PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF IPA SISWA
Abstract
Tujuan penelitian : (1) mendeskripsikan perbedaan hasil belajar kognitif (2) mendeskripsikan seberapa tinggi pengaruh (3) mendeskripsikan respon siswa. Penelitian ini kuantitatif eksperimen. Metode penelitian ini eksperimen semu. Populasi penelitian seluruh siswa kelas III berjumlah 50. teknik total sampling digunakan dalam pengambilan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Alat tes yang digunakan dalam penelitian adalah tes hasil belajar berupa uraian dengan jumlah 6 butir soal. Alat non tes berupa angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t, effect size dan presentase respon siswa. penelitian menunjukkan bahwa terdapat : (1) adanya perbedaan pada hasil belajar kognitif dengan thitung = 4,558 > ttabel =2,010; (2) model pembelajaran Kooperatif tipe STAD berbantuan media interaktif Quizizz memberikan pengaruh yang tinggi terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPA sebesar 0,90 (kriteria tinggi).; (3) Respon siswa positif dengan presentase sebesar 84% kategori sangat baik.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Adelia, V., Basith, A., Utama, E. G., Murdani, E., & Mursidi, A. (2024). Pengaruh Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Terhadap Kepercayaan Diri Siswa SD Dalam Pembelajaran IPA. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 9(1), 1-6.
Aisyah., Panjaitan, R.G.P. dan Marlina, R.(2016). Respon Siswa Terhadap MediaE- Comic Bilingual Sub Materi Bagian-Bagian Darah. Jurnal Pendidikan danPembelajaran. 5 (3): 1-12
Alfajri, M., E. Edidas, dan T. Thamrin. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Menerapkan Dasar-Dasar Kelistrikan. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika) 7(3):249. https://doi.org/ 10.24036/voteteknika.v7i3.105688
Dapiha, D. D. (2019). Penerapan Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Kelas IV SDN 11 Ujan Mas. JPGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(1), 22-27. https://doi.org/ 10.33369/pgsd.12.1.22-27
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi belajar mengajar. Palangkaraya: Akasia.
Febriyantini, F., Utama, E. G., & Mariana, D. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Berbasis Etnosains pada Pembelajaran IPA Materi Perpindahan Kalor Kelas V SD. Jurnal Pendidikan, 32(3), 411-420.
Hanim, S. (2011). “Respon Siswa dalam Kegiatan Belajar mengajar “. http:// id.shvoong.com/socialsciences/education/2143438-respon-siswadalam-kegiatanbelajar/. Diakses 20 Desember 2013.
Isjoni, H. (2012). Cooperative Learning efektifitas pembelajaran kelompok. Bandung: Alfabeta.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.(2014 ). Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia, Implementasi, dan Kisah Sukses. Kemendikbud
Kodir, A. (2018). Manajemen Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013 Pembelajaran Berpusat Pada Siswa. Bandung: Pustaka Setia.
Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyrakat. Prenada media.
Kusumawardani, N., Siswanto, J., & Purnamasari, V. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media poster terhadap hasil belajar peserta didik. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 170-174.
Marheni, N. K., Jampel, I. N., & Suwatra, I. I. W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (STAD) Terhadap Sikap Sosial dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 351-361.
Muchtar, H. (2010). Penerapan penilaian autentik dalam upaya peningkatan mutu pendidikan. Jurnal Pendidikan Penabur, 14(9), 68-76.
Ningsih, E. M. (2022). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Stad Berbantuan Media Lks Dan Quiziiz Serta Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Di Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 1(3), 177-200.
Nugroho, S., & Shodikin, A. (2018). Efektivitas Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan Komik pada Siswa SD. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1), 22-32.
Nuramanah, S. A., Iwan, C. D., & Selamet, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz terhadap Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bestari. Jurnal Studi Pendidikan Islam, 17 (1), 117.
Riny, M., & Safrul, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran STAD Menggunakan Powerpoint Interaktif terhadap Kemampuan Kognitif Siswa pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8666-8674
Rokhanah, N., Widowati, A., & Sutanto, E. H. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3173-3180.
Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Asih, I. N., & Salsabilah, D. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 4(2), 163–172.
Setyowati, R., Sumarli, S., & Nurdiah, N. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SDN 3 Singkawang. Journal of Educational Review and Research, 4(2), 123-128.
Sumayasa, I. N., Marhaeni, M. P. A. N., & Dantes, N. (2015). Pengaruh Implementasi pendekatan saintifik terhadap motivasi belajar dan hasil belajar bahasa indonesia pada siswa kelas VI di Sekolah Dasar Se Gugus VI Kecamatan Abang, Karangasem ( Doctoral dissertation, Ganesha University Of Education)
Supriadi, D. (2018). Implementasi manajemen inovasi dan kreatifitas guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Indonesian journal of Education Management & Administration Review, 1(2), 125-132
Taufiq, A (2014). Hakikat Pendidikan di Sekolah Dasar. Pendidikan Anak Di SD, 1(1), 1-37
Wulandari, R., Timara, A., Sulistri, E., & Sumarli, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Video terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SD. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(2), 283-290.