PENGARUH IMPLEMENTASI STRATEGI CASE BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS

Ilma Arasti
Ratna Yulinda
Yasmine Khairunnisa


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i4.5565

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya literasi sains pada mahasiswa semester III program studi IPA Universitas Lambung Mangkurat. Karena rendahnya skor pada beberapa indikator dan pengujian pengetahuan awal siswa, maka peneliti menyelidiki apakah penerapan strategi pembelajaran berbasis kasus akan berdampak pada literasi sains siswa. Penelitian memiliki jenis penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen yang menerapkan desain one group pretest post-test . Populasi utama penelitian ini adalah mahasiswa semester ganjil tahun ajaran 2023/2024, sampel penelitian ini berjumlah 26 mahasiswa. Teknik pengumpulan data Penelitian ini adalah teknik observasi dan tes. Uji t berpasangan dan uji korelasi digunakan untuk analisis. Hasil penelitian yang diperoleh adalah 1) rata-rata total skor persentase keterlaksanaan RPP sebesar 100%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi case based learning dinilai sangat baik dalam pemgaplikasiannya dalam pembelajaran. 2) nilai keseluruhan literasi sains siswa meninjau dari proses ilmiah adalah 6,53 sebelum penerapan strategi pembelajaran yang dipilih dan 56,153 setelah penerapan strategi pembelajaran CBL. Sehingga dapat diambil kesimpulan jika keterampilan literasi sains siswa ditinjau dari proses peningkatan sains sebesar 49,623, pengaruh terhadap literasi sains siswa setelah mendapat perlakuan berupa penerapan strategi pembelajaran CBL pada pembelajaran tematik khususnya sains. bahan perjalanan dan gelombang suara, sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 dan korelasi orang baik strategi pembelajaran CBL maupun hasil N-Gain adalah 1 dan dapat dikatakan data tersebut membeku sangat tinggi.

 


Keywords


model pembelajaran; case based learning; literasi sains

Article Metrics :

References


Af’idah N. (2016). Peningkatan Aktivitas Dan Kemampuan Kognitif Mahasiswa Pendidikan IPA Angkatan 2015 pada Perkuliahan Gelombang-Optik Melalui Cooperative Learning Tipe Jigsaw. Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan dan Sains, 2(4);117-132. http://dx.doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.117-132

Amelia N., Paridjo., & Sina I.(2021). Analisis butir soal penilaian akhir tahun mata pelajaran matematika menggunakan software anates. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(12);447-456. https:// re pository.upstegal.ac.id/id/eprint/4061

Anggraini R.M., Jufrida., & Kurniawan W.(2019). Developing A Module on Sound Wave of Solid, Liquid, and Gas Substances through Problem Solving Model with Matlab Simulation on Wave and Optical Courses. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(7);174-182. https://doi.org/10.26618/jpf.v7i2.1996

Dewi, C. A., & Hamid, A. (2015). Pengaruh Model Case Based Learning (Cbl) Terhadap Keterampilan Generik Sains Dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X Pada Materi Minyak Bumi. Hydrogen: Jurnal Kependi dikan Kimia, 3(2), 294-301. DOI: https://doi.org/10.33394/hjkk.v3i2.687

Elviana, E. (2020). Analisis Butir Soal Evaluasi Pembelajaran PAI Menggunakan Program Anates. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 10(2), 209-224.DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v10i2.7839

Faiza, L., & Wulandari, F. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Case Based Learnıng (Cbl) Terhadap Kemampuan Lıterası Saıns Ipa Sıswa Kelas V. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1311-1324. DOI: https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6081

Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis faktor penyebab rendahnya kemampuan literasi sains peserta didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108-116. DOI: 10.29303/jipp.v5i2.122

Heryani, R., & Damaianti, V. S. Syihabudin, & Mulyati, Y.(2020). Evaluation of School Literacy Movement Program at Cimahi City in Facing Industrial Revolution 4.0. In 4th International Conference on Arts Language and Culture (ICALC 2019). DOI 10.2991/assehr.k.200323.045

Jasmalinda, J. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Motor Yamaha di Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10), 2199-2206. DOI: https:// doi.org/10.47492/jip.v1i10.422

Kristyowati, R., & Purwanto, A. (2019). Pembelajaran literasi sains melalui pemanfaatan Lingkungan. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 183-191. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p183-191

OECD Publishing. OECD. (2004). Learning for Tomorrow ’s World First Results from PISA 2003. OECD Publishing.

OECD. 2019. PISA 2018 Insights and Interpretations. OECD Publishing:Paris.

OECD. (2003). Literacy Skills for the World of Tomorrow FURTHER RESULTS FROM PISA 2000.

OECD. (2007). PISA 2006 Science Competencies for Tomorrow’s World Volume 1: Analysis. OECD Publishing.

OECD. (2010). PISA 2009 Results : Executive Summary. OECD Publishing

OECD. (2014). PISA 2012 results: Creative problem solving: Students’ skills in tackling real-life problems (Volume V).

OECD. (2016). PISA 2015 Result Excellence And Equity In Education Volume I. I, OECD Publishing.

Palenti, D., & Zulkarnain, R. (2019). Challenge-BasedLearning and Collaborative Skills.Journal ofNonformal Education,5(2), 167–173. https://doi.org/10.15294/jne.v5i2.20221

Pérez-Sánchez, E. O., Chavarro-Miranda, F., &Riano-Cruz, J. D. (2020). Challenge-BasedLearning: A ‘Entrepreneurship-Oriented’Teaching Experience.Management in Education. https://doi.org/10.1177/0892020620969868

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA abad 21 dengan literasi sains siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 34-42. DOI: https://doi.org/10.20961/jmpf.v9i1.31612

Pujiono., Hikmah A.N.(2019). Analisis Karakteristik Siswa Melalui Kuesioner/Angket Cinta Damai di kelas VII SMP 02 Muaro Jambi. Jurnal Publikasi Pendidikan, 2(9); 2548-6721. http://dx.doi.org/10.26858/publikan.v9i2.9002

Purwanto N.(2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta:Pustaka Belajar.

Rahayu, S. (2017, October). Mengoptimalkan aspek literasi dalam pembelajaran kimia abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Kimia UNY (Vol. 21, No. 4, pp. 183-188).

Roflin, E., & Zulvia, F. E. (2021). Kupas tuntas analisis korelasi. Penerbit NEM.

Sujoko.(2020). Gelombang Berjalan dan Gelombang Stasioner Fisika Kelas XI. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan AnaK Usia Dini.

Tang, A. C. Y., & Chow, M. C. M. (2021). LearningExperience of Baccalaureate Nursing Studentswith Challenge-Based Learning in Hong Kong: ADescriptive Qualitative Study.InternationalJournal of Environmental Research and PublicHealth,18(12), 6293; https:// doi.org/10.3390/ijerph18126293