PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PBL MENGGUNAKAN LIVEWORKSHEET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP
Abstract
Tujuan dari penelitian ini ialah menganalisis validitas, keefektifan dan kepraktisan E-LKPD berbasis PBL menggunakan liveworksheet untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa SMP. Penelitian ini menggunakan model ADDIE dalam pengembangannya yang meliputi analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek uji coba sebanyak 35 orang peserta didik kelas VIII C SMPN 2 Banjarmasin. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli, angket respon peserta didik, dan instrumen tes literasi sains. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) E-LKPD dikategorikan sangat valid dengan skor 90,56% 2) E-LKPD dikategorikan sangat praktis dengan skor 87,85% berdasarkan angket respon peserta didik 3) E-LKPD dikategorikan efektif dengan skor n-gain senilai 0,78 dengan kriteria tinggi yang diperoleh dari hasil perhitungan soal pretest dan posttest literasi sains siswa. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis PBL menggunakan liveworksheet valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa SMP dalam pembelajaran IPA.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Agustin, S., Asrizal, A., & Festiyed, F. (2021). Analisis Effect Size Pengaruh Bahan Ajar IPA Bermuatan Literasi Sains Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP/MTs. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 5(2), 125–137.
Alatas, F., & Fauziah, L. (2020). Model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan literasi sains pada konsep pemanasan global. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 4(2), 102–113.
Atmojo, I. R. W., Matsuri, M., Adi, F. P., Ardiansyah, R., & Saputri, D. Y. (2022). Pemanfaatan LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheet untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Muatan IPA Peserta Didik Kelas V di SD Negeri Jajar Kota Surakarta. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 3(2), 241–249.
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42.
Cholifah, S. N., & Novita, D. (2022). Pengembangan E-LKPD Guided Inquiry-Liveworksheet untuk Meningkatkan Literasi Sains pada Submateri Faktor Laju Reaksi. Chemistry Education Practice, 5(1), 23–34.
Durasa, H., Sudiatmika, A. A. I. R., & Subagia, I. W. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP Pada Materi Pemanasan Global. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 12(1), 51–36.
Fadhila, A. N. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis PBL Menggunakan Flip PDF Professional untuk Meningkatkan Literasi Sains pada Materi Medan Magnet. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 53–70. https://doi.org/10.14421/njpi.2022.v2i1-4
Fitriani, N., Hidayat, S., & Sholih, S. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Literasi Sains pada Materi Tekanan Zat dan Penerapannya. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(1), 112–130. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v12i1.7581
Indriani, S., Nuryadi, & Marhaeni, N. H. (2021). Student’s Worksheet Design Assisted with Liveworksheets to Improve Student’s Concept Understanding Skills on Quadrilaterals and Triangles. Multidiscipline International Conference, 1(1), 462–469.
Juleha, S., Nugraha, I., & Feranie, S. (2019). The Effect of Project in Problem-Based Learning on Students’ Scientific and Information Literacy in Learning Human Excretory System. Journal of Science Learning, 2(2), 33. https://doi.org/10.17509/jsl.v2i2.12840
Kurniawati, K., & Hidayah, N. (2021). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Blended Learning terhadap Kemampuan Literasi Sains. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 184–191.
Lathifah, M. F., Hidayati, B. N., & Zulandri, Z. (2021). Efektifitas LKPD Elektronik sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2), 25–30.
Lendeon, G. R., & Poluakan, C. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa. SCIENING : Science Learning Journal, 3(1), 14–21.
Ni’mah, M., Aprianto, & Hidayah, R. (2017). Kepraktisan dan keefektifan LKPD berbasis problem based learning untuk melatihkan kemampuan literasi sains pada materi asam basa. Jurnal Pendidikan Kimia, 9(3), 352–355.
Novita, M., Rusilowati, A., Susilo, S., & Marwoto, P. (2021). Meta-Analisis Literasi Sains Siswa di Indonesia. Unnes Physics Education Journal, 10(3), 209–2015.
Nuzula, N. F., & Sudibyo, E. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP Pada Pembelajaran IPA. PENSA E-JURNAL : PENDIDIKAN SAINS, 10(3), 360–366.
OECD. (2015). PISA 2015 Result in Focus. OECD Publishing.
OECD. (2018). PISA 2015 Draft Frameworks. OECD Publishing.
Pertiwi, U. D., Atanti, R. D., & Ismawati, R. (2018). Pentingnya Literasi Sains Pada Pembelajaran IPA SMP Abad 21. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 1(1), 24–29.
Prastika, Y. & Masniladevi. (2021). Pengembangan E-LKPD Interaktif Segi Banyak Beraturan Dan Tidak Beraturan Berbasis Liveworksheets Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 2601–2614.
Setiawan, A. M., & Sholiha, F. Y. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Interaktif Berbantuan Aplikasi Liveworksheet Pada Materi Pesawat Sederhana Untuk meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMPN 23 Malang. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 8(2), 159–175.
Sholahuddin, A., Sari, M. M., Amin, C., & Muslim, M. (2021). Tingkat Literasi Sains Siswa SMP Kotamadya Banjarmasin. Prosiding Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1), 75–84.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Widiana, R., Maharani, A. D., & Rowdoh, R. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA. JURNAL TA’DIB, 23(1), 87–94.
Widiyani, A., & Pramudiani, P. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Software Liveworksheet pada Materi PPKn. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 132.
Wijaya, F. M., Nuraini, N. L. S., & Mas’ula, S. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning Menggunakan Live Worksheets pada Materi Perbandingan Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 2(4), 368–379.