MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SDN 110/I TENAM

Eka Sumbulatim Miatu Habbah
Muhammad Sofwan
Muhammad Sholeh


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i4.5585

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi peningkatan motivasi belajar peserta didik melalui model Discovery Learning yang didukung oleh media audio visual pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SDN 110/I Tenam. Penelitian didasarkan pada fakta bahwa motivasi belajar peserta didik di kelas tersebut pada pratindakan mencapai 41,31% dengan kategori kurang termotivasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, dengan data berupa data observasi melalui lembar observasi pengamatan motivasi belajar peserta didik serta observasi guru menerapkan model Discovery Learning dengan dukungan media audio visual serta dokumentasi. Tahapan penelitian mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi, serta refleksi. Hasil penelitian menyatakan peningkatan motivasi belajar peserta didik, dengan tingkat motivasi belajar siklus I mencapai 58,54% meningkat pada siklus II menjadi 80,72%. Berdasarkan temuan penelitian, disimpulkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SDN 110/I Tenam dapat meningkat setelah menerapkan model Discovery Learning dengan dukungan media audio visual.


Keywords


motivasi belajar; Discovery Learning; media audio visual

Article Metrics :

References


Agustini, M., Nulhakim, L., & Hakim, Z. R. (2021). Developing a Contextual Learning-Based Audio Visual Media on Material of the Energy Source and Its Change for Four Grade Students at Elementary Schools. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10 (2), 263-278. DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v10i2.8069

Djamaluddin, Ahdar., & Wardana. (2099). Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Jakarta: CV. Kaffah Learning Center.

Jusmawati, dkk. (2021). Model-Model Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Samudra Biru

Leonard, Wibawa, B., & Suriani. (2019). Model dan Metode Pembelajaran di Kelas. Jakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI.

Lestari, E. T. (2020). Model Pembelajaran Discovery Learning di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish CV Budi Utama.

Mayuni, KR, Japa, INN, & Yasa, LPY (2021). Meningkatnya Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Melalui Pembelajaran Discovery Learning. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru , 4 (2), 219–229. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.35899

Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. Jawa Timur: UMSIDA Press.

Octavia, S. A. (2020). Model-model Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish CV Budi Utama.

Olivia, M., & Sanoto, H. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 6156-6163. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2724

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor Tahun 4 2022. Standar Pendidikan Nasional.

Sanjaya, W. (2016). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana (Divisi dari Prenadamedia Group).

Sardiman. (2018). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Sudjana, N. (2019). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudarmawan, IM, Surya Abadi, IBG, & Putra, M. (2020). Model Pembelajaran SETS Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Edutech Undiksha , 8 (2), 171-182. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28968.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Syarifuddin, & Utari, E. D. (2022). Media Pembelajaran (Dari Masa Konvensional Hingga Masa Digital). Palembang: Bening Media Publishing.

Trianawati, I. G. A. K., Ardana, I. K., & Abadi, I. B. G. S. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Animasi terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. International Journal of Elementary Education, 4(1), 73–82. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24337

Uno, Hamzah B. (2017). Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Weriyanti, W., Firman, F., Taufina, T., Taufina, T., & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu dengan Strategi Question Student Have di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu , 4 (2), 476–483. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.374

Yaumi, M. (2018). Media & Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.