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X-10 SMA Negeri Ambulu Pada Materi Pencemaran Lingkungan. MAGNETON: Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika UNWIRA, 1(2), 111–115. Https://Doi.Org/10.30822/Magneton.V1i2.2462
Prihantoro, A., & Hidayat, F. 2019. Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60. Https://Doi.Org/10.47200/Ulumuddin.V9i1.283
Putri, C. P., & Nasution, M. I. P. 2023. Metode Pembelajaran Blended LearningUntuk Meningkatkan Motivasi Belajar. DIAJAR(Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran) Vol. 2 No. 3 (2023) 326–331
Rachma, L. N., & Djoehartini, N. 2024. Pemanfaatan Asesmen Diagnostik Untuk Merancang Kegiatan Pembelajaran Dengan Pendekatan Tarl. 06(03).
Rachmawati, D., & Hidayati, D. 2023. Implementasi Sistem Informasi Akademik Berbasis Aplikasi Google Classroom Pada Kelas Khusus Olahraga Di SMA Muhammadiyah 2 Boja Kendal. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(3). Https://Doi.Org/10.58258/Jime.V9i3.5767
Rahmawati, A., Aqil Rusli, M., Rosdiana, & Alam, S. 2023. Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar IPA Melalui Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Discovery Learning. 5.
Safitri, W. C. D., & Mediatati, N. 2021. Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1321–1328. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i3.925
Sari, I. K. 2021. Blended Learning sebagai Alternatif Model Pembelajaran Inovatif di Masa Post-Pandemidi Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU Volume 5 Nomor 4Tahun 2021 Halaman 2156-2163
Sari, N., Sunarno, W., & Sarwanto, S. (2018). Analisis Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fisika Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 3(1), 17–32. https://doi.org/10.24832/jpnk.v3i1.591
Setyowati, D., Qadar, R., & Efwinda, S. (2022). Analisis Motivasi Siswa Berdasarkan Model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction) dalam Pembelajaran Fisika berbasis E-Learning di SMA Se-Samarinda. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 3(2), 116–129. https://doi.org/10.30872/jlpf.v3i2.1044
Sinta, T. (2020). Unnes Physics Education Journal.
Siti Yohanah, R. G. 2023. Evaluasi Pelaksanaan Program Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Kelas Khusus Olahraga SMP Negeri 1 Karawang Barat. https://Doi.Org/10.5281/ZENODO.7758069
Sitompul, H., & Situmorang, J. (2020). The Effect of Blended Learning Strategy and Creative Thinking of Students on the Results of Learning Information and Communication Technology by Controlling Prior Knowledge.
Syarif, I. (2013). Pengaruh model blended learning terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2). https://doi.org/10.21831/jpv.v2i2.1034
Uyun, M. 2022. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Blended Learning. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 7(1). https://Doi.Org/10.58258/Jupe.V7i1.3064
Wati, M. L. K. 2024. Peranan Guru Bahasa Indonesia Dalam Manajemen Peserta Didik Untuk Meningkatkan Kualitas Peserta Didik. 10(1).
Widyastuti, I., Winarno, N., & Wahyuningsih, Y. 2024. Meningkatkan Minat Belajar Siswa Menggunakan Model Discovery Learning Berbantuan Simulasi Phet Pada Topik Usaha, Energi Dan Pesawat Sederhana. 04.
Zebua, E., & Harefa, A. T. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 251–262. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.35