PENERAPAN PBL BERBANTUAN MEDIA JURNAL BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN RESPON BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 28 SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan respon belajar siswa kelas VIII di SMPN 28 Surabaya melalui penerapan Problem Based Learning (PBL) yang disertai jurnal belajar. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terdiri dari dua siklus, masing-masing meliputi perencanaan, implementasi, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas VIII E, terdiri dari 17 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Data dikumpulkan melalui dokumentasi dan observasi. Pada siklus I, pelaksanaan pembelajaran dikategorikan cukup baik (72%) pada pertemuan pertama dan baik (75%) pada pertemuan kedua. Jurnal belajar menunjukkan hasil yang belum optimal. Respon belajar siswa tidak merata, seringkali siswa enggan menjawab pertanyaan. Pada siklus II, penerapan PBL meningkat dengan persentase 80% pada siklus I menjadi 88% pada siklus II. Partisipasi siswa dalam penulisan jurnal belajar meningkat dengan 18 siswa menunjukkan respons sangat baik, dan persentase respon belajar mencapai (88%).
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Arini, W., & Lovisia, E. (2019). Respon Siswa Terhadap Media Pembelajaran Alat Pirolisis Sampah Plastik Berbasis Lingkungan Di Smp Kabupaten Musi Rawas. Thabiea: Journal Of Natural Science Teaching, 2(2), 95-104.
Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. From Retrieved https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp-
content/uploads/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf pada 18 April 2024.
Devirita, D., Neviyarni., & Daharnis. (2021). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Problem Based Learning Di Sekolah Dasar. jurnal basicedu, 5(2), 469-447.
Efendi, D. N., B. Supriadi., & L. Nuraini. (2021). Analisis Respon Siswa Terhadap Media Animasi Powerpoint Pokok Bahasan Kalor. Jurnal Pembelajaran Fisika (JPF) Universitas Jember, 10(2), 49-53.
Hasanah, L. N. (2014). Penerapan Jurnal Reflektif Pada Pembelajaran Pengelolaan Lingkungan Di SMP N 1 Grabag Magelang. Universitas Negeri Semarang.
Husamah. (2016). Penerapan Tugas Menulis Jurnal Belajar Terhadap Nilai Akhir Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pengantar Pendidikan Di Prodi Pendidikan Biologi Fkip-Umm. Prosiding Seminar Nasional II.
Kalsum, U. (2022). Problem Based Learning Motivasi Belajar Fisika. Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Kurniawati, I., T. J. Raharjo., & Khumaedia. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi Tantangan abad 21. Seminar Nasional Pascasarjana. 2019, 701-708.
Munawarah, L., Y. Pantiwati & A. Rofieq. (2015). Penggunaan Jurnal Belajar Dalam Pembelajaran Class Wide Peer Tutoring Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 1(3), 263-273.
Putra, A., & I. F. Milenia. (2021). Systematic Literature Review: Media Komik Dalam Pembelajaran Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 2686-5823.
Putri, K. D., I. Krisdiana, & I. Setiyowati. (2023). Penerapan Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 1 Cengkok, Ngrogot, Kab. Nganjuk. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8 (2), 3382-3394.
Ramdhani, R., S. P. Sayekti. (2023). Implementasi Reward dan Punishment dalam Menciptakan Lingkungan Kondusif Belajar Pada Mata Pelajaran Siroh di SDIT Al-Hikmah Depok. Tarbiatuna:Jourbal Of Islamic Education Studies, 3(1), 105-116.
Silberman, M. (2011). Active Learning, 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Insan Madani.
Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning. Pustaka Pelajar
Tim Pelatih Proyek PGSM. (1999). Penelitian Tindakan Kelas “Classroom Action Research”. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Proyek PGSM.
Wulan, D. A. Nawang., & L. S. Astutik. (2023). Pengembangan Media Pop-Up Book Pada Materi Siklus Air Untuk Siswa Kelas 4 SDN 1 Waung. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 17644-17655.