ANALISIS KONSEP SISTEM GERAK MANUSIA PADA TARI LAHBAKO SEBAGAI RANCANGAN BUKU AJAR IPA SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis konsep sistem gerak manusia pada kesenian tari Lahbako dan menyusun rancangan buku Ajar IPA SMP dari hasil deskripsi konsep sistem gerak manusia pada tari Lahbako. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan etnografi. Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan observasi, wawancara, dan kajian literatur. Hasil data yang diperoleh dianalisis menggunakan tahapan analisis konten. Hasil penelitian adalah enam gerakan dalam tari Lahbako meliputi gerak Trisig, gerak berjalan, gerak petik, gerak sortir, gerak bunga, dan gerak nata 2 terdapat jenis sendi dan gerak otot. Jenis sendinya meliputi sendi putar, pelana, engsel, peluru, geser, dan sendi condyloid. Sedangkan jenis gerak otot pada gerakan tari Lahbako meliputi fleksi, ekstensi, dorsofleksi, plantarfleksi, fleksi palmar, ekstensi dorsal, abduksi, adduksi, elevasi, depresi, protraksi, retraksi, pronasi, supinasi, rotasi internal, ekstenal, sirkumduksi. Hasil analisis tersebut menjadi bahan materi penyusunan rancangan buku ajar IPA. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pada konsep sistem gerak manusia yang meliputi jenis sendi dan jenis gerak otot terdapat pada enam gerakan tari Lahbako. Rancangan buku ajar dirancang mengaitkan materi IPA dengan ragam gerakan pada tari Lahbako. Bab pertama berisi materi dasar sistem gerak manusia, sedangkan bab kedua berisi materi jenis gerak otot dan sendi yang terdapat pada gerakan tari Lahbako.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Adlini, M.N., Dinda, A.H., Yulinda, S., Chotimah, O. And Merliyana, S.J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), pp.974 980.https://doi.org/ 10.33487/edu aspul.v6i1.3394
Ahmadi, Y., Astuti, B. and Linuwih, S. (2019). Bahan ajar IPA berbasis etnosains tema pemanasan global untuk peserta didik SMP Kelas VII. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(1), pp.53-59. https://doi.org/10.15294/upej.v8i1 29512
Al Fatta, H., Rahman, A. Z., & Utami, E. (2019) Implementasi Metode Inverse Kinematics pada Gerakan Animasi 3D Karakter Manusia. Jurnal Teknologi Informasi Respati, 14(3), 409814. https://doi.org/10.35842/jtir.v14i3 310
Amaliyah, M., Suardana, I.N. and Selamet, K. (2021). Analisis kesulitan belajar dan faktor faktor penyebab kesulitan belajar IPA siswa SMP Negeri 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(1), pp.90-101. https://doi.org/10.23887/jppsi.v4i 33868
Brinus, K.S.W., Makur, A.P. and Nendi, F. (2019). Pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap pemahaman konsep matematika siswa smp. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), pp.261-272. https://doi.org/ 10.31980/mosharaf .v8i2.439
Finahari, N. and Rubiono, G. (2021). Analisis Komparasi Aspek Gerak dan Biomekanika Tari Gandrung Banyuwangi dan Balet Klasik. Jurnal Panggung, 31(1), pp.133-148. https://doi.org/ 10.26742/panggun v31i1.1017
Ginting, D. S., R. Indriani, N. A. Andera, E. Sendra, D. S. Rini, E. Setiyorini, Kartini, T. Juwariah, V. Kusumaningrum, Milasari, dan P. Sulupadang. (2022). Anatomi Fisiologi Tubuh Manusia. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.
Handayani, R. D., Wilujeng, I. And Prasetyo, Z.K. (2018). Elaborating indigenous knowledge in the science curriculum for the cultural sustainability. Journal of Teacher Education for Sustainability, 20(2), pp.74-88. https://doi.org/ 10.2478/jtes-2018 0016
Handriana, I., A. L. Rahayu, D. Yulita, I. Rahman, I. Lilahsah, K. Pasaribu, Erwinsyah, S. Imran, S. Yolanda, dan A. I. Suryani. 2023. Anatomi dan Fisiologi Manusia: Dasar dan Pendekatan Multidisiplin. Bandung: Kaizen Media Publishing.
