PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP

Ferdiana Rizka Agustina
Wahyu Budi Sabtiawan
Mujianto Mujianto


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i4.5644

Abstract


Tujuan penelitian meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar peserta didik kelas VIII-A di SMP Negeri 1 Babat dengan menerapkan model discovery learning.. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Sumber penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-A semester genap tahun ajaran 2023/2024 berjumlah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan angket motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajartan menggunakan model discovery learning pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari hasl penelitian keaktifan peserta didik pada siklus I sebesar 66,11% dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 76,06%. Motivasi belajar peserta didik juga meningkat, hal ini dapat dilihat pada siklus I sebesar 61,66% dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 72,91%. Penelitian ini membuktikan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Babat.


Keywords


Discovery learning; keaktifan; motivasi; pembelajaran IPA; PTK

Article Metrics :

References


Abidin, Yunus. (2013). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Refika Aditama. Bandung

Anggraeni, A. A., Veryliani, & Fatkhu, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. International Journal of Elementary Education, 3, 218–225. https://doi.org/ 10.26877/ malih peddas.v2i2.500

Arikunto, S., Supardi, & Suhardjono. (2021). Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. (2008). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta

Asrul, A., Ridlo, S., & Susilo, S. (2018).

Creative Thinking Analysis, Motivation and Concept Mastery on Learning of Cooperative Discovery Model in Elementary School. Journal of Primary Education, 7(1), 48-56. DOI 10.15294/JPE.V7I1.21736

Bagja, Wahyu Sulfemi. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Rontal Keilmuan PKN , 5(1) 17 30. https://doi.org/10.29100/jr.v5i1.1021

Dakhi, O. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Prestasi Belajar. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1),

–15. https://doi.org/10.56248/ educa tivo.v1i1.2

Ernata, Y. (2017). Analisis motivasi belajar peserta didik melalui pemberian reward dan punishment di sdn ngaringan 05 kec. Gandusari kab. Blitar. Jurnal Pemikiran Dan

Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 781–790. https:// doi.org/10.22219/jp2sd.v5i2.4828

Handayani, T. (2021). Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Luas Dan Keliling

Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 6(1) http://dx.doi.org/ 10.26418/jpp.v6i1.45788

Hosnan. (2016). Hosnan, 2016. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21.

Ghalia Indonesia.

Kusnandar, D. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Dan Motivasi Belajar IPA. MADRASCIENCE: Jurnal Pendidikan Islam, Sains, Sosial, Dan Budaya, 1, 17–30. http://madrascience.com/index.php/ms/article/view/62/27

Marselus (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Motivasi Belajar Siswa Keas X Multimedia Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital Di SMK Negeri 1 Mempawah Hulu. Jurnal Penelitian Inovatif (JUPIN), 21-34. : https://doi.org/10.54082/jupin.4

Martha, Elda dkk. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran IPA Kelas IV SD YPK Persiapan Mirafan. Jurnal Papeda, 3(1) https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i1.832

Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1717-1724 https://doi.org/ 10.31004/ basicedu.v5i4.991

Puji, Retno Purwati. (2020). Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik dengan Pendekatan Discovery Learning menggunakan Google Classroom. Habitus: Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Antropologi. 4(1) 202-212 https:// doi.org/10.20961/habitus.v4i1.45725

Putri, Mutiara dkk. (2021). Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar

Siswa dengan Menggunakan Model

Kooperatif Tipe Make A Match Pada

Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam

di Kelas IV SDN 1 Mandirancan

Kabupaten Kuningan. 3(4) Action Research Jurnal Indonesia (ARJI). https://doi.org/10.61227/arji.v3i4.51

Rizki,Muhammad, dkk (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas V Tema 8 di SD Negeri 1 Selo

Kabupaten Grobogan Jawa Tengah. Jurnal Paedagogy, 8 (3), 422-430. https://doi.org/10.33394/jp.v8i3.3902

Saefuddin, A. & Budiati, I. (2014). Pembelajaran Efektif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sanjaya, Wina. (2014). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sardiman, A.M. (1994). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar: Pedoman bagi Guru dan Calon Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suhana, Cucu (2014). Konsep Strategi

Pembelajaran. Bandung: PT Refika

Aditama.

Sukardi. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas Implementasi dan Pengembangan nnya. Jakarta: Bumi Aksara

Syah, M. (2017). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. (A. S. Wardan, Ed.; 12th ed.). PT.

Remaja Rosdakarya.

Wagiran. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan, Teori dan Implementasi. Yogyakarta: CV Budi Utama