PENGARUH PENERAPAN OPBL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD DALAM PEMBELAJARAN IPA

Yosi Diana Putri
Fitria Wulandari


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i4.5459

Abstract


Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Open Problem Based Learning (OPBL) ketika diintegrasikan ke dalam pelajaran IPA SD dalam proses pembelajaran secara berkelompok dan pemberian masalah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi-experimental design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini menggunakan seluruh siswa kelas V di SDN Sepande yang berjumlah 52 orang. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling. Sampel penelitian ini diantaranya kelas VA sebagai kelas kontrol dan VB sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah instrument tes kemampuan berpikir kritis berupa essay.  Analisis data menggunakan deskriptif statistic, uji prasyarat (uji normalitas dan homogenitas), serta uji hipotesis (uji-t). Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis (uji-t) pada taraf signifikasi 5% memperoleh hasil   >  (12,035 > 1,708) artinya  ditolak dan  diterima. Penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran OPBL berpengaruh terhadap hasil kemampuan berpikir kritis siswa di mata pelajaran IPA kelas V SDN Sepande.


Keywords


open problem based learning; kemampuan berpikir kritis; pembelajaran IPA

Article Metrics :

References


Adiwiguna, P. S., Dantes, N., &

Gunamantha, I. M. (2019). Pengaruh

Model Problem Based Learning (Pbl)

Berorientasi Stem terhadap

Kemampuan Berpikir Kritis dan

Literasi Sains Siswa Kelas V Sd di

Gugus I Gusti Ketut Pudja. Jurnal

Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2),

–103.

Amalia, A., Puspita Rini, C., & Amaliyah,

A. (2021). Analisis Kemampuan

Berpikir Kritis Siswa Kelas V Dalam

Pembelajaran Ipa Di Sdn Karang

Tengah 11 Kota Tangerang. SIBATIK

JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang

Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi,

Dan Pendidikan, 1(1), 33–44.

https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i1.

Ananda, S. R., Murni, A., & Maimunah, M.

(2022). Pengembangan Perangkat

Pembelajaran Berbasis Masalah

Open-Ended Untuk Memfasilitasi

Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.

AKSIOMA: Jurnal Program Studi

Pendidikan Matematika, 11(1), 342.

https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4

Anisa, A. R., Ipungkarti, A. A., & Saffanah,

K. N. (2021). Pengaruh Kurangnya

Literasi serta Kemampuan dalam

Berpikir Kritis yang Masih Rendah

dalam Pendidikan di Indonesia.

Conference Series Journal, 01(01), 1–

Facione, P. A. (2020). Critical Thinking :

What It Is and Why It Counts.

Hazmiwati, H. (2018). Penerapan Model

Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad

Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa

Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar.

Primary: Jurnal Pendidikan Guru

Sekolah Dasar, 7(1), 178.

https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5

Hmelo-Silver, C. E., & Barrows, H. S.

(2006). Goals and Strategies of a

Problem-based Learning Facilitator.

Interdisciplinary Journal of ProblemBased Learning, 1(1), 5–22.

https://doi.org/10.7771/1541-

1004

Koriyah, V. N., & Harta, I. (2015).

Pengaruh Open-Ended terhadap

Prestasi Belajar, Berpikir Kritis dan

Kepercayaan Diri Siswa SMP.

Pythagoras: Jurnal Pendidikan

Matematika, 10(1), 95–105.

Lestari, R. U. I., & Untari, R. S. (2021).

Open Problem Based Learning

(OPBL) Learning Model on Student

Learning Outcomes in Operating

System Lessons At Vocational High

School. Academia Open, 4, 1–11.

https://doi.org/10.21070/acopen.4.202

3069

Maslakhatunni’mah, D., Safitri, L. B., &

Agnafia, D. N. (2019). Analisis

Kemampuan Berpikir Kritis pada

Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VII

SMP. Seminar Nasional Pendidikan

Sains 2019, 179–185.

Norrizqa, H. (2021). Berpikir Kritis dalam

Pembelajaran IPA. Prosiding Seminar

Nasional Pendidikan IPA, 147–154.

Nugraha, A. J., Suyitno, H., &

Susilaningsih, E. (2017). Analisis

Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau

dari Keterampilan Proses Sains dan

Motivasi Belajar melalui Model PBL.

Journal of Primary Education, 6(1),

–43.

Sari, N. J. E., Awanita, I. M., & Irawan, I.

K. A. (2020). Pola Program Berpikir

Kritis (Critical Thinking) dalam

Ruang Belajar Mengajar Era Abad 21

(Studi Pada Pasraman Kota

Tangerang). Jurnal Pasupati, 7(1),

–71.

Sintya Devi, P., & Wira Bayu, G. (2020).

Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA

Melalui Pembelajaran Problem Based

Learning Berbantuan Media Visual.

Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 8(2),

–252.

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.

php/JJPGSD/article/view/26525

Sugiyono, P. D. (2017). METODE

PENELITIAN PENDIDIKAN.

Untari, R. S., Liansari, V., & Su’udiah, F.

(2020). Open Problem-Based

Learning (OPBL) Scenario on 2D Text

Animation Using Polya Approach.

Jurnal Ilmu Pendidikan, 26(1), 22.

https://doi.org/10.17977/um048v26i1

p22-28

Yildirim B, O. S. (2011). Critical Thinking

in Nursing (Nursing Process).

Textbook of Nursing Foundations,

(13), 477–477.

https://doi.org/10.5005/jp/books/1131

_33