PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SIMULASI GAME ONLINE PEMBELAJARAN IPA TERHADAP MOTIVASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PORONG

Novi Ekayani Rahayuningsih
Arlin Sri Purwati
Elok Sudibyo


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i4.5677

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media simulasi game online terhadap motivasi pembelajaran IPA. Penelitan ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dijalankan dua siklus dan setiap siklus terdapat 4 tahap kegiatan yakni merencanakan, tindakan, mengamati dan merefleksikan. Sampel berjumlah 32 orang yang akan diteliti. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi yang mempunyai bentuk daftar ceklist dengan cakupan indikator motivasi. Studi terhadap motivasi siswa dalam pembelajaran IPA diolah memakai perumusan persentase P=(F/N)X100%. Hasil memperlihatkan peningkatan motivasi belajar siswa. Secara menyeluruh motivasi belajar siswa dari tahap pra tindakan berskor 45% kesiklus I mengalami peningkatan menjadi 72%. Lalu ada peningkatan dari siklus I kesiklus II dan menjadi 80%, sehingga dapat disimpulkan penggunakan media simulasi game online memudahkan siswa memahami materi dan merasa lebih termotivasi untuk belajar.


Keywords


motivasi belajar; media simulasi game online; pembelajaran IPA

Article Metrics :

References


Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 1990. Metode Belajar Dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung : Tarsilo.

Inda, D., Nulhakim, L., Vitasari, M.2024. Pengaruh Model Pembelajaran Tutor Sebaya Berbantu Media Wordwall Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP Kelas VII. Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA 6(2). https://doi.org/10.29100/.v6i2.4779.

Kemmis, S. & Robin McTaggart. 1988. The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press.

Solikah, H. 2020. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interatif Quizizz Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Teks Persuasif Kelas VII di SMPN 5 Sidoarjo Tahun Pelajaran 2019/2020. Universitas Negeri Surabaya.

Suprihatin, S. 2015. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73-82.

Uno, Hamzah B. 2019. Teori Motivasi Dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Yuniarti, D.A.F., Kartika, D.L. and Prianggono, A. 2022. Analisis Minat Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Teknik Informatika Pada Mata Kuliah Matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 7(1), p. 47. https://doi.org/10.26737/jpmi.v7i1.3437.