MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING

Rila Putri Anasty Mellenia
Erman Erman
Anis Sulistianah


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i4.5593

Abstract


Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model discovery learning berdampak pada peningkatan keterampilan proses sains (KPS) dasar siswa. Subjek dari penelitian ini adalah 30 peserta didik kelas 8 di SMP Negeri 36 Surabaya. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan pengumpulan data, serta refleksi. Persentase ketuntasan KPS peserta didik pada siklus I mencapai 57% pada kategori ‘Cukup’. Pada aspek observasi, prediksi, dan komunikasi belum mencapai kriteria ketuntasan, masing-masing dengan persentase 53%, 60%, dan 54%, sedangkan aspek interpretasi dan klasifikasi sudah memenuhi kriteria ketuntasan dengan persentase masing-masing 72% dan 80%. Pada siklus II persentase ketuntasan KPS peserta didin mencapai 87% pada kategori ‘Sangat Baik’. Seluruh aspek KPS dasar telah mencapai kriteria ketuntasan pada siklus II dimana pada aspek observasi, interpretasi, klasifikasi, prediksi, dan komunikasi mendapatkan persentase nilai rata-rata sebesar 71%, 82%, 85%, 75%, dan 64%.


Keywords


keterampilan proses sains; discovery learning

Article Metrics :

References


Algiranto, Sarwanto, & Marzuki, A. (2019). The development of students worksheet based on Predict, Observe, Explain (POE) to improve students’ science process skill in SMA Muhammadiyah Imogiri. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1153/1/012148

Astra, I. M., & Wahidah, R. S. (2017). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Model Guided Discovery Learning Kelas XI MIPA pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 181–190. https://doi.org/10.21009/1.03209

Bahtiar, & Dukomalamo, N. (2019). Basic science process skills of biology laboratory: improving through discoveru learning. BIOSFER: JURNAL PENDIDIKAN BIOLOGI (BIOSFERJPB), 12(1), 83–93.

Gusdiantini, L., Aeni, A. N., & Jayadinata, A. K. (2017). Pengembangan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V Pada Materi Gaya Gesek Melalui Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 651–660.

Haryadi, R., & Pujiastuti, H. (2019). Discovery Learning based on Natural Phenomena to Improve Students’ Science Process Skills. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 5(2), 183–192. https://doi.org/10.21009/1.05214

Meila Noor Syafria, I. A., Pratiwi, I. A., & Kuryanto, M. S. (2022). The Effect of Discovery Learning Model to Improve Learning Outcomes and Chemical Process Skills. Jurnal Basicedu, 6(2). https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Mu’alimin, & Rahmat Arofah Hari Cahyadi. (2014). Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Praktik. Ganding Pustaka.

Nasir, M., Fakruddin, Haljannah, M., & Nehru. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMAN 5 Kota Bima. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 289–296. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1370

Nugraheni, A. A., & Wuryandani, W. (2018). The Effect of Science Technology and Society Models on Science Process Skills. Informasi: Kajian Ilmu Komunikasi, 48(2), 213–227. https://doi.org/10.21831/informasi.v48i2.21359

Rahayu, A. H., & Anggraeni, P. (2017). Analisis Profil Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Sumedang. Pesona Dasar (Jurnal Pendidikan Dasar Dan Humaniora), 5(2), 22–33. https://doi.org/10.24815/pear.v7i2.14753

Salim, Karo-karo, I. R., & Haidir. (2020). Penelitian tindakan Kelas; Teori dan Aplikasi Bagi Mahasiswa Guru Mata Pelajaran Umum dan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. In Indonesia Performance Journal 4. Perdana.

Santiawati, Yasir, M., Hidayati, Y., & Hadi, W. P. (2022). ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP NEGERI 2 BURNEH. Jurnal Natural Science Eductional Research, 4(3), 222–230.

Sartono, N., Rusdi, & Handayani, R. (2017). PENGARUH PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALISIS SISWA SMAN 27 JAKARTA PADA MATERI SISTEM IMUN. BIOSFER: JURNAL PENDIDIKAN BIOLOGI (BIOSFERJPB), 10(1), 58–64.

Suryanti, Widodo, W., & Budijastuti, W. (2020). Guided discovery problem-posing: An attempt to improve science process skills in elementary school. International Journal of Instruction, 13(3), 75–88. https://doi.org/10.29333/iji.2020.1336a

Toy, B. A. I., Karwur, F. F., Costa, J. F. da, Langkun, J. F., & Rondonuwu, F. S. (2018). Desain Bahan Ajar Biologi Berbasis Discovery Learning Dengan Scientific Approach untuk Materi Jamur di Kelas X SMA Design. BIOSFER: JURNAL PENDIDIKAN BIOLOGI (BIOSFERJPB), 11(1), 67–75.

Watin, E., & Kustijono, R. (2017). Efektivitas penggunaan E-book dengan Flip PDF Professional untuk melatihkan keterampilan proses sains. Seminar Nasional FIsika (SNF), 124–129.

Yuliati, Y. (2016). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Cakrawala Pendas, 2. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1238