Hapsari, V. D., N. W. R. Ningtyas, S. Yunita, D. Indarsita, J. Teugeh, M. M. Kody, Y. Hati, S. Rahayu, A. Montolalu, J. W. Tangka, Rasyidah, J. Bobaya, K. Ainun, I. Djafar, B. Zaman, J. M. Laoh dan E. Forwaty. 2023. Bunga Rampai Pemeriksaan Fisik. Cilacap: PT Media Pustaka Indo.
Khoiri, A., & Sunarno, W. (2018). Pendekatan Etnosains Dalam Tinjauan Fisafat. Spektra: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 4(2), 145-153. https://doi.org/ 10.32699/spektra.v i2.55
Kusmawati, W dan A. P. Anugraini. 2022. Anatomi Manusia Bagi Mahasiswa Pendidikan Olahraga. Malang: Media Nusa Creative.
Muzzalifah, M. (2020). Penggunaan media gambar dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pada materi rangka dan pemeliharaannya siswa kelas IV MIN 9 Aceh Barat Daya. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Vokasi (JP2V), 1(2). https://doi.org/10.32672/jp2v.v1i2 2061
Nugrahaeni, A. 2020. Pengantar Anatomi Fisiologi Manusia. Yogyakart: Anak Hebat Indonesia.
Pakpahan, N.A. and Hasruddin, H. (2021). Kemampuan Literasi Materi Sistem Gerak Siswa SMA pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 4(1), pp.162-172. https: //doi.org/10.31004/jrpp.v4i1 1748
Prasetyo, G. (2021). AkulturasiMasyarakat Pandhalungan: Aktualisasi Pendidikan Multikultural Dalam Pembelajaran Sejarah. Education & Learning, 1(1). https:// doi.org/10.57251/el.v1i1.16
Primayana, K.H., Lasmawan, I.W. and Adnyana, P.B. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Minat Outdoor Pada Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 9(2), pp.72-79.
Puspasari, A., Susilowati, I., Kurniawati, L., Utami, R.R., Gunawan, I. And Sayekti, I.C., 2019. Implementasi Etnosains dalam Pembelajaran IPA di SD Muhammadiyah Alam Surya Mentari Surakarta. SEJ (Science Education Journal), 3(1), pp.25-31. //doi.org/10.21070/sej.v3i1.426
Setyoningrum, F.I. and Harlianingtyas, I. (2021). Pengaruh Curah Hujan dan Hari Hujan Terhadap Produksi Tembakau Na-Oogst di Kabupaten Jember. In Agropross: National Conference Proceedings of Agriculture (pp.25 33).https:// doi.org/10.25047/agrop oss2021.203
Sumarno, A. S. H., Mandayatma, E., Radianto, D., & Saukani, I. (2024). Implementasi Load Cell sebagai komponen Alat Rehabilitasi Disfungsi Sendi Lutut. Elposys: Jurnal Sistem Kelistrikan, 11(1), 31-35. https://doi.org/ 10.33795/elposys.v1i1.4625
Sutanto, K dan L. Batihalim. 2016. SPA Pengetahuan, Aplikasi, dan Manfaatnya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Tanjung, S. R. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Pokok Sistem Gerak Pada Manusia Di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sibabangun. Jurnal Edugenesis, 4(2), 62-67. https://www.jurnal.ipts.ac.id/inde php/BIOESA/article/view/3653
Ulfatin, N. (2015). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Malang:Media Nusa Creative.
Waschke, J., Böckers, T. M., Paulsen, F. (2017). Sobotta Textbook of Anatomy–bahasa Indonesia/Latin Edition. Singapore: Elsevier Health Sciences.
Widiastuti, N. L. G. K. 2020). Pengembangan bahan ajar IPA berbasis kontekstual dengan konsep tri hita karana untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 479-490. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3. 8436