EFEKTIVITAS-PENDEKATAN-CRT (CULTURALLY-RESPONSIVE-TEACHING) PADA-MATA-PELAJARAN-IPA-TERHADAP SELF-AWARENESS

Az-Zahra Siwi Hesti Manekung
Hasan Subekti
Bangun Isro'i


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i4.5664

Abstract


Self-awareness merupakan komponen yang harus dimiliki oleh peserta-didik dalam proses pembelajaran. Pada penelitian-ini, peningkatan self-awareness dikaitkan dengan pendekatan Culturally-Responsive-Teaching (CRT). Tujuan-dari-penelitian-ini adalah untuk-mengetahui efektivitas pendekatan-CRT terhadap self-awareness peserta-didik pada mata pelajaran-IPA. Dengan pendekatan CRT diharapkan peserta-didik dapat menyadari bahwa unsur kebudayaan dapat dikaitkan dengan materi IPA. Penelitian-ini-merupakan penelitian-tindakan-kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan format lesson-study dan metode-kuantitatif. Desain-penelitian yang digunakan adalah penelitian-eksperimen yaitu pre-experimental dengan desain one-group pretest-posttest design.  Lesson study terdiri dari 3 (tiga) tahapan, yaitu plan (perencanaan), do (pelaksanaan) dan see (mengamati dan merefleksi). Pada siklus 1 pemebelajaran sebelum menerapkan pendekatan CRT diperoleh hasil rata-rata self-awareness sebesar 68%. Sedangkan pada siklus 2 pembelajaran setelah menerapkan pendekatan CRT diperoleh hasil rata-rata self-awareness sebesar 82%. Efektivitas pendekatan CRT terhadap self-awareness dilakukan menggunakan SPSS Versi 21 yaitu uji-t (Paired T-Test) diperoleh hasil signifikansi 0,00 ≤ 0,05. Sehingga diperoleh hasil bahwa pendekatan CRT efektif untuk meningkatkan self-awareness pada mata pelajaran IPA.


Keywords


Self-awareness; CRT; mata pelajaran IPA

Article Metrics :

References


Abdurahman. (2018). Psikologi-Pendidikan-Tanpa-Kekerasan Yogyakarta: Tiara-Wacana.

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018). Research-Methods in-Education (8th ed.). New-York: Routledge.

Cortina, J. M. (2020). What Is-Coefficient Alpha? An-Examination of-Theory and-Applications. Journal of-Applied-Psychology, 105(12), 1-10.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi-analisis multivariate-dengan program-IBM-SPSS 25 Edisi-9. Semarang: Badan-Penerbit Universitas-Diponegoro.

Hafizah R. (2021) PROFIL-SELF-AWARENESS-REMAJA . Journal of-Education and-Counseling 2 (1) 158 – 166

Hair Jr, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2019). Multivariate-Data Analysis (8th ed.). New-York : Cengage-Learning.

Helawati,R., Sagir,A & Hairina,R. (2022). Pengaruh-Self Awareness Terhadap-Perilaku Menyontek Mahasiswa-Psikologi Islam UIN-Antasari Banjarmasin . Jurnal Al-Husnahal 3 (1) 31-46 DOI: 10.18592/jah.v3vi1i.5645

Julianto, B., Wagimin & Muskim M. (2016) . Keefektifan-Self-Awareness Training untuk Meningkatkan-Penyesuaian-Diri Peserta Didik . Jurnal Program-Studi Bimbingan-dan Konseling-FKIP, Universitas-Sebelas Maret-Surakarta Vol 4 (1) (1), 1-12.

Larasati, A., Sunarti, T & Budiwati (2023) Implementasi Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) Pada Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika 12 (3) 83-91

Maharani, L & Mustika M. (2016) . HUBUNGAN-SELF AWARENESS DENGAN-KEDISIPLINAN PESERTA-DIDIK KELAS VIII DI SMP-WIYATAMA BANDAR-LAMPUNG . Konseli: Jurnal-Bimbingan dan-Konseling 03 (1) 17-31

Martiwi,E & Novika,F.P . (2023). Keterampilan Berpikir-Analitis Siswa Melalui Pembelajaran-Group Investigation dengan Pendekatan Science-Literacy . Jurnal Tadris-IPA Indonesia 3 (1) 15-24

Milati,I.K., Nurosi,H & Siska A,P. (2023) Efektivitas-Pendekatan Culturally-Responsive-Teaching (CRT) untuk Meningkatkan Hasil-Belajar Siswa Kelas II Sekolah-Dasar . Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu-Sosial, dan Pengabdian-Kepada-Masyarakat 3 (3) 1121-1127

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum-Merdeka, Wujud Merdeka-Belajar di Sekolah-Dasar. Research & Learning in-Elementary Education, 6(4), 7174- 7187. doi:10.31004/basicedu.v6i4.3431

Rosadi, H. Y., & Andriyani, D. F. (2021). Tantangan menjadi-guru BK dengan kurikulum-merdeka belajar di-masa pandemi COVID-19. Prosiding Konstelasi-Ilmiah Mahasiswa-Unissula (KIMU) Klaster Humanoira.

Rusandi & Rusli, M. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar Deskriptif dan Studi-Kasus. Jurnal-Pendidikan dan Studi-Islam, 2(1). doi:10.55623/au.v2i1.18

Siregar, Syofian. (2015). Statistika Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono. (2014). Statistika-untuk penelitian. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian-Kuantitatif Kualitatif-dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widiyanto. (2018). SPSS for Windows-Untuk Analisis Data-Statistik dan-Penelitian. Surakarta: BP-FKIP UMS

Wiratna, Sujarweni. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press