PENGEMBANGAN WEBSITE PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE SITES TOPIK EXPLORE OUR WORLD BERORIENTASI KECAKAPAN LITERASI DIGITAL UNTUK SISWA SMP
Abstract
Penelitian ini berakar dari rendahnya kecakapan literasi digital yang dialami oleh siswa yang disebabkan oleh kurangnya interaktivitas media pembelajaran dan belum optimalnya pemanfaatan pembelajaran secara digital. Sebagai solusinya, dikembangkanlah webite pembelajaran berbasis Google Sites pada topik "Explore Our World" yang diorientasikan dengan kecakapan literasi digital untuk siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan tingkat validitas dan menganalisis tingkat keterbacaan, sehingga website pembelajaran ini dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menerapkan metode Research and Development (R&D) yang menggunakan model pengembangan ADDIE sampai 3 fase, yaitu analisis (analyze), desain (design), dan pengembangan (develop) untuk menguji tingkat kevalidan dan keterbacaan. Lembar validasi ahli maupun keterbacaan siswa sebagai instrumen pengumpulan data. Sesuai dengan temuan penelitian ini, terdapat kesimpulan bahwa nilai validitas yang diberikan para ahli dan praktisi keseluruhan mencapai 92,98%, yang dikategorikan sebagai "Sangat Valid". Selain itu, tingkat keterbacaan mencapai 90,66% dengan kategori "Sangat Baik". Hal ini menandakan bahwa website pembelajaran berbasis Google Sites dapat membantu dalam proses pembelajaran IPA.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Adelila Sari, S., & Safitri, R. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA POSTER PADA MATERI STRUKTUR ATOM DI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(1). http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi
Arkadiantika, I., Ramansyah, W., Effindi, M. A., & Dellia, P. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIRTUAL REALITY PADA MATERI PENGENALAN TERMINATION DAN SPLICING FIBER OPTIC. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1). http://dx.doi. org/10.24269/dpp.v0i0.2298
Branch, R. M. (2010). Instructional design: The ADDIE approach. In Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer US. https://doi. org/10.1007/978-0-387-09506-6
Chetty, K., Qigui, L., Gcora, N., Josie, J., Wenwei, L., & Fang, C. (2018). Bridging the digital divide: Measuring digital literacy. Economics, 12(1). https://doi.org/10.5018/economics-ejournal.ja.2018-23
Cynthia, R. E., & Sihotang, H. (2023). Melangkah Bersama di Era Digital: Pentingnya Literasi Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusari, 7(3), 71312-31723. https://doi.org/10.31004/ jptam.v7i3.12179
Diyana, T. N., Supriana, E., & Kusairi, S. (2020). Pengembangan multimedia interaktif topik prinsip Archimedes untuk mengoptimalkan student centered learning. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 171–182. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i2.27672
Bernadedta., Hermawan, A., & Koerniawati, T. (2023). PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP PERILAKU PENCARIAN INFORMASI MAHASISWA FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI. Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 8(1). http://dx.doi.org/10.30829/jipi.v8i1.15232
Budiastuti, P., Soenarto, S., & Wahyu Ramdani, H., P. (2021). Analisis Tujuan Pembelajaran dengan Kompetensi Dasar pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1). http://dx.doi.org/ 10.21831/jee.v5i1.37776
Ernest, I. Z., & Putra M, M. D. (2023). The Use of Google Sites-based Electronic Modules in Science Learning Against Digital Literacy of Junior High School Students. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 12(2), 293–304. https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v12i2.56311
Fridayanti, Y., Irhasyuarna, Y., Putri, R. F., Lambung, U., & Basri, H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Pada Materi Hidrosfer Untuk Mengukur Hasil Belajar Peserta Didik SMP/MTS. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(3), 49-63.
Hairunnisah, Y. (2021). IMPLEMENTASI MEDIA VIDEOSCRIBE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 10(2). https://doi.org/10.23887/ jurnal_bahasa.v10i2.679
Idris, S. (2023). Mindset Kurikulum Merdeka. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6(2), 482–492. https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i2.3993
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Ketut Suastika, I., & Rahmawati, A. (2019). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(2), 58. http://dx.doi. org/10.26737/jpmi.v4i2.1230
Khasanah, R., & Muflihah, S. M. (2021). Online Learning Management Using Google Sites on Relations and Functions in Pandemic Conditions. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 2(1), 68–76. https://doi.org/10.37303/ jelmar.v2i1.49
Langub, L. W., & Lokey-Vega, A. (2017). Rethinking Instructional Technology to Improve Pedagogy for Digital Literacy: A Design Case in a Graduate Early Childhood Education Course. TechTrends, 61(4), 322–330. https:// doi.org/10.1007/s11528-017-0185-1
Magdalena, I., Fatakhatus Shodikoh, A., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., & Susilawati, I. (2021). PENTINGNYA MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SDN MERUYA SELATAN 06 PAGI. EDISI : Jurnal Edukasi dan Sains, 3(2). https:// ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Mutmainah, I., Vitasari, M., & Biru, L. T. (2023). PENGEMBANGAN E-INSTRUMEN TWO-TIER MULTIPLE CHOICE BERBASIS HOTS TEMA AYO SIAGA BENCANA UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 8(2), 161–171.
Nurrita, T. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Misykat, 3(1). https://dx.doi.org/10.33511/ misykat.v3i1.52
Prasetya, T. A., & Harjanto, C. T. (2020). PENGARUH MUTU PEMBELAJARAN ONLINE DAN TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SAAT PANDEMI COVID19. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(2).
Priscila Ritonga, A., Putri Andini, N., & Iklmah, L. (2022). Pengembangan Bahan Ajaran Media. Jurnal Multidisiplin Dehasen, 1(3), 343–348.
Sari, M., Nandita Elvira, D., Aprilia, N., Felicia Dwi, S. R., & Aurelita, N. M. (2024). MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. Jurnal Ilmiah Warta Dharmawangsa, 18(1).
Shopova, T. (2014). Digital literacy of students and its improvement at the university. Journal on Efficiency and Responsibility in Education and Science, 7(2), 26–32. https://doi.org/ 10.7160/eriesj.2014.070201
Taufik, A. N., Kristina, H., Gibran, B. F., Sabililah, A., Septiani, S., Warraihanah, D. A., Nurmalia, L., Syofiarni, & Risalah, O. T. (2023). Pengembangan E-Book Kontekstual Berorientasi Kearifan Lokal Banten untuk Siswa SMP. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(4), 1095–1104. https://doi.org/10.37630/ jpm.v13i4.1251
Wan Azli, W. U. A., Shah, P. M., & Mohamad, M. (2018). Perception on the Usage of Mobile Assisted Language Learning (MALL) in English as a Second Language (ESL) Learning among Vocational College Students. Creative Education, 09(01), 84–98. https://doi.org/10.4236/ ce.2018.91008
Zainal, M., & Kasmawati, S. T. (2021). Optimalisasi Google Site sebagai Media Pembelajaran Berbasis Website pada Pembelajaran Jarak Jauh. Seminar Nasional Pendidikan LPPM IKIP PGRI Bojonegoro: Strategi Membangun Budaya Literasi Di Era Digital, 2(1), 42–51. https:// doi.org/10.5281/zenodo.6508178