PENGARUH PENERAPAN OPBL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD DALAM PEMBELAJARAN IPA
Abstract
Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Open Problem Based Learning (OPBL) ketika diintegrasikan ke dalam pelajaran IPA SD dalam proses pembelajaran secara berkelompok dan pemberian masalah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi-experimental design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini menggunakan seluruh siswa kelas V di SDN Sepande yang berjumlah 52 orang. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling. Sampel penelitian ini diantaranya kelas VA sebagai kelas kontrol dan VB sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah instrument tes kemampuan berpikir kritis berupa essay. Analisis data menggunakan deskriptif statistic, uji prasyarat (uji normalitas dan homogenitas), serta uji hipotesis (uji-t). Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis (uji-t) pada taraf signifikasi 5% memperoleh hasil > (12,035 > 1,708) artinya ditolak dan diterima. Penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran OPBL berpengaruh terhadap hasil kemampuan berpikir kritis siswa di mata pelajaran IPA kelas V SDN Sepande.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Adiwiguna, P. S., Dantes, N., &
Gunamantha, I. M. (2019). Pengaruh
Model Problem Based Learning (Pbl)
Berorientasi Stem terhadap
Kemampuan Berpikir Kritis dan
Literasi Sains Siswa Kelas V Sd di
Gugus I Gusti Ketut Pudja. Jurnal
Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2),
–103.
Amalia, A., Puspita Rini, C., & Amaliyah,
A. (2021). Analisis Kemampuan
Berpikir Kritis Siswa Kelas V Dalam
Pembelajaran Ipa Di Sdn Karang
Tengah 11 Kota Tangerang. SIBATIK
JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang
Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi,
Dan Pendidikan, 1(1), 33–44.
https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i1.
Ananda, S. R., Murni, A., & Maimunah, M.
(2022). Pengembangan Perangkat
Pembelajaran Berbasis Masalah
Open-Ended Untuk Memfasilitasi
Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.
AKSIOMA: Jurnal Program Studi
Pendidikan Matematika, 11(1), 342.
https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4
Anisa, A. R., Ipungkarti, A. A., & Saffanah,
K. N. (2021). Pengaruh Kurangnya
Literasi serta Kemampuan dalam
Berpikir Kritis yang Masih Rendah
dalam Pendidikan di Indonesia.
Conference Series Journal, 01(01), 1–
Facione, P. A. (2020). Critical Thinking :
What It Is and Why It Counts.
Hazmiwati, H. (2018). Penerapan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad
Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa
Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar.
Primary: Jurnal Pendidikan Guru
Sekolah Dasar, 7(1), 178.
https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5
Hmelo-Silver, C. E., & Barrows, H. S.
(2006). Goals and Strategies of a
Problem-based Learning Facilitator.
Interdisciplinary Journal of ProblemBased Learning, 1(1), 5–22.
https://doi.org/10.7771/1541-
1004
Koriyah, V. N., & Harta, I. (2015).
Pengaruh Open-Ended terhadap
Prestasi Belajar, Berpikir Kritis dan
Kepercayaan Diri Siswa SMP.
Pythagoras: Jurnal Pendidikan
Matematika, 10(1), 95–105.
Lestari, R. U. I., & Untari, R. S. (2021).
Open Problem Based Learning
(OPBL) Learning Model on Student
Learning Outcomes in Operating
System Lessons At Vocational High
School. Academia Open, 4, 1–11.
https://doi.org/10.21070/acopen.4.202
3069
Maslakhatunni’mah, D., Safitri, L. B., &
Agnafia, D. N. (2019). Analisis
Kemampuan Berpikir Kritis pada
Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VII
SMP. Seminar Nasional Pendidikan
Sains 2019, 179–185.
Norrizqa, H. (2021). Berpikir Kritis dalam
Pembelajaran IPA. Prosiding Seminar
Nasional Pendidikan IPA, 147–154.
Nugraha, A. J., Suyitno, H., &
Susilaningsih, E. (2017). Analisis
Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau
dari Keterampilan Proses Sains dan
Motivasi Belajar melalui Model PBL.
Journal of Primary Education, 6(1),
–43.
Sari, N. J. E., Awanita, I. M., & Irawan, I.
K. A. (2020). Pola Program Berpikir
Kritis (Critical Thinking) dalam
Ruang Belajar Mengajar Era Abad 21
(Studi Pada Pasraman Kota
Tangerang). Jurnal Pasupati, 7(1),
–71.
Sintya Devi, P., & Wira Bayu, G. (2020).
Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA
Melalui Pembelajaran Problem Based
Learning Berbantuan Media Visual.
Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 8(2),
–252.
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.
php/JJPGSD/article/view/26525
Sugiyono, P. D. (2017). METODE
PENELITIAN PENDIDIKAN.
Untari, R. S., Liansari, V., & Su’udiah, F.
(2020). Open Problem-Based
Learning (OPBL) Scenario on 2D Text
Animation Using Polya Approach.
Jurnal Ilmu Pendidikan, 26(1), 22.
https://doi.org/10.17977/um048v26i1
p22-28
Yildirim B, O. S. (2011). Critical Thinking
in Nursing (Nursing Process).
Textbook of Nursing Foundations,
(13), 477–477.
https://doi.org/10.5005/jp/books/1131
_33