PENGARUH MODEL STEM DALAM MEMBANGUN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV PADA MATERI PERUBAHAN BENDA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Allanta, T. R., & Puspita, L. (2021). Analisis keterampilan berpikir kritis dan self efficacy peserta didik: Dampak PjBL-STEM pada materi ekosistem. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 7(2), 158–170. https://doi.org/10.21831/jipi.v7i2.42441
Amelia, T. (2019). Pengaruh Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematic) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Kelas XI pada Mata Pelajaran Biologi di MAN 2 Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Anindayati, A. T., & Wahyudi, W. (2020). Kajian pendekatan pembelajaran STEM dengan model PjBL dalam mengasah kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. EKSAKTA: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 5(2), 217-225.
Anjarsari, R. (2022). Pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terintregasi STEM terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tematik materi IPA Kelas 5 di SDI Surya Buana Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
DAN, T. K. B. K. (2022). IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS STEM DENGAN MEDIA VIRTUAL REALITY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SELF REGULATION PESERTA DIDIK. QUANTUM, 13(1), 96-108.
Damayanti, E, D. (2018) PENERAPAN PEMBELAJARAN IPA BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP (Universitas Pendidikan Indonesia)
Davidi, E. I. N., Sennen, E., & Supardi, K. (2021). Integrasi pendekatan STEM (science, technology, enggeenering and mathematic) untuk peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Scholaria: jurnal pendidikan dan kebudayaan, 11(1), 11-22.
Dewi, N. N. S. K. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS STEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS I DALUNG KUTA UTARA (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).
Dini Nurbayani, D., Anna Fitri Hindriana, A., & Sulistyono, S. (2023). Pembelajaran Berbasis Proyek Terintegrasi STEM (PjBL-STEM) Meningkatkan Keterampilan Rekayasa dan Sikap Kewirausahaan. Quagga.
Fatimah, S. Hubungan Belief dan Persepsi terhadap Kesiapan Merencanakan Pembelajaran berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, Arts and Mathematics) pada Guru PAUD di Kecamatan Ciputat Timur (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Fauziah, A. S. (2020). Kemampuan Penalaran Ilmiah Peserta Didik Se-SMAN Tangerang Selatan (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Fitriyani, A., Toto, T., & Erlin, E. (2020). Implementasi Model PjBL-STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Bioed: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 1-6.
Goodman, B., & Stivers, J. (2010). Project-based learning. Educational psychology, 2010, 1-8.
Hanafi, I. (2023). PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP ANALISIS KONSEP PERUBAHAN WUJUD BENDA PADA SISWA KELAS V (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Hanim, N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Sistem Gerak. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 5(2), 141. https://doi.org/10.22373/biotik.v5i2.3023
Hassoubah, Z. I. (2004). Developing creative & critical thinking skills. Bandung: Nuansa.
Izzani, L. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran STEM Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Asam Basa Di SMA Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).
Lestari, P. A. (2022). PENGARUH PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, MATHEMATICS) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SD (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Kelas V Semester 2 Tahun Ajaran 2021/2022) (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Pangaribowosakti, A. (2014). Implementasi pembelajaran terpadu tipe shared untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa SMK pada topik limbah di lingkungan kerja. Skripsi, UPI.
Perdana, S. A. (2018). Analisis Kualitas Instrumen Pengukuran Pemahaman Konsep Persamaan Kuadrat Melalui Teori Tes Klasik Dan Rasch Model. Jurnal Kiprah, 6(1), 41–48. https://doi.org/10.31629/kiprah.v6i1.574
Simbolon, E. R., & Tapilouw, F.S. (2015). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Berpikir Kritis Peserta didik SMP. Jurnal Edusains. 7(1), 97-104
Suhelayanti, dkk, 2023, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS), Langsa:Yayasan Kita Menulis.
Suardi, S. (2020). Implementasi Pembelajaran Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Dalam Berpikir Kritis, Kreatif Dan Bekerjasama Peserta Didik Kelas Viia Smp Negeri 4 Sibulue. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 16(2), 135.
Sukatin, S., Munawwaroh, S., Emilia, E., & Sulistyowati, S. (2023). Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Anwarul, 3(5), 1044-1054.
Tawil, M. (2008). Pengaruh Kemampuan Penalaran Formal Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas II SMP Negeri 1 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 14(70), 79-100.
Tipani, A., Toto, T., & Yulisma, L. (2019). Implementasi model PjBL berbasis STEM untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan berpikir analitis siswa. BIO EDUCATIO:(The Journal of Science and Biology Education), 4(2), 70-76.
Warda, A., & Sudibyo, E. (2018). KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM IMPLEMENTASI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SUB MATERI PEMANASAN GLOBAL. Unnesa, 6(2), 238–242.
Yasifa, A., Hasibuan, N. H., Siregar, P. A., Zakiyah, S., & Anas, N. (2023). Implementasi pembelajaran STEM pada materi ekosistem terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Journal on Education, 5(4), 11385-11396.
Yulaikah, I., Rahayu, S., & Parlan, P. (2022). Efektivitas Pembelajaran STEM dengan Model PjBL Terhadap Kreativitas dan Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 7(6), 223-229.