PENGEMBANGAN POCKET BOOK DIGITAL PADA TEMA EKOSISTEM UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP KELAS VII

Muhammad Putra Mauluddin
Lukman Nulhakim
Adi Nestiadi


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i4.5497

Abstract


Penelitian ini didasarkan pada rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam proses pembelajaran IPA sehingga membuat potensi siswa dalam aktifitas pembelajaran kurang optimal karena, pembelajaran yang diberikan guru masih menggunakan metode konvensional seperti teknik ceramah serta bahan ajar yang belum kontekstual. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dikembangkanlah bahan ajar pocket book digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas dari bahan ajar pocket book digital tema Ekosistem untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP kelas VII. Penelitian ini menerapkan metode Research & Development (R&D) dengan menerapkan  model pengembagan 4D Thiagarajan, tetapi hanya dibatasi 3 tahap, yaitu definisi, desain, pengembangan. Dalam uji validitas, instrumen yang digunakan untuk menguji tingkat validitas yaitu lembar angket validasi ahli dan praktisi. Analisis data yang dijabarkan secara dekriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu sebesar 87,9% dengan kategori “sangat valid”. Bahan ajar pocket book digital tema ekosistem sangat valid digunakan untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis.


Keywords


bahan ajar; pocket book; berpikir kritis

Article Metrics :

References


Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 1–13. https://d oi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.100

Bujuri, D. A., & Baiti, M. (2018). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA INTEGRATIF BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL. Jurnal Pendidikan Dan Pembelaajran Dasar, Volume 5(Nomor 2).

Eryuni Ramdhayani, Wiwi Noviati, Syafruddin, Linda Deniati, & Erna Kurniati. (2020). Analisis Penilaian Sikap Siswa Selama Pembelajaran Daring Pada Era Tatanan Baru. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 10(2), 107–110. https://doi.org/ 10.37630/ jpm.v10i2.380

Kassymova, G. K. (2020). E-Learning, Dilemma And Cognitive Competence. http://www.iratde.com

Lutvi, I., Karimah, A., Septika, H. D., Wahyuningsih, T., Dwiyono, Y., & Mulawarman, U. (2022). PENGEMBANGAN BUKU SAKU DIGITAL BERBASIS MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA UNTUK SISWA KELAS V TAHUN AJARAN 2022/2023 (Vol. 15, Issue 2).

Pendidikan, K., Teknologi Badan Penelitian, D., Pengembangan, D., Perbukuan, D., Kurikulum, P., & Hardanie, B. D. (2021). Buku Panduan Guru SMP KELAS VII (B. Hardanie, Ed.). Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Prasetyowati, R., Sudarmin, K., & Artikel, I. (2014). Unnes Science Education Journal PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERBASIS JOYFUL LEARNING DENGAN TEMA ROKOK DAN KESEHATAN. USEJ, 3(1). http:// journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej

Raflia, M., Nestiadi, A., Kurniasih, S., & Leksono, S. M. (2024). Website Development on TNUK Biodiversity Material Based on Research Results to Improve Students Conservation Literacy. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA UNRAM, 10(2), 738–748. https://doi.org/10.29303/ jppipa. v10i2.6281

Rohati, Marlina, Winarni, S., & Kumalasari, A. (2023). Development of Digital Pocket Book Based on Realistic Mathematics Education (RME) Fort Supports Students’ Literacy Ability. http://journal.um. ac.id/index.php/jptpp/

Rokayana, N. W. (2017). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP Pada Mata Pelajaran IPA Ditinjau Dari Gaya Belajar Visual. SEJ (Science Education Journal), 1(2), 84–91. https://doi.org/ 10.21070/sej.v1i2.1215

Siwi, E. F., & Setiawan, Y. (2021). Pengembangan Buku Cegahan IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2220–2230. https://doi.org/10.31004/ basicedu.v5i4.1157

Sulistri, E., Sunarsih, E., & Utama, E. G. (2020). Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis Etnosains di Sekolah Dasar Kota Singkawang. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 522. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2842

Taufik Awaludin, M., & Teti Rostikawati, R. (2020). PENGEMBANGAN BUKU SAKU MATERI MAMALIA DI TAMAN MARGASATWA RAGUNAN UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Volume 4(Nomor 2), 54–60. http://journal.unpak.ac.id/ index.php/pedagonal

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for teacher of exceptional Children.

Wahyu Maulana Supit, M., Khalid Riefani, M., Biologi, P., Lambung Mangkurat Banjarmasin, U., & Hasan Basry, J. (2021). Validitas Buku Saku Famili Myrtaceae di Kawasan Mangrove Desa Sungai Bakau Berbasis 3D Pageflip.

Wijayanti, T. (2019). PENGEMBANGAN BUKU SAKU BIOLOGI BERORIENTASI KEUNGGULAN LOKAL UNTUK KARAKTER ISITIK PESERTA DIDIK. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, Volume 4(No. 5), 146–150. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JUPE/index

Windyariani, S., & Sutisnawati, A. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Konteks dan Kreativitas untuk Melatihkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. 4(2).

Wulandari, R., Supriatna, A. R., Nafiah, M., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., & Jakarta, U. N. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Buku Saku Berbasis Android Pada Pembelajaran IPA Materi Sifat-Sifat Cahaya Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusia, Volume 6(Nomor 1), 11266–11274.

Yudiyanto, Hakim, N., Kurnia Hayati, D., & Septina Carolina, H. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Terpadu pada Tema Konservasi Gajah Berkarakter Peduli Lingkungan. In JNSI: Journal of Natural Science and Integration (Vol. 3, Issue 2).

Yuliana, Fatimah, S., & Barlian, I. (2021). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATA KULIAH TEORI EKONOMI MIKRO. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8(1), 36–46. https ://doi.org/10.36706/jp.v8i1.13875

Yuliani, F., Herlina, L., & Biologi, J. (2015). PENGEMBANGAN BUKU SAKU MATERI PEMANASAN GLOBAL UNTUK SMP. Unnes Journal of Biology Education, 4(1), 50229. http://journal.unnes.ac.id/ sju/index.php/ujbe

Zahrotunnisa, Mukti Leksono, S., & Ahmad Zaky El Islami, R. (2024). PENGEMBANGAN E-MODUL BERORIENTASI INTEGRATED STEM EDUCATION PADA TEMA PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MELATIH KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP KELAS VII. Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(1), 164–175. http://jurnal.stkippgri tulungagung.ac.id/index.php/eduproximaEDUPROXIMA6

Zubaidah, S. (2018). MENGENAL 4C: LEARNING AND INNOVATION SKILLS UNTUK MENGHADAPI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 1. https://www.researchgate.net/publication/332469989