PENGARUH MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP KETERAMPILAN 4C SISWA KELAS VII MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI BANTEN

Rindi Rindi
Lukman Nulhakim
Liska Berlian


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i1.5720

Abstract


Perubahan dalam pendidikan telah terjadi secara signifikan. Model pengajaran telah berubah dari sekadar memberikan informasi menjadi pendekatan yang lebih fokus pada pengembangan keterampilan 4C. Penerapan model Numbered Head Together memungkinkan dapat mengembangkan keterampilan 4C. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model Numbered Head Together terhadap keterampilan 4C siswa kelas VII materi keanekaragaman hayati Banten. Metode penelitian memakai Quasy Experimental rancangan Pretest and Posttest Nonequivalent Group Design. Uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, artinya model Numbered Head Together berpengaruh terhadap keterampilan 4C. Hal ini terbukti, pada kelas eksperimen rata-rata untuk keterampilan berpikir kritis dan kreatif adalah 75,71, lebih tinggi daripada kelas kontrol 72,29. Kelas eksperimen juga menunjukkan keterampilan komunikasi yang sangat baik dengan nilai 81,7, sedangkan kelas kontrol 38,8 yang tergolong kurang komunikatif. Begitu pula dengan keterampilan kolaboratif, kelas eksperimen mencapai nilai 72,1 yang tergolong kolaboratif, sementara kelas kontrol 28,4 yang tergolong kurang kolaboratif. Kesimpulannya, penggunaan model Numbered Head Together memberikan pengaruh pada perkembangan keterampilan 4C siswa


Keywords


Model Numbered Head Together; Keterampilan 4C

Article Metrics :

References


Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: UNISSULA Press.

Amelia, D., Nulhakim, L., & Berlian, L. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif Tema Hujan Asam Yang Berorientasi Pada Keterampilan Komunikasi Sains Siswa. PENDIPA Journal of Science Education, 6(3), 806–816. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pendipa

Berlian, L., Nilasari, D., Nulhakim, L., & Ramadhani, F. (2024). Penerapan Project Based Learning Pada Konsep Bahaya Merokok Bagi Sistem Pernapasan Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(2), 601–608. http://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/eduproxima

Dhitasarifa, I., Dyah, Y. A., & Savitri, E. N. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Pada Materi Ekologi Di SMP Negeri 8 Semarang. Seminar Nasional IPA XIII, 684–694.

Fauziah, A. N., & Sudibyo, E. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Pada Materi Getaran dan Gelombang Untuk Melatihkan Keterampilan Kolaborasi Siswa. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 11(2), 161–167. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa

Febrianti, F. A. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPS. Journal Civis & Social Studies, 3(2), 42–52.

Harnovan, M. A. B., Jalmo, T., & Yolida, B. (2015). Perbandingan Model Pembelajaran NHT Dengan TPS Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bioterdidik Wahana Ekspresi Ilmiah, 3(5).

Hendracipta, N., Nulhakim, L., & Agustini, S. M. (2017). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Model Inkuiri Terbimbing di Sekolah Dasar. JPSD, 3(2), 215–227.

Isnawan, M. G. (2020). Kuasi Eksperimen. Lombok: Nashir Al-Kutub Indonesia.

Khoer, M. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VII Mata Pelajaran IPS di MTs Ma’arif Cipakem Kabupaten Kuningan). Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 16(2), 113–122. https://doi.org/10.25134/equi.v16i02

Khumaidah, N., Qomaria, N., Yamin, Hartiningsih, T., & Puspita Hadi, W. (2023). Analisis Keterampilan Komunikasi Siswa Pada Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Gamifikasi. Jurnal Natural Science Educational Research, 6(3), 38–46.

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40.

Margaretha, Y., Nulhakim, L., & Novianti Taufik, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write terhadap Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas VII pada Tema Pencemaran Lingkungan. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(2), 459–464. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.1015

Mulyani, P. S., & Fuadi, S. I. (2020). Implementasi Blended Learning Berbasis Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Communication Skill dan Collaboration Skill Mahasiswa di Era Industri 4.0. Quality, 8(2), 341–358.

Nahdi, D. S. (2019). Keterampilan Matematika Di Abad 21. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 133–140.

Nuraina, & Rohantizani. (2023). Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Dengan TPS Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. ASIMETRIS: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(1), 25–35. http://journal.umuslim.ac.id/index.php/asm/

Pratiwi, E. A., Witono, A. H., & Jaelani, A. K. (2022). Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas V SDN 32 Cakranegara Kecamatan Sandubaya Kota Mataram Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1639–1646. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.832

Putri, D. M., Nulhakim, L., & Resti, V. D. A. (2023). Development Of Macromedia Flash 8 On The Theme Of Green Growth To Grow Students’ Creative Thinking. Cakrawala Pedagogik, 7(2), 350–361.

Ramadhan, A. R., Berlian, L., & Nestiadi, A. (2023). Pengembangan E-Modul Tema Sehatkan Bumiku untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(2), 291–295. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.891

Rivalina, R. (2020). Pendekatan Neurosains Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Guru Pendidikan Dasar. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 83–109. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n1.p83--109

Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, 8(2), 112–122.

Sulistio, A., & Haryanti, N. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning Model). Jawa Tengah: CV. Etreka Media Aksara.

Widiastuti, W., & Kania, W. (2021). Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia, 3(1), 259–264.