PENGEMBANGAN E-MODUL IPAS TERINTEGRASI STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR

Tutut Hartina Ilmiah Ningsih
Oktaviani Adhi Suciptaningsih


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i4.5689

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan efektivitas E-Modul IPAS berbasis STEM berbantuan flipbook digital untuk meningkatkan berpikir kritis siswa kelas 4 SD/MI dengan topik Kekayaan Alam dan Budaya Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan Borg and Gall yang dimodifikasi Palilingan. Wawancara, angket, tes dan dokumentasi digunakan sebagai strategi pengumpulan data. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi, lembar angket dan lembar tes berpikir kritis menggunakan pre-test dan post-test. Dengan kategori sangat valid, nilai validitas dari ahli materi adalah 92,5% dan dari ahli media sebesar 88,4%. Berdasarkan review N-gain, efektivitas produk dalam peningkatan berpikir kritis sebesar 0,84. Dan temuan angket respon siswa sebesar 89,5% yang memiliki kategori sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-modul IPAS berbasis STEM yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif serta sesuai dalam meningkatkan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPAS di SD/MI.


Keywords


E-modul; STEM; berpikir kritis; flipbook digital

Article Metrics :

References


Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Arnila, R., Purwaningsih, S., & Nehru. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematic) Pada Materi Fluida Statis dan Fluidadinamis Menggunakan KIVOSFT Flipbooks Maker. Edumaspul -Jurnal Pendidikan, 5(1), 551–556. https://doi.org/https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1216

Dari, F. W., & Ahmad, S. (2020). Model Discovery Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2014), 1469–1479. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.612

Halim, A. (2022). Signifikansi dan Implementasi Berpikir Kritis dalam Proyeksi Dunia Pendidikan Abad 21 Pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 3(3), 404–418. https://doi.org/https://doi.org/10.59141/jist.v3i03.385

Haryati, T., Suciptaningsih, O. A., Dewi, R. S. I., & Sucipta, N. A. (2023). Development of an Interactive Ebook to Improve Cultural Literacy and Citizenship in Class VIII Junior High School Students. Jurnal Teknologi Pendidikan, 25(3), 347–362. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21009/JTP2001.6

Humairah, L. P., Wahyuni, S., Nuha, U., & Wahyuni, D. (2022). Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Flipbook Digital Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. 26–34. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.js.2024.v14.i01.p26-34

Kartini, K. S., & Putra, I. N. T. A. (2020). RESPON SISWA TERHADAP PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1), 12–19. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jpk.v4i1.24981

Lestari, N., & Apsari, N. (2022). e-Modul Ethnophysics for Critical Thinking Skills in the Covid-19 Pandemic. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Fisika, 8(2), 193–206. https://doi.org/doi.org/10.21009/1.08202

Lutfi. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Digital Untuk Pendidikan Anak Usia Dini di RA Hasanussholihat Tangerang. Jurnal Tahsinia, 4(2), 288–299. https://doi.org/https://doi.org/10.57171/jt.v4i2.201

Ly, P., Bani, M., Hariana, V., & Meok, P. (2024). Development of E-Modules for Elementary Students. Pegem Journal of Education and Instruction, 14(3), 300–310. https://doi.org/10.47750/pegegog.14.03.28

Oktaviara, R. A., & Pahlevi, T. (2019). Pengembangan E-modul Berbantuan Kvisoft Flipbook Maker Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Menerapkan Pengoperasian Aplikasi Pengolah Kata Kelas X OTKP 3 SMKN 2 Blitar. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 7(3), 60–65.

Palilingan, R. N. (2014). Bentuk Langkah Metode R&D. Universitas Negeri Manado.

Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128–137. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185

Rismayanti, T. A., Anriani, N., & Sukirwan, S. (2022). Pengembangan E-Modul Berbantu Kodular pada Smartphone untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 859–873. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1286

Rosnaeni, R. (2021). Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(5), 4341–4350. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1548

Rusnilawati, R., Hidayat, M. T., Hazima, A. A., Tadzkiroh, U., Kusuma, R. R., Putri, R. S., Nugroho, S., & Sujalwo, S. (2023). Pelatihan Flipped Learning dengan Pendekatan STEM di SD Muhammadiyah 22 Sruni Surakarta. Buletin KKN Pendidikan, 4(2), 108–122. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i2.21107

Safitri, W. C. D., & Mediatati, N. (2021). Penerapan Model Discovery Learningdalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1321–1328. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.925

Sari, S. U. R., Lestari, R. D., & Kinasih, I. A. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Pjbl Terintegrasi Stem Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Disposisi Matematis Dalam Menyelesaikan Permasalahan Matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 7(2), 61. https://doi.org/10.26737/jpmi.v7i2.3634

Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, 3(2), 112–122. https://doi.org/https://doi.org/10.15548/alawlad.v8i2.1597

Setyawan, J., Roshayanti, F., & Novita, M. (2023). Model pembelajaran RADEC berbasis STEAM pada materi sistem koloid mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Practice of The Science of Teaching Journal: Jurnal Praktisi Pendidikan, 2(1), 18–26. https://doi.org/https://doi.org/10.58362/hafecspost.v2i1.29

Suarsana, I. M., & Mahayukti, G. A. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 2(3), 193. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v2i2.2171

Supriyatun, S. E. (2019). Implementasi pembelajaran sains, teknologi, engineering, dan matematika STEM pada materi fungsi kuadrat. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 5(1), 80–87. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v5i1.567

Susanti, Y. D., Rahmadewi, R., Ningrum, W. W. K., Nuryadin, A., & Alim, M. A. bin A. (2023). Development of Interactive E-Module on Learning IPAS. Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.33830/jp.v24i2.4579.2023

Sutama, I. W., Astuti, W., & Anisa, N. (2021). E-Modul Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Sebagai Sumber Belajar Digital. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 449. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.41385

Turnip, F. R., Rufi’i, & Karyono, H. (2021). Pengembangan E-modul Matematika Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 9(2), 485–498. https://doi.org/10.25273/jems.v9i2.11057

Yasifa, A., Hasibuan, N. H., Siregar, P. A., Zakiyah, S., & Anas, N. (2023). Implementasi Pembelajaran STEM pada Materi Ekosistem terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Journal on Education, 05(04), 11385–11396. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2081

Yolanda, Y., & Imaduddin, M. (2021). PENGGUNAAN BUKU AJAR FISIKA TERMODINAMIKA BERBASIS KONTEKSTUAL. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(1), 7–16. https://doi.org/https://doi.org/10.31851/luminous.v2i1.5190

Yulianti Rahayu, R. D., Mawardi, M., & Astuti, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SD melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 4(1), 8. https://doi.org/10.26737/jpdi.v4i1.927